Comscore Tracker

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Kamu Sedang Merasa Gugup

Sering kamu alami gak nih?
Semua orang pasti pernah mengalami merasa gugup saat hendak memulai sesuatu, banyak kondisi yang sering membuat rasa gugup itu muncul. Misalnya ketika melakukan presentasi, karena kamu jarang melakukan hal tersebut rasa gugup yang kamu alami juga akan sangat jelas. 
 
Lima bahasa tubuh di bawah ini akan menunjukan jika kamu sedang merasa gugup, yuk simak! 

1. Tangan menggaruk tengkuk

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Kamu Sedang Merasa Gugupunsplash.com/Joshescoto

Sadar atau tidak, menggaruk leher bagian belakang pasti sering kamu lakukan ketika merasa gugup. Biasanya ketika kita terlibat pembicaraan yang canggung, dan saat ragu dengan jawaban yang dikeluarkan tangan akan menggaruk tengkuk tanpa disadari.

2. Tidak menatap lawan bicara

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Kamu Sedang Merasa Gugupunsplash.com/Neonbrand

Tidak sedikit orang yang sering tidak berani menatap lawan bicaranya, bukan karena tidak sopan. Tidak menatap lawan bicara bisa berarti jika lawan bicaramu sedang merasa gugup, lebih senior atau jarang bertemu bisa jadi alasan lho!

Baca Juga: Tiba-tiba Keringat Dingin? Bukan Cuma Gugup, Kenali 5 Penyebabnya

3. Menunduk

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Kamu Sedang Merasa Gugupunsplash.com/Elashv

Sebab belum dapat menatap lawan bicara, menunduk juga bisa menunjukkan jika lawan bicaramu sedang merasa gugup. Sebab, ketika menunduk perasaan gugup akan sedikit berkurang sehingga apa yang akan disampaikan menjadi lebih lancar.

4. Memainkan benda di sekitar

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Kamu Sedang Merasa Gugupunsplash.com/Seffen99
Saat berada dalam suasana yang canggung, terlebih lagi di sekitar orang-orang yang jarang kamu temui tentu saja kamu butuh suatu hal untuk mengalihkan rasa gugup dan bosan. 
 
Salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu memainkan benda-benda disekitarmu, dengan memainkan benda yang ada disekitat secara diam-diam akan membuat rasa gugup jadi sedikit berkurang.

5. Bicara terbata-bata

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Kamu Sedang Merasa Gugupunsplash.com/Krewellah87
Yang terakhir ini bisa jadi sering kamu alami ketika sedang mengungkapkan kesalahan yang tidak sengaja kamu perbuat, dan bicara pada orang yang sudah lama kamu sukai. Karena terlalu ragu untuk berbicara, akan membuat perasaan gugup tersebut muncul hingga membuatmu akan berbicara terbata-bata. 
 
Itu dia lima bahasa tubuh yang menandakan jika kamu sedang merasa gugup, yang mana nih sering terjadi padamu? 

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Gugup Ketika Presentasi di Kantor

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Kunjungi dan jangan lupa baca artikelnya !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya