Comscore Tracker

Gak Hanya Banyak Uang, 5 Hal Ini Patut Dijadikan Tujuan Hidup

Apa tujuan hidupmu saat ini? #IDNTimesLife

Kebanyakan orang pasti memiliki tujuan hidup yang berkutat pada materi. Boleh-boleh saja, sih, namun sejatinya ada hal lain yang lebih bermakna. Di samping materi yang tercukupi, kamu juga sebaiknya mempertimbangkan hal bersifat non-fisik.

Dengan melakukannya, kebahagiaan yang kamu rasakan pasti akan semakin lengkap. Ada beberapa hal yang patut untuk dijadikan tujuan hidup agar kamu bisa lebih bahagia. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Memiliki hubungan baik dengan semua orang

Gak Hanya Banyak Uang, 5 Hal Ini Patut Dijadikan Tujuan Hidupilustrasi pertemanan (pexels.com/zhaocan li)

Sebagai makhluk sosial, setiap manusia memang harus menjaga hubungan baik dengan orang lain. Hal tersebut pasti akan memberikan pengaruh besar terhadap hidupmu dalam berbagai aspek.

Memiliki hubungan baik dengan orang lain patut dijadikan sebagai tujuan hidup. Kamu pasti akan lebih bahagia jika ada banyak orang yang suportif di sekelilingmu.

2. Membahagiakan orang-orang di sekitarmu

Gak Hanya Banyak Uang, 5 Hal Ini Patut Dijadikan Tujuan Hidupilustrasi pertemanan (pexels.com/daria shevtsova)

Selain menjalin hubungan baik, kamu sebaiknya berusaha membuat orang-orang di sekitarmu lebih bahagia. Baik itu kerabat ataupun teman, tak ada salahnya membantu mereka saat dibutuhkan. Selain itu, kamu juga harus terbiasa berbagi kebahagiaan dengan mereka.

Tidak ada salahnya jika membangun hubungan baik dengan orang lain dijadikan sebagai tujuan hidup karena hal tersebut akan memengaruhi hari-harimu. Mulai sekarang cobalah untuk saling membantu dan membahagiakan orang-orang di sekitarmu, ya!

Baca Juga: 5 Harapan Orang Seiring Tingginya Tingkat Pendidikanmu

3. Bisa memiliki waktu luang untuk kesenangan sendiri

Gak Hanya Banyak Uang, 5 Hal Ini Patut Dijadikan Tujuan Hidupilustrasi merenung (pexels.com/andrea piacquadio)

Banyak orang yang mengatakan bahwa uang tidak akan bisa membeli waktu. Ketika memiliki pekerjaan dengan gaji besar, kamu pasti harus mengesampingkan waktu istirahat agar bisa fokus di sana. Uangmu pasti akan bertambah banyak tetapi porsi waktu untuk diri sendiri menjadi sedikit.

Memang hal tersebut merupakan sebuah konsekuensi. Namun percayalah bahwa waktu untuk menenangkan diri ataupun bersama keluarga akan menghasilkan kebahagiaan. Cobalah untuk menjadikan hal itu sebagai tujuan hidup karena kamu akan merasakan sendiri seperti apa bedanya. 

4. Tidak memiliki masalah finansial, khususnya utang

Gak Hanya Banyak Uang, 5 Hal Ini Patut Dijadikan Tujuan HidupIlustrasi sukses (pexels.com/snapwire)

Masalah finansial yang digarisbawahi di sini adalah utang. Ketika keadaan cukup mepet, terkadang seseorang harus mengambil pilihan ini. Tidak ada salahnya berutang namun kamu harus cepat-cepat membayarnya.

Hal tersebut tentunya akan menjadikan hidupmu menjadi lebih tenang. Sebisa mungkin cobalah untuk meminimalkan berutang kepada orang lain agar kedamaian hidup terjaga.

5. Memiliki pasangan yang setia

Gak Hanya Banyak Uang, 5 Hal Ini Patut Dijadikan Tujuan HidupIlustrasi percintaan (pexels.com/anastasia shuraeva)

Setiap orang diyakini diciptakan berpasang-pasangan. Namun tidak semua pasangan akan bersikap suportif. Apakah pasanganmu saat ini sudah cukup menunjukkan rasa cintanya kepadamu? Jika tidak, hal tersebut patut dijadikan tujuan hidup.

Sebab di masa tua nanti, cinta dan kesetiaan dari pasangan menjadi salah satu hal yang akan membahagiakanmu. Uang yang kamu kumpulkan di masa muda tidak akan cukup membeli kebahagiaan sebuah hubungan asmara.

Setelah membaca penjelasan di atas, coba berpikir baik-baik untuk menaruh opsi lain dalam menentukan tujuan hidup, ya. Kita memang memerlukan uang tetapi masih ada aspek lain yang sebaiknya dipenuhi untuk melengkapi kebahagiaanmu.

Baca Juga: Demi Menarik Perhatian Orang, 5 Hal Ini Gak Perlu Kamu Lakukan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya