Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Kurangi Kebiasaan Slow Respon Jika Dihubungi

Gak sempet cek HP apa emang malas?

Semua orang pasti setuju bahwa seiring berjalannya waktu, teknologi berkembang begitu cepat. Apalagi dalam hal komunikasi, kamu bisa menghubungi rekan yang jauh di sana tanpa repot untuk mengunjunginya. Namun dengan adanya hal tersebut, terkadang orang-orang mengabaikan pesan-pesan yang dikirimkan dengan alasan terlalu sibuk untuk membalasnya.

Hal tersebut biasa disebut dengan istilah slow response. Memang setiap orang pasti memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Tetapi jangan sampai hal itu menjadi kebiasaan hidup karena akan berdampak buruk. Jika kamu tidak percaya, cobalah simak pembahasannya berikut ini.

1. Hal itu dapat membuat temanmu merasa jengkel

5 Alasan Kamu Harus Kurangi Kebiasaan Slow Respon Jika Dihubungipexels.com/mentatdgt

Jika kebiasaan slow response tetap kamu pertahankan, tidak menutup kemungkinan teman-temanmu akan merasa jengkel terhadapmu. Memang kamu pasti akan membela dengan segala kesibukan yang memusingkan hari-hari, tetapi cobalah berpikir ulang mengenai konteks menghargai teman.

Ingatlah bahwa semua manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Balaslah pesan mereka jika kegiatanmu mulai renggang karena hal tersebut akan dianggap sangat berharga. Jangan sengaja untuk mengulur waktu dalam membalasnya.

2. Kamu akan ketinggalan informasi yang benar-benar penting

5 Alasan Kamu Harus Kurangi Kebiasaan Slow Respon Jika Dihubungipexels.com/tirachard kumtanom

Ketika seorang teman mengirim pesan ataupun menelponmu, mungkin saja ada hal penting yang harus kamu ketahui. Jika kamu masih bertahan pada sikap yang cukup slow response, dapat disimpulkan bahwa informasi-informasi penting tidak akan kamu dapatkan.

Ingatlah bahwa dunia ini menyimpan misteri yang tidak dapat diprediksi. Sempatkanlah untuk membalas pesan temanmu jika dirasa itu sangatlah penting. Sesekali cobalah berlatih kemampuan multi-tasking dengan cara membalas pesan dari teman meskipun masih ada banyak tanggungan.

3. Tidak menutup kemungkinan kamu akan diperlakukan seperti itu juga

5 Alasan Kamu Harus Kurangi Kebiasaan Slow Respon Jika Dihubungipexels.com/mentatdgt

Semua orang pasti setuju bahwa hukum timbal balik pastilah berlaku. Tak terkecuali dalam hal slow response, suatu saat nanti kamu pasti akan diperlakukan secara sama dengan temanmu. Meskipun sangat membutuhkan bantuannya, tetapi pesanmu tak akan cepat terbalaskan mugkin karena dendam masa lalu.

Oleh karena itu, menjadi seseorang yang slow response bukanlah langkah tepat karena banyak dampak negatif di kemudian hari. Cobalah untuk bisa mengurangi hal tersebut jika kamu ingin semuanya berjalan dengan mudah.

Baca Juga: 5 Langkah Memulai Gaya Hidup Slow Living, Biar Gak Gampang Stres!

4. Orang-orang akan menganggap bahwa dirimu tak bisa diandalkan lagi

5 Alasan Kamu Harus Kurangi Kebiasaan Slow Respon Jika Dihubungipexels.com/adrien olichon

Sebelumnya telah disebutkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Peran seorang teman sangat diperlukan untuk menunjang kehiduoan sehari-hari. Diperlukan adanya timbal balik antar kedua belah pihak tanpa terkecuali.

Namun jika kamu berubah menjadi seseorang yang slow response, tidak menutup kemungkinan bahwa dia menganggal kamu tak dapat diandalkan lagi. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi hubungan pertemananmu. Cobalah untuk bisa membedakan mana hal yang penting atau tidak.

5. Teman-temanmu lambat laun akan menjauhimu

5 Alasan Kamu Harus Kurangi Kebiasaan Slow Respon Jika Dihubungipexels.com/sofia garza

Satu-satunya dampak paling nyata yang akan kamu dapatkan jika terus-terusan slow response adalah teman-temanmu pasti akan mulai menjaga jarak. Temanmu pasti akan menganggap bahwa kamu tidak membutuhkan mereka lagi. Jangan egois mengenai hal tersebut karena bagaimanapun juga kamu pasti butuh teman.

Jangan menggunakan semua alibimu mengenai segala kesibukan yang kamu lakukan. Tolonglah mereka jika sedamg dalam kesusahan karena hal tersebut sangatlah diperlukan. Ingatlah bahwa semua kebaikan yang kamu lakukan itu pasti akan berbalik kepadamu suatu saat nanti.

Itulah kelima alasan mengapa kamu harus mengurangi kebiasaan slow response. Yuk kurangi melakukan hal buruk itu!

Baca Juga: 5 Kelebihan Ini Dimiliki Orang yang Selalu Fast Respon Balas Chat

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya