Comscore Tracker

[EKSKLUSIF] Adam Liaw Masterchef 2010: Lihat Peluang Jadi Kunci Sukses

Kerja keras tak pernah mengkhianati hasil

Hobi memang bisa mengantarkan kamu menjadi apa pun yang kamu inginkan. Sama seperti yang Adam Liaw lakukan dari dulu hingga sekarang. Pemenang utama dari kompetisi memasak Masterchef Australia 2010 ini telah membuktikannya. Beberapa waktu yang lalu, Adam Liaw datang ke Indonesia untuk berbagi pengalaman pada anak-anak muda seputar profesi, seni dan kegiatan yang telah ia lakukan.

Meskipun sering dikatakan sebagai chef profesional, Adam tetap menganggap dirinya hanyalah seorang koki rumahan yang memiliki kesempatan lebih luas. Penasaran gimana sih keseruan IDN Times bincang-bincang dengan Adam Liaw? Yuk simak.

1. Hobi mengantarkan Adam ke Masterchef Australia

[EKSKLUSIF] Adam Liaw Masterchef 2010: Lihat Peluang Jadi Kunci SuksesIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Dalam dunia masak-memasak Adam memang bukan pemain baru. Sejak usia 8 tahun, Adam sudah belajar memasak untuk seluruh anggota keluarganya yakni ayah, ibu dan tujuh kakak adiknya. Kira-kira sudah hampir 12 tahun Adam akrab dengan suasana dapur beserta seluruh peralatannya. Kebiasaan dan kesukaannya inilah yang membawa Adam mendaftarkan diri ke kompetensi memasak Masterchef Australia 2010. Bagi Adam, mencoba hal baru merupakan suatu kebahagiaan layaknya liburan dan sungguh sangat menyenangkan. "Saya sangat menikmati setiap momen yang dirasakan saat berada di Masterchef Australia."  ungkapnya.

2. Masterchef Australia melatih skill memasak Adam lebih dalam

[EKSKLUSIF] Adam Liaw Masterchef 2010: Lihat Peluang Jadi Kunci SuksesInstagram/Adam Liaw

Tak pernah menyangka sedikit pun bisa mendapat kesempatan bergabung di kompetisi ini. Sekitar tiga minggu, Adam berada di dalam karantina bersama peserta Masterchef lainnya. Setiap hari, Adam melakukan berbagai macam kegiatan. Mulai dari pengetahuan tentang teknik memasak, pengenalan bahan, sampai bertemu dengan teman-teman baru.

Kita semua tahu, Masterchef memiliki batas waktu dalam memasak. Mulanya, Adam merasa tidak mampu, namun ia terus meyakini dirinya sendiri untuk tetap maju dan menyelesaikan semua tantangan. Dalam memasak hanya ada satu kunci yakni berpikir dengan tenang. Karena, hal itu bisa memengaruhi kualitas rasa pada makanan. "Sama seperti peserta lainnya, Saya juga merasa gugup saat pertama kali berada di dapur Masterchef, tapi saya yakin bisa menyelesaikan masakan saya dengan waktu yang sudah ditentukan." papar pria kelahiran Penang, Malaysia ini.

Baca Juga: 10 Potret Keseharian Renatta Moeloek, Juri MasterChef yang Galak

3. Adam gak pernah khawatir, Ketika ekspektasi rasa dan tampilan tak sesuai dengan hasil

[EKSKLUSIF] Adam Liaw Masterchef 2010: Lihat Peluang Jadi Kunci SuksesIntagram Adam Liaw

"Mendapatkan hasil makanan yang memiliki rasa yang kurang enak, sepertinya menjadi hal yang sangat biasa bagi seorang koki, termasuk saya. Jadi, kalau gagal ya coba lagi saja, yang penting jangan pernah menyerah."

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kamu memang harus gagal terlebih dahulu. Ikuti saja prosesnya. Seperti salah seorang pembuat sushi di Jepang yang telah bekerja keras demi mendapatkan kualitas sushi yang sempurna dalam segi rasa maupun penampilan selama 60 tahun. Hal inilah yang Adam coba terapkan dalam kesehariannya di dapur. Menciptakan makanan enak adalah keharusan, tapi ingat belajar menghargai setiap prosesnya adalah kesuksesan.

4. Resep rahasia yang selalu jadi andalan

[EKSKLUSIF] Adam Liaw Masterchef 2010: Lihat Peluang Jadi Kunci SuksesIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Sama seperti yang lain, Adam juga memiiki resep andalan yang disukai oleh seluruh keluarganya. Chicken teriyaki dan ikan bakar jadi menu favorit semua anggota keluarga. "Saat berkumpul dengan keluarga besar, mereka pasti meminta saya untuk dibuatkan chicken teriaki dan ikan bakar. Dua makanan ini memang paling nikmat dinikmati saat makan malam bersama keluarga. Tapi tidak dengan kedua anak saya, mereka lebih menyukai pasta," cerita Adam.

5. Australia memiliki puluhan makanan yang enak tapi olahan salmon yang paling disukai

[EKSKLUSIF] Adam Liaw Masterchef 2010: Lihat Peluang Jadi Kunci SuksesIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Makanan Australia kebanyakan diadaptasi dari beberapa negara seperti China, Asia Tenggara, Jepang, Inggris, Italia dan Yunani. Saking banyaknya Adam sampai bingung bila harus memilih. Tapi, secara keseluruhan, makanan Australia sangat sederhana dan beragam. Tapi, soal kualitas gak perlu ditanyakan lagi, Masakan Australia menggunakan bahan-bahan terbaik. Mulai dari kopi, snack, dan hidangan utama. "Kalian harus tahu, orang Australia sangat menyukai salmon. Mau di masak apa pun salmon tidak pernah salah di lidah orang Australia." kata aya dua orang anak ini.

6. Adam akui Makanan Indonesia paling complicated

[EKSKLUSIF] Adam Liaw Masterchef 2010: Lihat Peluang Jadi Kunci SuksesIDN Times/Syarifah Noer Aulia

Bagi Adam, makanan Indonesia menjadi salah satu negara dari sekian ratus negara di dunia yang memiliki cita rasa yang luar biasa. Bila kamu melihat sejarah panjang rempah-rempah, maka Indonesia tercatat sebagai negara penghasil rempah terbaik dan terbanyak. Makanya gak heran kalau Indonesia memiliki ratusan menu makanan. Banyaknya bahan dan proses memasak yang rumit. "Rendang, soto ayam, sate ayam, merupakan menu masakan Indonesia yang paling enak namun harus melewati proses memasak yang gak mudah."

Adam juga cukup sering menonton tayangan Masterchef Indonesia, bahkan ia kenal dengan beberapa jurinya lho. Adam sangat kagum dengan ragam masakan tradisional di Indonesia. Mengingat kebiasaan yang dilakukan orang Australia adalah menyantap makanan yang sedang populer saat ini saja. Karena sebagian besar masyarakat Australia tidak akan memasak dan makanan yang telah lalu. Hal ini tentu berbeda dengan Indonesia yang sangat bangga dengan makanan tradisionalnya. 

7. Memanfaatkan semua peluang merupakan pilihan hidup yang baik

[EKSKLUSIF] Adam Liaw Masterchef 2010: Lihat Peluang Jadi Kunci SuksesInstagram/Adam Liaw

Semua yang terjadi di dunia ini tidak pernah bisa ditebak. Makanya Adam tak mau menaruh rencana-rencana besar dalam hidupnya. Jalani saja hari ini, karena dunia akan terus berubah-ubah dengan cepat. Bagi Adam, memanfaatkan semua peluang yang ada di depan mata merupakan cara yang paling mudah untuk menggapai masa depan. Tak perlu iri melihat keberhasilan orang lain, karena semua sudah pada porsinya. "Bukan apa yang kamu dapatkan hari ini, melainkan bagaimana proses yang telah kamu lewati untuk mendapatkannya. Percayalah hal ini bisa membuat kamu mengesankan dan mengagumkan."

Bagi pria berusia 41 tahun itu, apa yang telah ia dapatkan merupakan anugerah terindah yang harus disyukuri. Melalui kuliner Adam bisa mengetahui dan mempelajari kultur dan budaya yang ada di beberapa negara. 

Baca Juga: Daftar Peserta yang Lolos 10 Besar MasterChef Indonesia, Selamat!

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Pinka Wima

Just For You