Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Ini Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Mau Menerima Kenyataan

Apapun yang terjadi, terimalah dengan ikhlas

Setiap orang yang di hidup di dunia ini pasti tidak akan terlepas dari namanya masalah. Tidak jarang pula masalah yang muncul itu berasal dari dirinya sendiri. Hal itu sendiri karena sikap tak menerima kenyataan yang telah terjadi dalam menghadapi gejolak kehidupan yang harusnya diikhlaskan.

Ketika dirimu menghadapi suatu masalah namun dengan menggunakan emosi, maka bisa saja emosimu tersebut akan menjadi bumerang terhadapmu karena memunculkan rasa kecewa yang begitu mendalam. Ingatlah bahwa roda kehidupan pasti berputar.

Menerima apapun yang terjadi dengan tulus akan melatih kekuatan hatimu dalam menghadapi kehidupan. Jika kamu tidak membiasakan diri untuk melakukan  hal tersebut, beberapa dampak buruk ini akan kamu dapatkan.

1. Membuang-buang waktumu dalam meraih mimpi yang lain

5 Dampak Buruk Ini Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Mau Menerima Kenyataanpexels.com/pixabay

Tetaplah ingat bahwa kamu hidup di dunia ini hanya sekali. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa waktu yang relatif singkat membuatmu dituntut untuk mengefektifkan waktu yang ada di hidupmu agar semua impian bisa tercapai dengan maksimal.

Menerima apapun yang terjadi adalah kunci. Hal itu terjadi karena dalam memperjuangkan sesuatu, kamu pasti dihadapkan oleh kegagalan-kegagalan yang pastinya akan memberatkanmu. Jika kamu tidak memiliki kekuatan untuk selalu ikhlas, lalu bagaimana kamu bisa menjalankan kehidupan yang berat ini?

2. Menjadi beban yang sangat memberatkan hidupmu

5 Dampak Buruk Ini Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Mau Menerima Kenyataanpexels.com/rafael barros

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ketika kamu hidup di dunia ini pasti akan merasakan yang namanya masalah. Masalah yang muncul itu akan menimbulkan beban moral, bahkan material. Dalam benakmu pasti menginginkan agar masalah itu cepat terselesaikan.

Selalu menerima apapun yang terjadi adalah salah satu solusi yang begitu solutif dalam mengatasi masalah tersebut. Hal itu terjadi karena kamu tidak akan merasakan beban apapun dikarenakan tertutupi oleh sikap selalu ikhlas yang kamu punyai.

Baca Juga: 22 Kenyataan Hidup Ini Menyadarkanmu Hidup Gak Semanis Dongeng 

3. Penyesalan yang tak berujung

5 Dampak Buruk Ini Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Mau Menerima Kenyataanpexels.com/Eric Antunes

Semua orang pasti setuju bahwa penyesalan itu selalu ada di akhir. Hal itu biasanya terjadi karena usaha yang kurang maksimal, terlalu meremehkan, dan suka menunda-nunda waktu. Oleh karena itu, masalah akan muncul dengan sendirinya dan pastinya kamu dituntut untuk bisa melewati hal itu.

Ketika kamu selalu menerapkan prinsip menerima apapun yang terjadi, maka hatimu akan menjadi jernih dan tidak ada pikiran buruk yang bisa memberatkanmu. Penyesalan pasti ada namun sifatnya tidak berlebihan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa menerima apapun dengan ikhlas adalah obat dari segala penyakit hati.

4. Mendorongmu untuk lebih suka menyendiri

5 Dampak Buruk Ini Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Mau Menerima Kenyataanpexels.com/suliman sallehi

Setiap orang di dunia ini diharuskan untuk selalu bisa bersosialisasi dengan orang lain agar hidupnya lebih tenteram. Namun terkadang ketika kamu dihadapkan oleh suatu masalah, pastinya memiliki dorongan rasa untuk ingin menjauh dari kehidupan sosial.

Kamu pasti beranggapan bahwa menyendiri adalah tindakan terbaik dalam menghilangkan bebanmu itu. Hal itu memanglah benar, namun yang salah itu jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan. Jika kamu pasrah dengan apapun yang terjadi, maka secara otomatis penyakit hati tidak akan kamu derita, serta keinginan untuk selalu sendiri akan menghilang.

5. Tidak siap untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya

5 Dampak Buruk Ini Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Mau Menerima Kenyataanpexels.com/bogdan r. anton

Jika kamu sedang menderita oleh karena masalah yang bertubi-tubi menyerangmu, ingatlah bahwa perjalanan hidupmu masih panjang. Beban yang kamu derita saat ini adalah sebuah proses untuk menuju keberhasilan yang sebenarnya.

Ketika pada saat ini saja kamu tidak kuat dan selalu terlintas perasaan untuk menyerah, lantas bagaimana keadaanmu saat menghadapi masalah hidup yang sebenarnya? Terimalah semuanya dengan ikhlas dan hati yang lapang agar hidupmu lebih baik.

Itulah kelima dampak buruk yang kamu dapatkan ketika tidak bisa menerima apapun yang terjadi dengan ikhlas. Selalu ingatlah bahwa roda kehidupan pasti berputar, terimalah apapun yang terjadi saat ini. Semangat ya!

Baca Juga: 15 Quote Bijak yang Membuatmu Makin Ikhlas & Kuat Move On dari Mantan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya