Comscore Tracker

Dear Future Indonesia, Ini 4 Bukti Millennial Ikut Membangun Bangsa

#DearFutureIndonesia Bukti kontribusi millennial bagi negeri

Jika berbicara mengenai generasi millennial, maka hal yang identik dari mereka adalah handphone dan media sosial. Walaupun dalam kehidupan sehari-harinya tidak dapat lepas dari teknologi, ternyata para millennial juga gak mau ketinggalan untuk melakukan bela negara.

Berbeda dengan zaman dulu, para millennial tentunya melakukannya dalam wujud yang lebih kekinian. Generasi milenial gak hanya melakukan bela negara dengan memerangi upaya yang ingin menggangu keutuhan NKRI, tetapi mereka mewujudkannya dalam berbagai hal seperti berprestasi dalam akademik, profesi, dan olahraga.

Gak jarang mereka juga memberikan kontribusi bagi negara. Seperti empat bukti kontribusi millennial berikut ini nih!

1. Berawal dari memanfaatkan kemajuan teknologi, millennial berhasil membangun startup unicorn

Dear Future Indonesia, Ini 4 Bukti Millennial Ikut Membangun Bangsapexels.com/Fox

Kalau kita bicara tentang millennial, selalu identik dengan generasi yang melek dengan teknologi. Setiap perubahan yang terjadi di belahan bumi manapun, bisa diketahui dengan cepat tanpa perlu kita berada di lokasi tersebut. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh millennial untuk membangun bisnis yang berbasis teknologi.

Walaupun kebanyakan bisnis yang dibangun oleh generasi millennial saat ini adalah perusahaan startup, namun kita tidak boleh meremehkannya. Bahkan beberapa diantaranya berubah menjadi perusahaan startup unicorn yang sudah memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar USD.

Hal tersebut tentunya menjadi bukti bahwa millennial juga turut serta dalam bela negara, namun dengan cara yang kekinian dong. Bukan dengan senjata atau omongan, namun mereka membuktikannya melalui kerja keras dan hasil yang didapat.

Dengan adanya perusahaan-perusahaan startup ciptaan para millennial, secara gak langsung mereka juga ikut serta membantu negara untuk memerangi pengangguran.

2. Anak muda sekarang mulai banyak membangun gerakan solidaritas yang toleran terhadap kemajemukan

Dear Future Indonesia, Ini 4 Bukti Millennial Ikut Membangun Bangsapexels.com/Brett Sayles

Sebagai bagian dari warga Indonesia, pemuda bisa menjadi agen sosial yang aktif dalam menggalang kegiatan-kegiatan guna menumbuhkan kesadaran nasionalisme. Saat ini mulai banyak pemuda, khususnya generasi millennial membangun gerakan solidaritas yang toleran terhadap kemajemukan. 

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia terdiri dari berbagai suku dan bahasa. Isu-isu yang menyangkut suku, ras, dan agama terkadang menjadi hal yang begitu sensitif untuk dibahas. Berbeda dengan dulu, saat ini generasi millennials memiliki sifat yang lebih toleran terhadap perbedaan. Sifat tersebut terjadi sebagai dampak dari globalisasi.

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, sangat memudahkan para millennial untuk berteman dengan orang-orang baru dari berbagai belahan dunia. Secara gak langsung globalisasi membuat millennial menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan. Mereka pun juga mendapat wawasan lebih tentang keberagaman, hingga timbulah sifat toleran yang cukup tinggi dari generasi ini.

Baca Juga: Tak Perlu Jadi Adidaya, 5 Harapan untuk Indonesia di Masa Depan

3. Literasi medsos merupakan salah satu bentuk bela negara millennial yang kekinian

Dear Future Indonesia, Ini 4 Bukti Millennial Ikut Membangun Bangsapexels.com/Afta Putta Gunawan

Saat ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi menjadi konsumsi yang wajib bagi generasi millennial. Gak heran jika kemudian media saling berlomba-lomba dalam memberikan layanan informasi kepada konsumennya. Tingginya penetrasi media komunikasi tersebut pada akhirnya dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk menyebar berita hoax.

Untuk menyikapi hal tersebut, maka dibutuhkan literasi media sebagai budaya tangkal atas dampak negatif media. Generasi millennial saat ini memang rawan dikelilingi dengan berita hoax yang tidak bertanggung jawab. Namun para millennial sepertinya sudah cerdas terkait hal tersebut. Mereka memiliki inisiatif untuk mencari fakta terkait informasi tersebut dari berbagai sumber.

Untuk semakin memudahkan millennial dalam memanfaatkan teknologi, terutama internet. Kini telah hadir produk-produk dari Smartfren. Untuk info produk Smartfren lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi website resmi mereka di https://smartfren.com/. Selain itu, produk dari Smartfren sudah #Super4GKuota lho. Jadi, kuota Smartfren yang sudah kamu beli bisa nih buat #KuotakanSuaramu untuk #DearFutureIndonesia yang lebih baik. 

4. Millennial mampu mengekspresikan diri dengan banyak hal, multitalenta, multitasking dan yang paling penting mereka sudah tahu apa yang ingin dicapai

Dear Future Indonesia, Ini 4 Bukti Millennial Ikut Membangun Bangsapexels.com/rawpixel.com

Anak muda zaman dulu memang lebih terbatas dalam mengekspresikan diri. Namun generasi millennial saat ini bisa dibilang sudah gak malu lagi buat mengekspresikan diri melalui karya-karya yang dibuat.

Mereka sudah tahu betul apa yang memang menjadi minatnya. Saat ini mulai banyak anak muda yang mencoba mengembangkan ide-ide kreatif mereka secara real. Selain mencoba mengembangkan ide-ide yang ada di pikirinnya, para millennial juga memiliki visi dalam kehidupan mereka.

Visi inilah yang menjadi landasan bagi mereka untuk unjuk gigi dalam berkarya. Bahkan berawal dari ide-ide sederhana para millennial, mereka mampu membentuk sebuah startup baru yang dapat memecahkan masalah-masalah dilingkungannya. Hal yang paling penting lainnya adalah, bahwa millennial tidak perlu lagi didikte untuk menjadi apa karena mereka sudah tau potensi dan passion dari dirinya sendiri.

Nah, itulah empat bukti bahwa millennial juga ikut membangun bangsa. Oleh karena itu, kita gak boleh meremehkan generasi millennial!

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Wendy Novianto

Just For You