Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memberi Kado, Jangan Lakukan!

Jangan sampai mereka kecewa, ya

Hampir memasuki penghujung tahun 2022, Hari Natal pun semakin dekat. Tak sabar akan bertemu dengan keluarga yang sudah lama tak dijumpai. Rasanya tak lengkap bila tidak saling bertukar kado seperti kebiasaan di tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum kamu terburu-buru berangkat mencari hadiah terbaik untuk orang terkasih, kamu wajib banget untuk mengetahui beberapa etika dalam memberi hadiah. Seringkali kita terfokus pada diri sendiri sehingga mengesampingkan etika yang ada.

Biar kamu gak salah langkah, berikut ini beberapa tips yang harus kamu terapkan, simak dan pahami, ya!

Baca Juga: 10 Kesalahan Mengolah Kembang Kol yang Sebaiknya Dihindari, biar Enak!

1. Mengesampingkan sisi efisien

5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memberi Kado, Jangan Lakukan!ilustrasi kado (pexels.com/@olyakobruseva)

Ketika berkumpul bersama untuk merayakan liburan, tentunya banyak keluarga jauh yang bepergian dengan menggunakan transportasi umum, atau mungkin kendaraan yang mereka tumpangi tidak memiliki bagasi yang lapang.

Terlebih lagi apabila keluargamu datang dengan naik pesawat. Bagasi yang minim dan banyaknya pembatasan yang diberlakukan menjadi pertimbangan tesendiri untukmu yang akan memberi mereka hadiah.

Selalu ingat kalau ukuran, dan berat hadiah yang ingin kamu berikan sangat berpengaruh. Jadi, lebih baik pilih hadiah dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar mereka mudah untuk membawanya.

2. Memberikan pakaian sebagai hadiah

5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memberi Kado, Jangan Lakukan!ilustrasi memegang kado (pexels.com/@thirdman)

Sebaiknya hindari memberi pakaian sebagai hadiah karena sejumlah alasan. Kamu bisa memberikan pakaian sebagai hadiah hanya bila kamu mengetahui style dan ukuran yang tepat. Akan menjadi hal yang sangat canggung bila pakaian yang kamu berikan memiliki ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Bila hal itu terjadi, hadiahmu hanya akan berakhir menjadi penunggu lemari saja. Kalau kamu masih berkeinginan teguh untuk memberi kerabatmu pakaian, kamu bisa memberinya voucher belanja. Ini bisa jadi win win solution untuk kalian.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Wajib Banget Dihindari Seorang Freelancer

3. Tidak membungkus kado

5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memberi Kado, Jangan Lakukan!ilustrasi membungkus kado (pexels.com/@karolina-grabowska)

It's all about the presentation! Untuk membuat momen yang spesial, sudah seharusnya kamu membungkus hadiah sebelum memberikannya pada orang lain. Dengan tidak membungkus hadiahmu, itu akan membuat kebahagiaan sedikit memudar.

Sejatinya, semua orang menyukai kejutan. Hadiah yang dibungkus dengan rapi dan cantik menunjukkan niatmu yang tulus kepada si penerima. Hadiah dalam bingkisan pun dapat membuat si penerima excited dan menebak-nebak isi di dalamnya, ini akan menjadi hal yang menyenangkan.

4. Tidak mempertimbangkan kesukaan penerima

5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memberi Kado, Jangan Lakukan!ilustrasi tukar kado (pexels.com/@karolina-grabowska)

Ingatlah kalau hadiah yang berikan harus menarik si penerma. Bahkan bila hadiah yang kamu berikan tidak terlalu menarik bagimu, berbeda lagi bila dilihat dari perspektif si penerima yang menyukainya. 

Perlu diingat bahwa hadiah ini peruntukkan untuk orang lain, jangan memberikan orang lain barang yang kamu sukai. Pastikan kalau barang ini juga mereka minati, dan akan membuat mereka senang serta menghargainya.

5. Melebihi anggaran

5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memberi Kado, Jangan Lakukan!ilustrasi orang melakukan pembayaran (pexels.com/@energepic-com-27411)

Siapa sih yang gak pengin memberikan hadiah terbaik untuk orang terkasih? Tentunya semua orang menginginkan segala hal yang terbaik untuk kesayangan. Namun, bukan berarti hadiah tersebut harus merogoh kocekmu lebih dalam dari yang seharusnya.

Sisihkan terlebih dahulu bujet untuk hadiah dari gaji atau penghasilanmu. Jangan sampai hadiah yang kamu berikan membuatmu tidak bisa makan dalam sebulan. Hanya tinggal bagaimana kamu memilih hadiah dengan benar sehingga si penerima menyukainya, dan dompetmu pun gak jebol.

Inti dari semua tips ini ialah kamu harus menempatkan diri sebagai orang yang akan kamu beri hadiah. Sehingga kamu akan lebih memahami dan mengerti apa yang diinginkan olehnya. Bahkan harga yang mahal tak jadi acuan bila kamu bisa memberikan hadiah yang bermakna.

Baca Juga: Sudah Tahu 10 Kesalahan Umum Membuat Burger yang Wajib Dihindari Ini?

sunny haze Photo Verified Writer sunny haze

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya