Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Berlebihan dalam Mengeluh, Santai Aja!

Jangan terlalu berlebihan dalam bersambat ya!

Tak ada orang yang tidak pernah mengeluh dalam menjalani hidup di dunia ini. Hal tersebut biasanya terjadi karena beban yang dipikul sangatlah berat. Kamu dituntut untuk bisa melewati semua rintangan dengan seorang diri. Maka dari itu, satu-satunya jalan untuk menenangkan diri yang kamu pilih adalah mengeluh.

Namun ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan itu pasti ada konsekuensinya. Begitu juga dengan mengeluh, ada banyak damoak buruk yang akan timbul jika kamu melakukannya secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang mungkin akan membantumu agar tak sering mengeluh. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Ingatlah bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Berlebihan dalam Mengeluh, Santai Aja!pexels.com/kaboompics .com

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa di segala kesulitan pasti ada titik terang. Hal tersebut biasanya muncul di bagian paling akhir dari sebuah perjuangan. Terkadang kamu harus bisa bertahan terlebih dahulu agar semua hal yang memberatkan tersebut bisa selesai sesuai seperti keinginan.

Mengeluh bukanlah satu-satunya jalan agar masalahmu bisa terselesaikan. Sebenarnya kamu bisa menghibur diri dengan melakukan beberapa hobi jika pikiranmu terasa semakin berat. Cobalah untuk senantiasa menikmati hidup meskipun agak berat karena pasti ada pelangi setelah hujan badai.

2. Mengeluh hanya akan membuang waktumu saja

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Berlebihan dalam Mengeluh, Santai Aja!unsplash.com/mikail duran

Satu-satunya hal yang akan didapat jika terus-terusan mengeluh adalah kamu hanya membuang-buang waktu saja. Tidak ada kegiatan bermanfaat lain yang bisa dilakukan karena kamu telah dibutakan oleh beratnya beban hidup. Alangkah lebih baik jika kamu fokus ke pencarian solusi saja.

Ingatlah bahwa mengeluh itu tidak ada gunanya. Setiap waktu yang telah kamu lalui itu sangatlah berharga dan tidak bisa terulang kembali. Maka dari itu cobalah untuk selalu bersyukur terhadap apa yang dirasakan saat ini. Jangan pernah patah semangat karena tidak ada hasil yang akan mengkhianati usaha.

3. Dengan mengeluh, kamu tidak akan cepat menemukan titik terang permasalahan

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Berlebihan dalam Mengeluh, Santai Aja!pexels.com/lukas rychvalsky

Sebelumnya telah disebutkan bahwa mengeluh itu tidak ada manfaatnya. Kamu hanya akan kehilangakn kesempatan untuk bisa melangkah lebih jauh lagi. Kamu pasti akan terjebak pada titik di mana pikiran menjadi kalut lalu menyebabkan stres. Cobalah untuk melangkah dan buang jauh-jauh sikap yang mendorongmu untuk terjebak di zona itu.

Ingatlah bahwa satu-satunya hal yang kamu butuhkan pada saat itu hanyalah titik terang. Permasalahanmu itu tidak akan terselesaikan jika kamu hanya sibuk meratapi nasib. Ingatlah bahwa hidupmu itu masih panjang. Jangan biarkan mimpi-mimpi besarmu itu terealisasi dan hanya menjadi angan semata. Bangkitlah dari sekarang sebelum terlambat.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Agar Terhindar dari Kebiasaan Mengeluh

4. Beban yang kamu pikirkan pasti akan bertambah berat

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Berlebihan dalam Mengeluh, Santai Aja!pexels.com/sameel hassen

Setiap orang pasti setuju bahwa salah satu hal yang dapat membuat pikiran menjadi stres adalah karena beban hidup semakin berat. Hal itu biasanya muncul ketika kamu sedang menjalani masa-masa untuk memperjuangkan angan-angan besar yang ada di dalam hidup. Mengeluh adalah hal yang lumrah dilakulan karena kamu bingung mau melakukan apa lagu.

Namun tidak banyak orang yang menyadari bahwa mengeluh itu bisa malah menambah beban hidup. Dengan mengeluh, kamu pasti akan cenderung menjadi seseorang yang overthinking terhadap segala sesuatu. Beban hidupmu pasti akan bertambah berat karena pikiran buruk itu terus menghantui.

5. Pasti akan banyak pikiran yang terlintas untuk menyerah dengan keadaan

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Berlebihan dalam Mengeluh, Santai Aja!pexels.com/serkan goktay

Menyerah adalah sebuah kata yang cukup pamungkas untuk berhenti dalam memperjuangkan mimpi. Hal itu terkadang dipicu oleh beban hidup yang tak kunjung menemukan titik terang. Namun hal tersebut bisa saja muncul dengan cepat jika kamu kebanyakan mengeluh. Kamu pasti akan merasa bahwa dirimu telah gagal dalam berjuang.

Namun satu-satu hal yang harus diingat adalah sebuah kesuksesan itu bisa terealisasi jika ada konsistensi diri. Tidak ada kesuksesan yang bersifat instan. Kamu memang perlu berjuang dan harus melewati segala beban yang cukup memberatkan. Cobalah untuk tidak mengeluh lagi agar tak ada pikiran untuk menyerah bisa terlintas kembali.

Tetalah fokus pada jalur perjuangan. Kurangi mengeluh perbanyak bersyukur. Semangat ya!

Baca Juga: 5 Cara Keliru Menghadapi Rekan Kerja yang Hobi Mengeluh

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya