Comscore Tracker

7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baik

Kamu mendengar untuk menjawab, bukan untuk mengerti..

Jika kamu ingin orang lain mendengarkanmu, maka jangan lupakan kenyataan bahwa kamu harus mendengarkan terlebih dahulu. Kalau kamu saja menutup telinga pada orang lain, bagaimana mungkin kamu berharap perkataanmu akan dipertimbangkan?

Biar kamu bisa introspeksi diri, berikut adalah 7 tanda kamu bukan pendengar yang baik. Sebaiknya kamu mulai mengubah diri dan lebih pengertian untuk mau mendengarkan. Hubunganmu tidak akan ada yang berjalan lancar kalau tidak ada komunikasi dua arah.

1. Pikiranmu tidak berada di tempatnya

7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baikdramabeans.com

Kamu melamun tapi berpura-pura melihat dan mendengarnya. Jangan sampai hal ini terjadi. Kamu harus bisa fokus dulu saat ada orang bercerita. Kalau perlu, jauhkan dulu handphonemu dari kamu agar kamu bisa fokus padanya.

2. Kamu fokus untuk menjawab, bukan fokus untuk mengerti

7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baiksoompi.com

Saat dia bercerita, otakmu sibuk merangkai kata-kata untuk menjawabnya bukan fokus untuk mengerti bagaimana rasanya jadi dirinya atau apa yang dia rasakan. Jangan biasakan hal ini. Kalau kamu terus saja ingin menjawab, sama saja kamu tidak mau mendengar.

3. Kamu membandingkan ceritanya dengan ceritamu

7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baikdramabeans.com

Setelah dia bercerita, maka jangan pernah membawa ceritamu juga sebagai perbandingan. Itu bukan hal yang baik. Ini adalah tentang dia, bukan tentang kamu. Membawa juga ceritamu sama artinya kamu tidak mau kalah dengannya.

4. Kamu menganggap ceritanya bukan hal yang penting

7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baiksoompi.com

Sekalipun memang tidak penting, jangan sampai kamu menyuarakannya dan membuat dia kecewa. Kamu harus tahu bahwa dia mungkin menyimpan beban yang ingin dia keluarkan denganmu, jangan membuatnya mengurungkan niat hanya karena bagimu itu tidak penting.

Baca juga: Cuma Orang yang Punya Ekspektasi Tinggi yang Paham 7 Hal Ini

5. Kamu menyela saat dia masih bicara

7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baikdramabeans.com

Entah karena kamu sedang sibuk atau kamu sedang ingin bicara tentang sesuatu, pastikan kamu tidak menyelanya saat dia masih bicara. Biarkan dia menyelesaikan dulu apa yang dia ceritakan, cobalah mengertinya dulu. Kalau permasalahannya sudah beres, baru kamu bisa menceritakan milikmu.

6. Kamu menunjukkan wajah tidak antusias

7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baiksoompi.com

Kamu malas dan serasa mau tidak mau mendengarkannya. Orang lain pasti akan langsung terasa jika kamu tidak mau mendengarkan. Bisa jadi dia akan kecewa dan tidak jadi menceritakan hal yang sebenarnya sangat ingin dia keluarkan.

7. Kamu tidak bertanya saat kamu tidak jelas dengan ceritanya

7 Tanda Nyata Kamu Bukan Pendengar yang Baikdramabeans.com

Tidak merespon apapun juga termasuk kamu bukan pendengar yang baik. Saat kamu tidak paham atau tidak mendengar jelas seharusnya kamu bertanya, bukan berpura-pura bahwa kamu sudah paham semuanya. Tanpa kamu sadari, orang yang bercerita padamu berharap besar padamu.

Jangan pernah meremehkan pentingnya mendengarkan. Sebisa mungkin, kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk orang lain dan membuat mereka merasa lega karena ada kamu yang mau mendengarkan.

Baca juga: Cuma Cewek yang Belum Pernah Pacaran yang Bakal Paham 8 Hal Ini

Topic:

  • Pinka Wima
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya