Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Penulis Bukan Profesi yang Bisa Kamu Anggap Gampang

Setiap profesi ada kesulitannya masing - masing lho!
Apa sih yang kamu pikirkan ketika temanmu mengatakan ingin terjun ke dunia kepenulisan? Mungkin kamu juga beranggapan jika temanmu memiliki impian yang sulit untuk digapai, atau kamu beranggapan jika itu hanya keinginan sementara temanmu. Jika dipandang sebelah mata, profesi penulis memang terlihat santai karena bisa dikerjakan di rumah dan terkesan tidak serius. 
 
Namun, jangan biarkan pikiranmu hanya tahu hal itu saja. Menjadi seorang penulis juga tidak bisa dianggap gampang lho, kalau ingin tahu yuk simak lima alasan di bawah ini!

1. Harus memiliki kesabaran yang tinggi

5 Alasan Kenapa Penulis Bukan Profesi yang Bisa Kamu Anggap Gampangunsplash.com/Thoughtcatalog

Semua pekerjaan pasti memerlukan sebuah kesabaran, begitu juga dengan penulis. Tingkat kesabaran seorang penulis bukan hanya untuk menyelesaikan tulisan agar dapat segera diterbitkan, penulis juga harus bersabar agar tulisannya dapat dibaca dan diterima dengan baik oleh orang lain. 

2. Kreativitas yang wajib dikembangkan terus

5 Alasan Kenapa Penulis Bukan Profesi yang Bisa Kamu Anggap Gampangunsplash.com/Huskerfan3

Menjadi seorang penulis tentu harus memiliki kreativitas, agar dapat menghasilkan tulisan yang baik dan menarik. Agar tidak membuat pembaca menjadi bosan, kreativitas dalam mengemas berbagai kata hingga menjadi sebuah tulisan sangatlah diperlukan dan harus dikembangkan terus ke depannya.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Gak Boleh Sepele Sama Orang yang Profesinya Penulis

3. Harus berhati - hati dalam pemilihan kata 

5 Alasan Kenapa Penulis Bukan Profesi yang Bisa Kamu Anggap Gampangunsplash.com/Firmbee

Pemilihan kata saat menulis menjadi hal yang sangat diperhatikan. Bukan hanya agar pembaca tidak merasa bosan dengan tulisan yang dibuat, pemilihan kata juga dapat memperkecil kemungkinan membuat orang lain tersinggung dan salah paham dengan tulisan yang dibuat.

4. Konsistensi yang harus dijaga

5 Alasan Kenapa Penulis Bukan Profesi yang Bisa Kamu Anggap Gampangunsplash.com/Carlheyerdahl

Tidak sedikit orang yang menganggap penulis memiliki pekerjaan yang santai karena bisa dilakukan dari rumah, dan waktu yang bisa ditentukan sendiri. Tapi salah satu masalah yang harus dihadapi seorang penulis adalah ketika harus melawan rasa malas dalam dirinya sendiri, penulis harus terus konsisten menyelesaikan tulisan yang ia kerjakan. 

5. Tulisan yang rentan plagiat

5 Alasan Kenapa Penulis Bukan Profesi yang Bisa Kamu Anggap Gampangunsplash.com/Punttim

Salah satu hal yang paling membuat kesal penulis adalah plagiat. Saat mengetahui tulisan yang dibuat di plagiat oleh orang lain akan sangat mengecewakan, sebab menyelesaikan bukan hal yang mudah terlebih lagi jika masih pemula. Perlu kesabaran, kreativitas, serta konsistensi dalam menyelesaikannya. 

Itu dia lima alasan kenapa profesi sebagai penulis tidak boleh kamu anggap gampang, kalau menurutmu bagaimana nih? 

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Diingat jika Ingin Jadi Penulis Berkualitas 

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Semoga ada hal baik yang bisa diambil!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya