Comscore Tracker

5 Hal Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Berkata Kotor, Berhenti,Yuk!

Apakah kamu masih sering berkata kotor?

Berkomunikasi dengan sesama adalah hal yang senantiasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam berkomunikasi itu juga memiliki sebuah etika yang wajib dipatuhi. Salah satu contohnya adalah dengan tidak sering-sering menggunakan kata kotor.

Meskipun kamu sudah biasa berkata kotor, namun cobalah untuk mengurangi melakukan hal tersebut karena banyak dampak buruk yang ditimbulkan. Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mengurangi kebiasaan berkata kotor. Untuk penjelasannya, simak pembahasannya berikut ini.

1. Kamu akan dinilai buruk di mata orang lain 

5 Hal Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Berkata Kotor, Berhenti,Yuk!pexels.com/vera arsic

Salah satu hal yang akan didapat jika sering berkata kotor adalah kamu akan dinilai buruk di mata orang lain. Hal tersebut sangatlah berpengaruh buruk pada kehidupanmi sehari-hari karena orang-orang akan menjauhimu.

Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk mengurangi hal buruk tersebut demi kebaikan diri. Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu bersikap baik di depan orang lain agar dia bisa berbuat baik lula kepadamu. Mulailah menguranginya sebelum terlambat.

2. Jika berkata kotor, kesannya itu seperti tidak menghargai lawan bicara  

5 Hal Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Berkata Kotor, Berhenti,Yuk!pexels.com/andrea piacquadio

Menggunakan kata kotor saat berbicara merupakan sesuatu yang dipandang buruk. Dengan berbicara dengan cara negatif seperti itu, orang lain pasti akan merasa bahwa kamu tidak menghargainya. Alhasil mereka pasti akan melakukan hal yang sama terhadapmu.

Hargailah lawan bicaramu dengan melontarkan perkataan yang sopan dan enak didengar. Hal tersebut pasti akan membuat orang lain lebih nyaman jika berbicara denganmu. Cobalah untuk membiasakannya mulai dari sekarang sebelum terlambat.

3. Bisa saja orang lain malah tersulut emosi akibat kelakuanmu  

5 Hal Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Berkata Kotor, Berhenti,Yuk!pexels.com/andrea piacquadio

Dampak buruk yang akan didapat jika terus-terusan berkata kotor adalah orang lain bisa saja emosi terhadap perlakuanmu itu. Semua kalimat tidak sopan yang kamu lontarkan akan membuat orang lain menjadi tersinggung sehingga pertikaian rentan terjadi.

Oleh karena itu, senantiasa menata gaya bicara adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman yang mungkin saja akan menghancurkan semua rencanamu.

Baca Juga: 5 Sikap yang Diperlukan saat Kamu Membenci Seseorang, Gak Harus Kasar

4. Jika diteruskan, hal tersebut akan terus terbawa sampai tua nanti  

5 Hal Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Berkata Kotor, Berhenti,Yuk!pexels.com/pixabay

Terkadang semua kebiasaan yang dilakukan di masa muda itu akan terbawa sampai masa tua. Coba bayangkan jika saat ini sering berkata kotor, kamu pasti melakukan hal yang sama di masa tua nanti. Apa jadinya jika kamu tiba-tiba keceplosan melakukan hal tersebut di depan anak-anakmu?

Pasti dia akan menirukan apa yang telah kamu perbuat. Oleh karena itu cobalah untuk bisa menjadi contoh baik kepada orang-orang yang kamu sayangi suatu saat nanti. Biasakanlah diri untuk mengurangi berkata kotor mulai dari sekarang.

5. Kamu akan dijauhi oleh orang-orang di sekitarmu 

5 Hal Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Sering Berkata Kotor, Berhenti,Yuk!pexels.com/craig adderley

Ketika sedang berada di lingkungan sosial, terkadang kamu perlu menyesuaikan diri agar bisa bersosialisasi. Kamu tidak bisa terus-terusan mempertahankan kebiasaan burukmu itu karena belum tentu orang lain akan menerimamu.

Cobalah untuk berubah mulai dari sekarang agar orang lain bisa menghargaimu. Meskipun sangatlah susah untuk terlepas dari kebiasaan lama, percayalah bahwa semua hal tersebut pasti akan terealisasi jika disertai tekad yang kuat.

Itulah kelima alasan logis mengapa kamu gak boleh sering-sering berkata kotor. Yakin kamu masih mau melakukan hal buruk itu dalam kehidupan sehari-hari?

Baca Juga: 6 Alasan Penting Membiasakan Anak Berkata 'Tolong' saat Minta Bantuan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya