Comscore Tracker

Cobalah 5 Hal Ini Jika Kamu Terus-terusan Berharap pada yang Tak Pasti

Jangan berlebihan dalam berharap!

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang pasti tak akan terlepas dari yang namanya pengharapan. Namun banyak orang yang sering berharap perihal cinta karena hal tersebut sangatlah penting dalam hidup. Yang harus diketahui adalah jika melakukan sesuatu itu tidak boleh secara berlebihan.

Begitu pula dengan berharap, kamu tak boleh terus-terusan terjebak dalam zona tersebut karena hanya akan menyakiti diri sendiri. Jika saat ini kamu tak bisa terlepas dalam hal itu, ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan agar kebiasaan buruk tersebut bisa hilang. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Mengubah mindset menjadi seseorang yang lebih realistis

Cobalah 5 Hal Ini Jika Kamu Terus-terusan Berharap pada yang Tak Pastiunsplash.com/ethan sykes

Tidak ada salahnya seseorang mengharapkan sesuatu yang menurutnya bisa membuat dia bahagia. Namun satu hal yang perlu digaris bawahi adalah harapan itu harus dibarengi dengan pola pikir realistis. Akan sangat percuma jika kamu memiliki angan yang cukup tinggi namun kemampuanmu hanya sebatas itu saja.

Apalagi dalam hal cinta, kamu boleh mengharapkan dia yang menjadi pujaan hatimu tetapi jangan lupa untuk tetap pada porsinya. Mulai saat ini cobalah untuk berubah menjadi seseorang yang memiliki pola pikir realistis agar harapan itu tidak malah menjadi bumerang untukmu suatu saat nanti.

2. Membiasakan diri untuk tak mudah percaya pada janji-janji manis

Cobalah 5 Hal Ini Jika Kamu Terus-terusan Berharap pada yang Tak Pastiunsplash.com/joshua rawson-harris

Mengucapkan janji-janji pada saat pacaran adalah sesuatu yang wajar dilakukan. Namun hal tersebut harus dibarengi dengan logika agar tak mudah dibodohi. Ketika kamu terlalu percaya dengan janji-janji manis, maka yang akan kamu dapatkan hanyalah kehampaan. Ingatlah bahwa mengharapkan sesuatu itu harus ada takarannya.

Untuk menghilangkan kebiasaan buruk, alangkah lebih baik jika sekarang kamu mulai membiasakan diri tak mudah percaya pada janji manis. Percayalah bahwa tak semua yang manis di luar itu pasti tulus. Maka dari itu hilangkanlah semua kebiasaan buruk agar tak ada hasil buruk yang kamu dapatkan.

Baca Juga: Terapkan 5 Mindset Ini Ketika Kamu Sulit Memutuskan Pilihan 

3. Mulai menghargai dan mencintai diri sendiri lebih dari apapun

Cobalah 5 Hal Ini Jika Kamu Terus-terusan Berharap pada yang Tak Pastiunsplash.com/raychan

Mencintai diri sendiri adalah sesuatu yang cukup sulit dilakukan ketika kita terbiasa mendahulukan kepentingan orang lain. Namun hal tersebut haruslah dilakukan agar kamu bisa terlepas dari kebiasaan berharap kepada sesuatu yang tak pasti. Kamu pasti akan lebih berpikir secara rasional perihal hal tersebut.

Ingatlah bahwa tak selamanya mendahulukan kepentingan pribadi itu buruk. Jika hal tersebut bisa membuatmu menjadi seseorang yang lebih baik lagi, maka kamu wajib melakukannya. Intinya adalah cintailah dirimu sendiri melebihi apapun agar tak dimanfaatkan oleh orang lain.

4. Mulailah membuka diri dengan mencari teman baru

Cobalah 5 Hal Ini Jika Kamu Terus-terusan Berharap pada yang Tak Pastiunsplash.com/omar lopez

Kebiasaan berharap kepada sesuatu yang tak pasti itu biasanya muncul ketika pikiran kita terlalu sempit. Keengganan untuk membuka diri kepada lingkungan sosial membuatmu tak bisa terlepas dari zona tersebut. Yang harus diketahui adalah hal tersebut akan sangat merugikanmu jika dilakukan secara terus-menerus.

Mumpung belum terjerumus lebih dalam, alangkah lebih baik jika kamu membuang kebiasaan buruk tersebut dengan mencari relasi baru. Pola pikirmu pasti akan semakin luas dan tidak sempit seperti itu saja. Hal itu karena dalam lingkungan sosial, kamu pasti menemukan seseorang yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Dengan banyaknya pola pikir tersebut, kamu bisa memilih mana yang baik untuk hidupmu ke depannya.

5. Mulailah untuk lebih fokus pada pencapaian karier

Cobalah 5 Hal Ini Jika Kamu Terus-terusan Berharap pada yang Tak Pastiunsplash.com/brooke cagle

Setiap orang dalam hidup ini pasti memiliki keinginan agar sukses dalam hal karier. Hal tersebut sebenarnya juga dapat membantumu agar bisa terlepas dari yang namanya pengharapan cinta. Seseorang akan lupa dengan kisah cintanya yang buruk jika dia bisa berhasil meraih kesuksesan dalam hal karier.

Oleh karena itu jika saat ini kamu sangat susah untuk terlepas dari zona tersebut, alangkah lebih baik jika mulai fokus memikirkan karier. Lagipula hal tersebut memiliki banyak dampak positif untuk keberlangsungan hidupmu ke depannya. Daripada menghabiskan waktu untuk berharap kepada sesuatu yang tak pasti, mulai memikirkan karier adalah langkah terbaik.

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan jika kamu terus-terusan berharap kepada sesuatu tak pasti. Jangan sia-siakan hidupmu pada sesuatu yang tak berguna agar tak ada penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Mindset Tumbuhkan Pribadi yang Lebih Dewasa, Yuk Terapkan!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya