Comscore Tracker

5 Dampak Buruk ketika Kamu Terlalu Berlebihan dalam Mengejar Mimpi

Apakah kamu selalu memaksakan diri perihal realisasi mimpi?

Semua hal di dunia ini pasti akan bermanfaat jika dikerjakan tidak melebihi porsi yang telah ditentukan. Dalam meraih kesuksesan, diperlukan sebuah perjuangan dan sikap pantang menyerah agar impian itu bisa terealisasi. Namun banyak orang yang tenggelam dalam memperjuangkan sesuatu tanpa memikirkan dirinya sendiri.

Percayalah bahwa hal tersebut malah akan menimbulkan banyak kerugian yang cukup memengaruhi kehidupanmu. Ada beberapa dampak buruk yang akan didapat jika terlalu berlebihan dalam mengejar mimpi. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Dirimu akan rentan stres

5 Dampak Buruk ketika Kamu Terlalu Berlebihan dalam Mengejar Mimpipexels.com/andrea piacquadio

Hidup itu harus berimbang, baik dari segi kebahagiaan maupun perjuangan. Perjuangan yang berlebihan itu tidaklah baik karena akan memunculkan stres yang ada dipikarnmu. Kamu akan merasa terbebani dengan beberapa tuntutan yang harus kamu capai agar impian bisa terlaksana.

Stres akan berdampak buruk terhadap kesehatanmu. Tidak jarang pula, banyak orang yang bunuh diri akibat tidak bisa menahan beban yang harus dipikul karena sedang memperjuangkan sebuah impian dalam hidupnya.

2. Mimpi yang lain jadi susah untuk terealisasi 

5 Dampak Buruk ketika Kamu Terlalu Berlebihan dalam Mengejar Mimpipexels.com/yan

Semua hal yang ada di dunia ini haruslah dikerjakan sesuai porsi dan jangan berlebihan. Dalam menjalani hidup, pasti banyak impian yang kamu dambakan agar hidupmu lebih bahagia. Bayangkan saja jika kamu hanya berfokus pada satu impian, maka tidak akan ada waktu untuk memperjuangkan impianmu yang lain.

Alhasil kamu hanya terfokus pada satu hal yang belum tentu kamu bisa benar-benar berhasil dalam mendapatkannya. Ingatlah bahwa kegagalan itu pasti ada dan selalu menyertai setiap perjuangan dalam hidup. Berjuanglah sesuai porsi agar mimpimu yang lain bisa terealisasi. 

Baca Juga: 5 Alasan Harus Tetap Semangat Meski Impianmu Diremehkan Orang Lain

3. Kehidupan sosialmu jadi terpinggirkan 

5 Dampak Buruk ketika Kamu Terlalu Berlebihan dalam Mengejar Mimpipexels.com/andrea piacquadio

Semua orang pasti setuju bahwa sesuatu yang dikerjakan dengan berlebihan itu tidaklah baik. Ingatlah bahwa kamu hidup di dunia itu pasti memerlukan bantuan orang lain yang ada di sekitar. Hal itu terjadi karena pada hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Kamu tidak boleh terlalu berfokus pada mimpimu dengan mengorbankan kehidupan sosial karena hal itu akan berdampak cukup besar bagi kehidupanmu. Semuanya harus berimbang, oleh karena itu putuskanlah untuk tidak terlalu mengedepankan keegoisan diri dalam mencapai keberhasilan.

4. Memunculkan banyak penyakit hati 

5 Dampak Buruk ketika Kamu Terlalu Berlebihan dalam Mengejar Mimpipexels.com/andrea piacquadio

Penyakit hati itu terdiri dar perasaan benci terhadap seseorang, dendam, amarah, dan hal-hal buruk lainnya. Ketika kamu terlalu fokus untuk menggapai impian, hal itu pasti akan membuatmu mengurangi kepedulian terhadap orang-orang disekitarmu.

Dengan ketidakpedulian seperti itu, bisa saja orang-orang disekitarmu akan berusaha menjauh karena merasa sakit hati terhadap sikapmu yang acuh tak acuh. Percuma kamu bisa meraih kesuksesan tapi malah mengorbankan hubungan terhadap kerabat dekatmu. Kebahagiaan tidak akan menyertaimu jika hal itu benar-benar terjadi.

5. Hidupmu akan terasa hambar 

5 Dampak Buruk ketika Kamu Terlalu Berlebihan dalam Mengejar Mimpipexels.com/andrew neel

Ada banyak sekali lika-liku kehidupan di dunia ini yang bisa mewarnai hari-harimu. Jika kamu memutuskan untuk lebih berfokus pada impianmu, maka pengalaman hidup lainnya tidak akan didapatkan karena sikap tidak pedulimu itu.

Sesungguhnya hidup di dunia ini itu sangat memerlukan petualangan. Kamu tidak akan bisa mengeksplor hal-hal menarik lainnya jika hanya berfokus pada impianmu. Lagipula hidup itu hanya sekali, kamu pasti akan merugi jika tidak bisa menikmati.

Itulah kelima dampak negatif yang akan kamu dapatkan jika terlalu fokus pada impian. Semua hal di dunia ini memiliki porsi masing-masing, jangan terlalu berlebihan jika tidak ingin sengsara.

Baca Juga: 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Kamu Berhenti Mengejar Mimpi, Yuk Hindari!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya