Comscore Tracker

Agar Gak Gampang Baper dalam Menjalani Hidup, Coba Lakukan 5 Hal Ini!

Jangan jadi orang yang baperan, ya!

Kapasitas hati setiap orang memang lah berbeda-beda. Ada yang sangat tangguh dalam menjalani hidup, ada pula yang mudah rapuh. Jika kamu adalah orang yang mudah baper, maka segera mungkin untuk mengubah diri.

Hal tersebut wajib dilakukan demi kebaikan hidupmu sehari-hari. Jika kamu bingung bagaimana melakukannya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kebiasaan mudah baper bisa hilang. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, cobalah untuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Cobalah membiasakan diri untuk senantiasa berpikir realistis  

Agar Gak Gampang Baper dalam Menjalani Hidup, Coba Lakukan 5 Hal Ini!unsplash.com/brooke cagle

Salah satu cara cukup ampuh agar kamu gak mudah baper adalah dengan membiasakan diri untuk senantiasa berpikir realistis. Anggaplah semuanya itu adalah hal yang memang sepatutnya terjadi dan tidak untuk dipikirkan secara terus menerus.

Kamu pasti akan berpikir bahwa segala beban yang melanda itu hanya bersifat sementara karena roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Untuk itu mulai sekarang cobalah untuk mengubah pola pikir menjadi lebih realistis dalam menjalani hidup.

2. Jangan terlalu overthinking terhadap sesuatu yang sebenarnya gak perlu dipikirkan  

Agar Gak Gampang Baper dalam Menjalani Hidup, Coba Lakukan 5 Hal Ini!unsplash.com/Gabrielle Henderson

Penyebab utama dari rasa mudah baper itu sendiri adalah karena kamu terbiasa overthinking terhadap hal-hal yang sebenarnya gak perlu dipikirkan. Ingatlah bahwa kamu harus lebih fokus pada kehidupan sendiri daripada memikirkan hal lain.

Pandai-pandailah untuk memilih segala sesuatu yang perlu dipikirkan atau tidak. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk membuang semua pikiran buruk yang ada di dalam diri. Tanamkan prinsip let it flow dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 6 Tips Anti Baper Saat PDKT Masih Tahap Online, Kamu Wajib Baca!

3. Buang jauh-jauh kebiasaan gak enakan  

Agar Gak Gampang Baper dalam Menjalani Hidup, Coba Lakukan 5 Hal Ini!unsplash.com/Yoann Boyer

Apakah kamu adalah tipe orang yang gampang sungkan atau gak enakan? Jika iya, alangkah lebih baik kamu mengubahnya mulai dari sekarang. Dapat dikatakan bahwa kebiasaan gak enakan itu dapat menjadi bumerang untuk diri sendiri. Kamu pasti akan cenderung mendahulukan kepentingan orang lain.

Dengan adanya hal tersebut, alhasil kamu pasti akan mudah baper karena terlalu banyak ditindas. Cobalah untuk mengubahnya mulai dari sekarang sebelum terlambat. Jangan takut untuk berkata "tidak" jika kamu menolak sesuatu yang merugikanmu.

4. Cobalah untuk mencintai diri sendiri melebihi apapun  

Agar Gak Gampang Baper dalam Menjalani Hidup, Coba Lakukan 5 Hal Ini!unsplash.com/allef vinicius

Semua orang pasti setuju bahwa mencintai diri sendiri adalah nomor satu. Namun terkadang kamu sering melalaikan hal tersebut hanya karena ingin dianggap baik oleh orang lain. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik.

Begitupula berbuat baik kepada orang lain itu pasti ada batasannya tersendiri. Cobalah untuk lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan orang lain. Percayalah bahwa terkadang bersikap egois itu diperlukan untuk kebaikan diri sendiri agar gak mudah baper.

5. Jangan mudah percaya siapapun yang baru dikenal  

Agar Gak Gampang Baper dalam Menjalani Hidup, Coba Lakukan 5 Hal Ini!unsplash.com/Mimi Thian

Memang pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Namun ingatlah bahwa realitanya adalah gak semua orang itu pasti baik. Terkadang kamu perlu memilih seseorang yang enggak toxic untuk dijadikan teman.

Hal tersebut akan membantumu untuk menyingkirkan kebiasaan "mudah baper" di dalam diri. Jika ada seseorang yang baru kamu kenal lalu dia berbuat baik kepadamu, jangan terburu-buru mudah percaya padanya. Bisa saja dia malah menjadi toxic sehingga merusak hari-harimu lalu membuatmu mudah makan hati.

Hidup di dunia memang membutuhkan ketangguhan fisik maupun hati agar bisa tetap bertahan. Jangan pernah berhenti untuk upgrade diri agar kamu menjadi seseorang yang lebih berkualitas.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Bisa Mengendalikan Sifat Egoisnya, Kamu?

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya