Comscore Tracker

Jangan Panik, 5 Alasan Kamu Harus Tenang dalam Meghadapi Masalah

Rasa panik hanya akan membuat masalah menjadi rumit

Setiiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Namun terkadang tidak semua orang bisa menghadapi masalah tersebut dengan mudah karena beban yang dipikul terlalu berat. Sebenarnya kunci utama sebuah masalah bisa cepat selesai adalah dengan mengandalkan ketenangan.

Namun hal ini sangatlah susah dilakukan karena seseorang pasti akan cenderung panik dalam menanggung beban. Kamu pasti akan merasa kebingungan karena tidak adanya titik terang yang kunjung temu. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait mengapa kamu harus tenang dalam menghadapi masalah, simak pembahasan berikut ini.

1. Dengan ketenangan kamu bisa lebih fokus dalam penyelesaian masalah 

Jangan Panik, 5 Alasan Kamu Harus Tenang dalam Meghadapi Masalahunsplash.com/patrick malleret

Membangun sebuah kefokusan terhadap suatu hal memanglah susah karena di luar sana banyak godaan yang pasti muncul. Ketika mengandalkan ketenangan dalam sebuah penyelesaian masalah, kamu pasti akan terbantu untuk lebih fokus dalam menjalaninya.

Tak ada rasa panik atau pun bingung karena fokusmu tidak terbagi. Kamu pasti akan berpikir secara mendalam tentang bagaimana menemukan solusi yang cepat agar beban bisa terangkat. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu tenang meskipun masalahmu sangatlah berat.

2. Meminimalisir bertambahnya masalah lain 

Jangan Panik, 5 Alasan Kamu Harus Tenang dalam Meghadapi Masalahunsplash.com/erriko boccia

Hidup ini dipenuhi dengan misteri dan tak ada orang yang bisa memprediksikan masa depannya sendiri. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa sebuah masalah pasti akan datang bertubi-tubi tanpa memandang waktu yang tepat maupun salah.

Tetapi hal tersebut sebenarnya bisa diminalisir jika kamu mengandalkan ketenangan dalam penyelesaian masalah saat ini. Hal itu karena kamu pasti akan lebih menghindari kontak dengan dunia luar agar tak ada masalah lain yang muncul. 

3. Mengurangi risiko stres ketika beban terasa berat 

Jangan Panik, 5 Alasan Kamu Harus Tenang dalam Meghadapi Masalahunsplash.com/allef vinicius

Semua orang pasti setuju bahwa hasil dari beban berat yang harus dipikul adalah munculnya pikiran stres. Kamu pasti akan mudah stres jika tidak bisa mengelola masalahmu menjadi sesuatu yang tak cukup membebani.

Langkah tepat dalam mengelola masalahmu itu adalah dengan mengedepankan ketenangan ketika menghadapinya. Pikiran yang stres akan hilang seketika meskipun beban tersebut bertambah kapasitasnya seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 8 Teladan dari Sikap Yoo Jin di KDrama The K2, Mampu Hadapi Masalah! 

4. Kamu akan lebih bijak dalam mengambil keputusan 

Jangan Panik, 5 Alasan Kamu Harus Tenang dalam Meghadapi Masalahunsplash.com/fernando brasil

Tidak ada orang yang tak menginginkan masalahnya bisa cepat terselesaikan. Terkadang maslaah akan cepat selesai jika kamu berani mengambil keputusan dengan tepat dan bijak. Namun keputusan yang diambil tersebut pasti memiliki risiko masing-masing.

Kamu hanya perlu berpikir dengan bijak agar tidak salah dalam melangkah. Selain itu, kamu pasti akan lebih berhati-hati agar masalah tersebut tidak bertambah keruh. Lagi pula, sebuah ketenangan pasti akan mendorongmu untuk bisa menikmati beban yang dipikul.

5. Masalah akan lebih cepat terselesaikan 

Jangan Panik, 5 Alasan Kamu Harus Tenang dalam Meghadapi Masalahunsplash.com/ivana cajina

Terselesaikannya sebuah masalah itu ditandai dengan ditemukannya sebuah win-win solution. Hal itu maksudnya adalah sebuah solusi yang tak merugikan pihak manapun, termasuk dirimu sendiri. Kemunculan win-win solution  tersebut bisa dipantik dengan mengedepankan ketenangan ketika menghadapi masalah.

Masalah pasti akan lebih cepat terselesaikan daripada yang kamu duga. Di dunia ini tak ada yang tidak mungkin jika kamu berusaha untuk menggapainya. Sikap tenang adalah kunci utama dari terciptanya sebuah solusi yang baik dalam penyelesaian permasalahan.

Kepanikan hanya akan menjadi bumerang karena hal tersebut tidak menghasilkan dampak positif dalam penyelesaian masalah. Hadapi semuanya dengan sabar dan tenang karena titik terang pasti akan cepat ditemukan.

Baca Juga: Punya Masalah? Tarik Napas dan Lakukan 5 Hal Sederhana Ini

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya