Comscore Tracker

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahat

Hmmm...

Kamu yang sedang sebal karena diperlakukan jahat oleh orang lain, sebaiknya mulai menilai diri sendiri apakah kamu termasuk orang yang jahat atau tidak. Biasanya, kejengkelan yang kamu alami karena ulah orang lain itu adalah untuk membuka matamu bahwa ada yang lebih menjengkelkan dari dirimu sendiri.

Nah, biar kamu bisa introspeksi, berikut adalah 8 tanda tak terduga kalau kamu sebenarnya adalah orang yang jahat. Jangan bohongi dirimu sendiri dengan menyangkalnya. Lebih baik mengaku sekarang dan berubah perlahan-lahan.

1. Kamu menikmati kesedihan orang lain

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahatimdb.com

Kamu tidak merasakan yang namanya simpati apalagi empati. Kamu bahkan senang kalau ada orang lain yang terluka dan merasa beruntung karena bukan kamu yang mengalami itu. Pernahkah kamu merasakan ini? Kalau iya, tandanya kamu memang orang yang jahat.

2. Kamu punya kebiasaan tidak jujur

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahatimdb.com

Kamu nyaman dengan ketidak jujuran yang penting kamu aman. Kamu bahkan rela untuk menutupi kebohonganmu dengan kebohongan yang baru. Lebih tepatnya kamu tidak bisa tahu dampak apa yang bisa kamu dapatkan dari kebohongan itu.

3. Kamu punya banyak teman tapi tidak dengan sahabat

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahatimdb.com

Karena tidak ada yang cocok dan betah berlama-lama denganmu. Kamu sering merasa kesepian tapi tidak tahu kenapa. Kamu pernah ingin pergi dengan seseorang tapi tidak tahu siapa. Kalau kamu mengalami ini, kamu harus bisa paham bahwa orang lain sedang mencoba menjauhimu karena sifarmu.

4. Kamu sering merasa tidak terima

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahatcollider.com

Kalau didebat tidak terima, kalau dibantah tidak terima, kalau diganggu tidak terima, semua serba tidak terima. Kalau seperti itu, ya kamu jangan mengelak lagi kalau kamu memang orang yang jahat. Setidaknya, untuk memperbaiki tabiatmu itu, belajarlah mengalah.

Baca juga: 8 Hal Ini Cuma Dipahami Cewek yang Bingung Kenapa Dirinya Masih Jomblo

5. Kamu menjebak orang lain demi keuntunganmu

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahatcrosswalk.com

Kamu tidak peduli lagi apakah yang kamu jebak itu bisa jadi menderita atau tidak, yang penting kamu mendapatkan apa yang kamu mau dan kamu puas dengan itu. Orang jahat itu identik dengan tidak tahu diri, tidak tahu kalau orang lain sedih karena dirinya atau bahkan pura-pura tidak tahu.

6. Kamu suka kalau ada temanmu yang bertengkar satu sama lain

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahatimdb.com

Kamu bukannya melerai atau mencoba mendinginkan keadaan, tapi kamu malah menikmatinya bahkan menjadi kompor agar suasana makin panas. Orang jahat itu bukan hanya dilihat dari saat dia berbuat jahat pada orang lain, tapi juga saat dia tidak melakukan hal baik saat dia tahu itu baik.

7. Kamu tidak punya batasan

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahatimdb.com

Tidak punya batasan saat marah, tidak punya batasan saat sedih, tidak punya batasan dalam melakukan sesuatu. Kamu harus tahu bahwa segala sesuatu itu ada batasnya termasuk emosi. Jika kamu terbiasa melebihkan sesuatu tanpa bisa mengontrol dirimu sendiri, itu adalah tanda bahwa kamu orang jahat.

8. Kamu terbiasa mencela

8 Gejala Awal Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Orang yang Jahatpopsugar.com

Saat kamu tidak menyukai seseorang, kamu bisa langsung mencela secara sepihak bahkan sebelum kamu tahu pribadi orang itu sebenarnya seperti apa. Kamu tidak bisa menahan diri untuk tidak mencela. Kalau kamu memang sering melakukan ini, jangan mengelak lagi kalau kamu memang orang jahat.

Karena hidup ini memang untuk belajar, jadi akan lebih baik kalau kamu tahu salahmu itu di mana agar kamu bisa membenarkannya. Daripada berpegang pada kebohongan bahwa kamu itu benar, kamu bisa jadi sombong dan akhirnya memiliki sifat yang bebal.

Baca juga: 7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baik

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya