Comscore Tracker

5 Cara Bijak Menyikapi Rencanamu yang Gagal Total, Gak Perlu Bersedih!

Waktunya untuk move on ke rencana berikutnya

Tak selamanya kamu akan merealisasikan apa yang sudah direncanakan. Entah itu hal sepele hingga berat, memang sungguh menjengkelkan ketika rencana yang sudah disusun tiba-tiba gagal total. Ketika hal itu terjadi, kamu pasti akan merasa sedih sekaligus emosi.

Namun, ingatlah bahwa meskipun rencanamu gagal, kamu masih tetap bisa hidup. Ada beberapa cara bijak yang bisa dilakukan untuk menyikapi gagalnya rencanamu. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Jangan tersulut emosi hingga menyalahkan diri sendiri

5 Cara Bijak Menyikapi Rencanamu yang Gagal Total, Gak Perlu Bersedih!ilustrasi marah (pexels.com/Evelyn Chong)

Saat rencanamu gagal total, belajarlah untuk menjadi sosok yang lebih sabar. Memang sih, hal semacam ini bisa membuat emosimu menggebu-gebu. Namun, kamu memiliki pilihan untuk tidak meluapkan amarah tersebut. Hal itu karena hanya akan membuatmu menyalahkan diri sendiri.

Lagi pula, mengekspresikan emosi secara berlebihan itu malah akan menjadi bumerang untukmu. Mulai sekarang, cobalah untuk menerima keadaan perihal rencanamu yang gagal total. Percayalah bahwa pasti ada hal baik yang sudah disusun oleh Tuhan di depan sana.

2. Lakukan investigasi perihal penyebab gagalnya rencanamu

5 Cara Bijak Menyikapi Rencanamu yang Gagal Total, Gak Perlu Bersedih!ilustrasi stres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selanjutnya, kamu bisa mengamati terlebih dahulu perihal apa penyebab gagalnya rencanamu. Hal semacam ini nantinya bisa membuatmu mengetahui langkah apa saja yang boleh maupun pantang dilakukan. Alhasil, jika membuat rencana baru lagi, hal tersebut pasti tidak akan gagal.

Namun, kamu gak harus langsung mencari penyebab kegagalan sesaat setelah gagalnya rencanamu. Istirahatkan tubuhmu terlebih dahulu agar pikiranmu menjadi lebih tenang untuk menghadapi cobaan selanjutnya. Setelah semuanya terkendali, mulailah menginvestigasi terkait kegagalanmu kemarin.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyusun Rencana di Awal Tahun

3. Perbaiki caramu dalam merealisasikan rencana tersebut

5 Cara Bijak Menyikapi Rencanamu yang Gagal Total, Gak Perlu Bersedih!ilustrasi persiapan (unsplash.com/Charles Deluvio)

Biasanya, gagalnya sebuah rencana itu dikarenakan oleh buruknya eksekusi yang kamu lakukan. Hal semacam ini harus ditinjau secara lebih lanjut sebab akan sangat mempengaruhi hasil akhir nanti. Jika caramu beberapa saat lalu kurang maksimal, cobalah untuk mengubahnya.

Nantinya, hal semacam ini pasti akan lebih rumit jika kamu mulai rencana baru. Tetapi, persentase keberhasilanmu bakal meningkat sebab kamu sudah mengetahui apa saja titik lemahnya. Maka dari itu, mulailah untuk memperbaiki semua langkah secara bertahap agar hasilnya nanti bisa maksimal.

4. Tenangkan diri agar kamu bisa ikhlas menerima keadaan

5 Cara Bijak Menyikapi Rencanamu yang Gagal Total, Gak Perlu Bersedih!ilustrasi merenung (unsplash.com/Eunice Lituañas)

Sebelum telah disinggung bahwa kamu harus mengistirahatkan raga serta pikiran sebelum membuat rencana baru. Cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu agar kamu bisa ikhlas menerima keadaan yang sudah dilalui kemarin. Jangan lakukan sesuatu yang bisa mengingatkanmu perihal kegagalan kemarin.

Alangkah lebih baik jika kamu berusaha menyegarkan pikiran dengan melakukan hal-hal positif seperti bersosialisasi ataupun berlibur. Berangkat dari hal tersebut, semua beban yang kamu pikul kemarin karena kegagalan lambat laun pasti akan menjadi lebih ringan.

5. Buatlah rencana baru dan berhati-hatilah dalam mengeksekusinya

5 Cara Bijak Menyikapi Rencanamu yang Gagal Total, Gak Perlu Bersedih!ilustrasi merencanakan sesuatu (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Jika semua dirasa sudah cukup siap untuk memulai kembali, cobalah untuk menyusun rencana baru. Kamu wajib memperhatikan berbagai macam aspek agar kegagalan yang memilukan kemarin tidak terulang kembali. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dalam mengeksekusinya nanti.

Hal semacam ini tentunya bakal membuat peluang keberhasilanmu menjadi sedikit lebih besar. Intinya, kamu harus menyiapkan semuanya secara sungguh-sungguh dan mendetail sehingga tidak ada celah pun yang bisa menjatuhkanmu lagi ke jurang kegagalan.

Menghadapi gagalnya rencana yang sudah disusun baik-baik memang bukan perkara mudah. Tetapi, kamu gak boleh menyerah begitu saja sebab masih ada banyak waktu yang tersedia untuk menyusun rencana baru ke depannya.

Baca Juga: 6 Resolusi Tahun Baru untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya