Comscore Tracker

5 Alasan yang Membuat Seseorang Belum Menikah di Usia Mapan

Mereka pasti punya alasannya

Saat seseorang sudah memasuki usia mapan, tentunya akan banyak pertanyaan-pertanyaan perihal kapan menikah yang ditujukan kepada mereka. Terlebih saat satu per satu teman dan sanak saudara sudah mulai melangkah menuju pelaminan. Tentunya pertanyaan itu akan semakin sering dipertanyakan. Ditambah lagi, orang-orang terlalu me-mindset ‘kan pikiran mereka bahwa di usia mapan itu sudah sepatutnya untuk menikah.

Terlebih lagi kaum hawa sebagai kaum yang paling sering dituntut untuk segera menikah. Sebab menurut kebanyakan orang, nantinya akan sulit dalam memperoleh keturunan jika tidak segera menikah di usia produktif. Dan tidak jarang perkataan ini dan itu ditujukan kepada mereka yang belum menikah ini. Nah, sebelum men-judge seseorang yang belum juga menikah di usia mapan, pahami dulu beberapa hal di bawah ini.

1. Masih ada tanggung jawab terhadap keluarga yang ingin mereka selesaikan terlebih dahulu

5 Alasan yang Membuat Seseorang Belum Menikah di Usia Mapanunsplash/Farrel Nobel

Setiap anak tentunya ingin memberikan yang terbaik kepada keluarganya dan ingin membahagiakan orang tuanya terlebih dahulu. Apalagi jika anak tersebut merupakan tulang punggung dalam keluarga. Tentulah ia merasa tanggung jawabnya terhadap keluarga adalah hal yang harus ia selesaikan terlebih dahulu. Ditambah lagi jika ia masih memiliki adik-adik yang masih sekolah dan butuh biaya. Ia akan rela untuk mengesampingkan kebutuhan pribadinya demi memenuhi kebutuhan keluarganya sendiri.

2. Masih ada saudaranya yang belum menikah. Sehingga ia tidak ingin melangkahi saudaranya itu

5 Alasan yang Membuat Seseorang Belum Menikah di Usia Mapanunsplash/Sammie Vasquez

Sebagian orang masih percaya perihal melangkahi kakak perempuan akan membuat kakaknya menjadi sulit mendapatkan jodoh. Sehingga membuatnya memilih menunggu sampai saudaranya itu menemukan jodoh dan menikah. Ini juga sering menjadi alasan kenapa seseorang yang sudah memasuki usia mapan, namun belum juga memutuskan untuk menikah. Sebab ia tak ingin melangkahi saudara kandungnya terlebih dahulu.

3. Masih ingin mengejar impian dan cita-cita yang sempat tertunda

5 Alasan yang Membuat Seseorang Belum Menikah di Usia Mapanunsplash/Saulo Mohana

Memutuskan untuk menunda menikah dan memilih untuk mengejar impian dan cita-cita juga sering menjadi alasan kenapa seseorang di usia mapan belum juga menikah. Ia masih ingin fokus mengejar apa yang selama ini pernah ia impikan. Sebelum akhirnya nanti ia memutuskan untuk menikah. So, untuk kamu yang suka berkata macam-macam kepada mereka, stop deh mulai sekarang kalau kamu tidak tahu alasan mereka kenapa belum juga menikah.

Baca Juga: Ngena Banget, 7 Nasihat Pernikahan Klasik yang Pantang Dianggap Sepele

4. Merasa masih belum siap untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan pernikahan

5 Alasan yang Membuat Seseorang Belum Menikah di Usia Mapanunsplash/Luis Tosta

Menikah bukanlah perkara yang mudah. Sebab menikah bukan hanya perihal hitungan hari, bulan dan tahun saja. Menikah adalah bagaimana menjaga komitmen dalam berumah tangga terhadap pasangan yang dipilih. Jadi jika saja seseorang belum juga menikah di usia mapan, mungkin dia masih belum siap untuk berkomitmen menuju hubungan serius.

Mungkin ia masih benar-benar ingin mempersiapkan dirinya terlebih dahulu sebelum memutuskan siap dalam berumah tangga. Sebab bisa saja ia begitu karena ia tak ingin terjadi hal-hal yang tidak ia inginkan nantinya jika dirinya sendiri belum siap untuk itu.

5. Keinginan menikah sudah ada, namun yang Maha Kuasa belum mempertemukan dengan jodohnya

5 Alasan yang Membuat Seseorang Belum Menikah di Usia Mapanunsplash/Artsy Vibes

Mungkin mereka yang berada di usia mapan sebenarnya sudah memiliki keinginan untuk menikah. Namun kenyataannya, yang Maha Kuasa belum mempertemukannya dengan jodohnya itu. Sebab perihal datangnya jodoh, tak seorang pun dari kita mengetahui kapan akan dipertemukan dengan jodoh itu.

So, dari pada kamu sibuk bertanya kapan menikah saja, mungkin lebih baik kamu bertanya apakah mereka sudah memiliki seseorang yang dekat atau belum. Dan jika belum, lebih baik kamu bantu mereka mencarikan. Daripada sibuk mencerca mereka dengan pertanyaan seperti itu yang malah akan membuat mereka kesal kepadamu nantinya.    

Nah, itu dia beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab seseorang belum juga menikah di usia mapan. Untuk kamu yang sering men-judge macam-macam soal mereka ni, mulai sekarang stop deh kebiasanmu itu. Sebab pasti mereka punya alasan tersendiri kenapa belum menikah di usia matang. Dari pada sibuk men-judge, lebih baik kamu doa ‘kan yang terbaik untuk mereka.   

Baca Juga: 7 Hal Lumrah yang Otomatis Kalian Alami Setelah Menikah

Sucy Fujiazma Photo Community Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You