Comscore Tracker

5 Cara Menghemat Pengeluaran di Tengah Krisis Keuangan, Mudah Lho!

Asal ada kemauan, pasti bisa!

Dalam kondisi sekarang ini, Hampir sebagian orang mengalami krisis keuangan. Alhasil, berhemat menjadi satu-satunya cara agar bisa bertahan di tengah krisis. Namun tak semua orang mudah untuk mulai berhemat.

Walau terasa lebih sulit, ada baiknya untuk membiasakan diri. Berikut 5 cara menghemat pengeluaran yang bisa kamu coba.

1. Memasak adalah cara pertama untuk berhemat

5 Cara Menghemat Pengeluaran di Tengah Krisis Keuangan, Mudah Lho!unsplash.com/Alyson_jane

Memasak adalah cara pertama untuk menghemat pengeluaran. Sebab dengan memasak, kamu tidak perlu setiap hari untuk membeli makanan. Selain berhemat, kamu juga bisa belajar dan mencoba menu baru yang ingin kamu makan lho!

Baca Juga: 5 Tindakan Buruk yang Harus Dikurangi Ketika Memakai Media Sosial

2. Manfaatkan diskon. Kamu bisa membuat daftar belanjaan yang ingin dibeli dulu

5 Cara Menghemat Pengeluaran di Tengah Krisis Keuangan, Mudah Lho!unsplash.com/Markusspiske

Diskon sepertinya hal wajib yang perlu kamu lakukan jika ingin berhemat. Meski begitu, jangan sampai terlena hingga melupakan prioritas belanjaan yang akan kamu beli. Kamu bisa membuat daftar belanja dulu dan mencari diskonnya. Kamu jadi lebih fokus terhadap barang yang ingin dibeli saja.

3. Kendalikan diri 

5 Cara Menghemat Pengeluaran di Tengah Krisis Keuangan, Mudah Lho!unsplash.com/Seemoris

Mengendalikan diri merupakan salah satu kunci untuk menghemat pengeluaran. Jika biasanya kamu menuruti keinginan untuk membeli barang, maka mulai sekarang biasakan diri untuk memprioritaskan kebutuhan.

4. Tidak boros memakai paket data

5 Cara Menghemat Pengeluaran di Tengah Krisis Keuangan, Mudah Lho!unsplash.com/Olegmagni

Kamu pasti mengandalkan paket data jika tidak memiliki WiFi di rumah. Namun penggunaan paket data yang berlebihan juga tidak baik lho! Sebab boros paket data juga membuat uangmu terpangkas banyak. Jadi batasi saja pemakaiannya. Buka hal-hal yang penting saja.

5. Mengurangi jasa laundry juga efektif

5 Cara Menghemat Pengeluaran di Tengah Krisis Keuangan, Mudah Lho!unsplash.com/Shirinyy

Ini buat kamu yang biasa memakai jasa laundry. Coba dihitung berapa banyak pengeluaran kamu setiap kali laundry. Selama krisis keuangan, sebaiknya kamu mencuci pakaian sendiri dan lakukan secara manual. Sebab selain menghemat pemakaian listrik, mencuci sendiri juga akan menambah kegiatanmu saat berada di rumah. 

Itu dia 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran di tengah krisis keuangan. Masih banyak lho cara yang bisa kamu lakukan selain yang di atas. Kalau ada cara lain, silakan share di kolom komentar ya.

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Kunjungi dan jangan lupa baca artikelnya !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya