Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Perjalanan Karier Sulli

Selamat jalan Sulli!

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan KPop. Salah satu mantan personel dari girlband f(x), yakni Sulli ditemukan meninggal dunia di apartemen miliknya pada Senin, 14 Oktober 2019.

Kabar meninggalnya Sulli memang sangat mengejutkan para penggemar. Terlebih, Sulli sering kali memposting sejumlah foto aktivitasnya di Instagram pribadi. Banyak yang menganggap jika kabar meninggalnya Sulli merupakan hoax, namun setelah di konfirmasi langsung oleh polisi setempat, para penggemar pun mempercayai kabar tersebut.

Berkarier sejak masih kecil, ternyata perjalanan karier cewek yang bernama asli Choi Jinri ini gak selalu mulus. Mulai dari memiliki banyak penggemar saat masih bersama f(x), hingga mempunyai banyak haters. Berikut ada lima pelajaran yang bisa kamu petik dari perjalanan karier Sulli eks f(x). Simak ya!

1. Berani bermimpi dan berusaha mewujudkannya

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Perjalanan Karier Sulliinstagram.com/jelly_jilli

Gak banyak yang tahu kalau sebenarnya, Sulli memulai debut pertamanya di dunia hiburan Korea dengan menjadi seorang aktris cilik. Pada tahun 2005 silam, Sulli mendapat kesempatan untuk bermain drama Song of The Prince dan memerankan versi muda dari sang karakter utama. Walaupun memiliki peluang lebih besar untuk menjadi seorang aktris ternama, namun nyatanya Sulli memiliki impian lain.

Ia lebih tertarik untuk menjadi seorang penyanyi daripada aktris. Untuk mewujudkan impiannya tersebut, Sulli gak cuma berdiam diri saja. Ia pun mengikuti audisi SM Entertainment hingga akhirnya lolos dan menjadi trainee dari perusahaan hiburan raksasa tersebut. Meski merelakan popularitasnya sebagai aktris cilik, namun Sulli gak pernah ragu dengan impiannya tersebut.

2. Menjalani masa trainee yang begitu panjang, Sulli gak pernah menyerah dan tetap berusaha mewujudkan impiannya menjadi penyanyi

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Perjalanan Karier Sulliinstagram.com/jelly_jilli

Untuk menjadi seorang idol KPop terkenal, memang dibutuhkan usaha yang begitu ekstra. Salah satu hal yang pasti pernah dilakukan oleh para idol adalah menjadi trainee sebuah agensi hiburan. Kalau kamu belum tahu, sebelum debut, para idol harus menjalani masa pelatihan yang panjang. 

Walaupun menjadi trainee di sebuah perusahaan besar, belum tentu mereka bisa debut. Jika debut, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa menjadi seorang idol. Sulli sendiri menjalani masa trainee di SM Entertainment selama empat tahun.

Selama masa trainee tersebut, ia sangat dekat dengan Taeyeon dan Tiffany SNSD. Namun sayangnya, Taeyeon dan Tiffany debut bersama dan menjadi member dari SNSD. Melihat hal tersebut, Sulli gak menyerah hingga akhirnya bisa debut bersama f(x).

Baca Juga: [BREAKING] Sulli Idol KPop eks f(x) Dikabarkan Meninggal Dunia

3. Gak mudah berpuas diri dan selalu mencoba hal yang baru

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Perjalanan Karier Sulliinstagram.com/jelly_jilli

Sulli merupakan tipe pribadi yang gak mudah berpuas diri. Ia selalu mencoba hal baru dan terus mengasah bakatnya. Walaupun sudah memiliki nama besar dan debut bersama f(x), namun ia gak pernah takut kehilangan popularitasnya dengan mencoba hal baru.

Salah satu keputusan besar yang pernah ia ambil adalah keluar dari girlband yang telah membesarkan namanya tersebut. Usai keluar dari f(x), Sulli pun mencoba bersolo karier hingga kembali berakting. 

4. Biarkan haters berkata apa, hal yang paling penting adalah menunjukkan kepada mereka siapa dirimu sebenarnya

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Perjalanan Karier Sulliinstagram.com/jelly_jilli

Usai keluar dari f(x), Sulli pun sering tersandung berbagai skandal. Mulai dari skandal kencan yang pernah menghebohkan para penggemarnya, hingga tindakannya yang dianggap tidak pantas. Walaupun banyak banget haters yang mem-bully dirinya, Sulli gak pernah ambil pusing.

Ia tetap menjadi dirinya sendiri dan gak mencoba untuk menjadi orang lain. Bahkan, ia juga menunjukkan kepada haters-nya kalau apa yang mereka katakan tentang dirinya itu salah. Walaupun begitu, sekuat apapun ia dengan hinaan dan bullying dari para heters-nya, Sulli tetap memiliki batas kesabaran. 

5. Mengkritik orang lain memang boleh, asal tahu batasan-batasannya

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Perjalanan Karier Sulliinstagram.com/jelly_jilli

Dengan segala kontroversi yang pernah menimpa dirinya, Sulli memang dikenal sebagai salah satu artis Korea yang memiliki banyak skandal. Gak heran kalau tiap tindakan dan postingannya di media sosial sering mendapat cibiran dan kritikan pedas.

Mengkritik memang boleh, asalkan tahu batasan-batasannya. Gak semua orang bisa tahan dengan cibiran dan kritikan pedas. Mereka bisa saja menjadi stres dan depresi akibat kritikan tersebut. Terlebih, kita gak bisa tahu apakah orang yang dikritik tersebut depresi atau tidak. 

Jika orang yang kita kritik tersebut menjadi stres dan depresi, bisa saja orang tersebut menjadi kalut dan nekat melakukan tindakan berbahaya atau bahkan bunuh diri. 

Nah, itulah tadi lima pelajaran hidup yang bisa dipetik dari perjalanan karier Sulli eks member f(x). Semoga bisa memberi pelajaran buat kamu ya!

Jika kamu membutuhkan informasi dan konsultasi terkait hal seperti ini, kamu bisa menghubungi beberapa kontak di bawah ini:

  • NGO Indonesia: Jangan Bunuh diri || telp: (021) 9696 9293 || email: janganbunuhdiri@yahoo.com
  • Organisasi INTO THE LIGHT || message via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID) || direct message via Twitter: @IntoTheLightID
  • Kementerian Kesehatan Indonesia || telp: (021) 500454

Baca Juga: 11 Ungkapan Duka dan Penghormatan Selebritas Korea untuk Sulli

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You