Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Bersikap Idealis, Gak Selamanya Buruk Kok

Jangan salah sangka!

Kebanyakan orang pasti setuju bahwa hidup di dunia ini tidak boleh terlalu banyak berharap karena suatu saat nanti hal tersebut bisa saja menjatuhkanmu. Namun cobalah untuk berpikir ulang, apakah mimpimu begitu tidak berharga sehingga kamu tak berani ambil risiko untuk memperjuangkannya?

Bersikap realistis memang perlu, tapi tidak ada salahnya jika kamu bertahan untuk tetap idealis. Bersikap idealis itu sendiri berarti bermimpi dengan sangat tinggi tanpa melihat risikonya. Sebenarnya hal itu tak selamanya buruk jika dilakukan. Tidak percaya? Simak pembahasan berikut ini.

1. Melatih sikap pantang menyerah

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Bersikap Idealis, Gak Selamanya Buruk Kokunsplash.com/maria sabljic

Ketika kamu menjunjung tinggi sikap idealis yang ada dalam diri, tekad untuk selalu pantang menyerah pasti akan menjadi temanmu. Kamu pasti akan memiliki hati yang cukup kuat meskipun banyak kegagalan yang didapatkan.

Kamu pasti percaya bahwa sebuah hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Tekanan yang didapatkan bertubi-tubi ketika memperjuangkan mimpi akan mudah kamu lewati karena tekadmu yang begitu bulat. Jangan dengarkan perkataan orang lain dengan merendahkanmu, bungkam mulut mereka dengan kesuksesanmu kelak.

2. Kamu pasti akan memiliki sikap optimis yang tinggi

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Bersikap Idealis, Gak Selamanya Buruk Kokunsplash.com/andre hunter

Bersikpa optimis terhadap suatu pencapaian sangatlah diperlukan jika ingin hal tersebut bisa tercapai. Mengedepankan sikap idealis akan membuatmu menjadi pribadi yang sangat optimistis. Kamu memiliki kepercayaan yang cukup kuat terhadap kemampuan yang ada dalam dirimu.

Ingatlah bahwa roda kehidupan pastilah berputar. Meskipun saat ini banyak orang yang meremehkanmu karena harapan yang terlalu tinggi itu, bisa saja kamu dapat merealisasikan hal itu jika konsistensi dalam berjuang tetap terjaga.

3. Kamu akan mampu bekerja di bawah tekanan

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Bersikap Idealis, Gak Selamanya Buruk Kokunsplash.com/paulette wooten

Semua hal pasti akan kamu lakukan hanya untuk merealisasikan mimpi. Meskipun itu cukup memberatkan, jika itu berhubungan dengan mimpimu, kamu pasti akan rela melakukannya meskipun berkorban materi dan perasaan. Kamu telah menyadari bahwa hidup ini memerlukan proses untuk bisa sukses.

Bekerja di bawah tekanan merupakan salah satu proses yang harus kamu lewati jika ingin mimpimu itu tidak hanya menjadi angan. Kamu pasti memiliki hati tegar dan kuat karena pekerjaan yang memberatkanmu itu. Namun percayalah bahwa kesuksesan pasti akan tetap menjadi milikmu suatu saat nanti.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Kamu Rasakan Jika Kamu Terlalu Kaku dan Idealis

4. Terlatih sakit hati ketika gagal

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Bersikap Idealis, Gak Selamanya Buruk Kokunsplash.com/ales krivec

Kegagalan demi kegagalan pasti akan kamu dapatkan ketika mengedepankan sikap idealis. Kamu pasti akan merasa tidak pernah puas jika keberhasilan itu tidak bisa didapatkan dalam genggaman. Kamu sudah terbiasa untuk makan hati ketika terpaksa untuk menerima kenyataan yang pahit.

Oleh karena hal yang cukup memberatkan tersebut, maka hatimu akan lebih tangguh dari sebelumnya. Kamu pasti memiliki jiwa-jiwa petualang yang cukup garang karena pengalaman pahitmu sebelumnya. Tetaplah pada pilihan hidupmu, jangan dengarkan perkataan buruk orang lain terhadapmu.

5. Ketika berhasil, kamu pasti akan bangga terhadap diri sendiri

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Bersikap Idealis, Gak Selamanya Buruk Kokunsplash.com/fares hamouche

Ketika semua pengalaman berat telah dilalui dan akhirnya berhasil, kamu pasti akan sangat bangga terhadap dirimu sendiri. Segala sesuatu yang membuat semangatmu terlebur dulu, kini sudah terbayar semuanya. Kamu berhasil membuktikan pada dirimu sendiri bahwa telah bisa melewati semua rintangan.

Percayalah bahwa orang-orang yang dulu sempat meremehkanmu pasti akan takjub ketika melihat pencapaianmu saat ini. Dengan semua itu, kamu pasti akan belajar bahwa segala sesuatu yang terlihat mustahil pasti akan bisa terlaksana jika dibarengi dengan kerja keras.

Itulah kelima alasan mengapa kamu perlu bersikap idealis dalam menjalani hidup. Ingatlah bahwa tidak selamanya yang orang lain anggap buruk itu tidak bermanfaat bagi hidupmu. Semua orang pasti memiliki jalan hidup yang berbeda-beda. Semangat!

Baca Juga: Jangan Terlalu Idealis, 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Realistis

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya