Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Kamu Alami Jika Lepas dari Ponsel Selama Sebulan  

Kamu berani coba gak?

Melepaskan ponsel genggam dari kehidupan sehari-hari rasanya sangat berat, terlebih lagi bagi mereka yang sudah kecanduan game online dan media sosial, rasanya tidak mungkin sanggup. Padahal, ada perubahan besar yang akan terjadi pada hidupmu jika berani mencoba tantangan ini. Mau tahu apa saja?

Nah, inilah 5 hal yang akan kamu alami jika lepas dari ponsel selama sebulan.

1. Tiga hari pertama 

5 Hal yang Akan Kamu Alami Jika Lepas dari Ponsel Selama Sebulan  pexels.com/Leah Kelley

Pertama. Kamu mulai merasakan kesepian, perasaan ini akan muncul ketika kamu sedang gabut, sendirian, menjelang tidur dan lainnya. Hal ini disebabkan bermain ponsel genggam sudah menjadi rutinitas sehari-hari, mata seolah-olah tidak sabar melihat notifikasi terbaru dari ponsel bahkan ada beberapa orang yang tidak bisa tidur tanpa ditemani ponsel genggam. Ketika aktivitas-aktivitas itu tidak ada, kamu akan merasa kesepian karena kehilangan rutinitas.

Kedua. Gak hanya kesepian, kamu juga akan merasakan kebingungan. Hal ini disebabkan beberapa faktor di antaranya; kehilangan rutinitas, masih proses beradaptasi dan belum menemukan atau sedang mencari aktivitas baru. Cobain kalau gak percaya.

2. Seminggu kemudian 

5 Hal yang Akan Kamu Alami Jika Lepas dari Ponsel Selama Sebulan  pexels.com/brett sayles

Seminggu setelah lepas dari ponsel adalah titik tersulit yang bakal kamu alami. Dalam masa ini kamu akan merasakan kebosanan yang luar biasa, merasa kehilangan, sering melamun dan rentan mengalami stres. Hal di atas akan semakin parah jika dialami oleh seorang yang sudah kecanduan, gak heran jika banyak yang menyerah di titik ini.

Untuk mengurangi hal tersebut, saya sangat menyarankan untuk sering berolahraga, bermain bersama teman-teman dan keluarga. Menghilangkan kebiasaan dan memulai kebiasaan baru memang sama-sama sulit, tanpa adanya tekat dan niat yang kuat kamu gak bakal sanggup.

Baca Juga: 5 Hal Ini Jadi Tanda Kalau Kamu Harus Istirahat dari Media Sosial

3. Gaya hidup mulia berubah 

5 Hal yang Akan Kamu Alami Jika Lepas dari Ponsel Selama Sebulan  pexels.com/Andrea Piacquadio

Gaya hidup kamu akan berubah drastis. Coba deh pikirkan! Berapa banyak pekerjaan, kebiasaan dan rutinitas yang kamu lakukan dengan ditemani oleh ponsel? Sebagai contoh saja. Banyak orang yang begadang karena bermain game online, menghabiskan waktu berjam-jam di kamar dengan bermain ponsel untuk menonton film, membuka media sosial mendengarkan musik dan masih banyak lagi. Semua kebiasaan menjadi tidak asyik tanpa adanya ponsel.

Sekarang bayangkan, apa yang terjadi ketika hidupmu tanpa ditemani ponsel? Pertama. Kamu tidak akan betah berlama-lama di kamar, pola tidur akan berubah karena kamu tidak akan kuat begadang tanpa ditemani ponsel, kamu akan sering menghabiskan waktu bersama teman-teman dan keluarga. Menurut kamu apakah perubahan gaya hidup ini lebih baik?

4. Mulai menemukan hobi baru 

5 Hal yang Akan Kamu Alami Jika Lepas dari Ponsel Selama Sebulan  pexels.com/Porapak Apichodilok

Semakin lama waktu berjalan, efek dari ketergantungan terhadap ponsel akan berkurang. Yang dulunya kamu sering menghabiskan waktu berjam-jam dengan bermain ponsel, kini waktu tersebut akan diisi dengan kegiatan yang lain. Gaya hidup sudah berubah, selanjutnya kamu akan menemukan hobi baru.

Menemukan hobi baru adalah tahapan yang pasti terjadi pada hidupmu, kamu akan sering menghabiskan waktu dengan hobi tersebut. Keseharian kamu akan sama senangnya seperti dulu ketika menggunakan ponse. Gak hanya itu, perasaan bosan dan kesepian akan hilang. Tertarik untuk membuktikan?

5. Setelah sebulan lepas dari ponsel 

5 Hal yang Akan Kamu Alami Jika Lepas dari Ponsel Selama Sebulan  pexels.com/Sebastian Voortman

Kamu mulai merasakan perbedaan yang signifikan dalam hidupmu. Bagian yang paling berubah adalah gaya hidup, kesehatan mata, pola tidur dan mental. Dengan lepas dari ponsel, kamu akan menemukan kehidupan baru yang lebih baik dan sehat.

Gak hanya itu, kamu akan sering menghabiskan waktu bersama teman-teman, keluarga dan lingkungan sekitar sehingga kehidupan sosial kamu akan menjadi lebih baik.

Meskipun demikian, lepas dari ponsel juga ada kekurangannya loh. Mau tahu apa saja? Pertama. Kamu akan ketinggalan informasi teknologi, gaptek, ketinggalan informasi dan ketinggalan zaman. Semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung pada diri setiap individu. Menurut kamu mana yang lebih baik?

Itulah lima transformasi yang kamu alami jika lepas dari ponsel selama sebulan. Saran nih, gunakanlah ponsel secukupnya jangan berlebihan apalagi sampai kecanduan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk di Media Sosial Ini Bisa Rusak Kesehatan Psikologi

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Pingin kawin.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya