Comscore Tracker

Sebaiknya Hindari! 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Orang Lain Membencimu

Kamu harus menjaga sikap! #IDNTimesLife

Dalam kehidupan bersosial, kita memang dituntut untuk harus senantiasa berbuat baik antar sesama. Hal itu dilakukan agar hubunganmu dengan orang lain juga tetap berjalan dengan baik. Namun sebagai manusia biasa, kita terkadang tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan.

Kesalahan itu biasanya bisa membuat hubungan sosial menjadi renggang sehingga harus diantisipasi. Ada beberapa kesalahan yang bisa membuat orang lain malah membencimu, lho! Simak pembahasannya berikut ini agar kamu lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan sosial.

1. Sering mengingkari janji dan tidak berusaha memperbaikinya

Sebaiknya Hindari! 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Orang Lain MembencimuIlustrasi bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Percayalah bahwa orang lain pasti akan membenci sikapmu yang tidak bisa menepati janji. Janji merupakan sebuah hal yang menjadi tolak ukur seseorang dalam menilai orang lain. Jika orang tersebut tidak bisa menepati janji, dapat dikatakan bahwa citranya menjadi buruk. Apalagi jika kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya, orang lain akan terus membencimu sampai kapanpun.

2. Mempermalukan orang lain di depan umum

Sebaiknya Hindari! 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Orang Lain MembencimuIlustrasi bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Satu hal yang pantang dilakukan dalam menjalani kehidupan bersosial adalah mempermalukan orang lain di depan umum. Meskipun dia berbuat salah kepadamu, jangan sekali-sekali menghakiminya di depan umum dengan tujuan agar orang lain bisa tahu keburukannya.

Jika hal itu dilakukan, sama saja kamu tidak lebih buruk dari orang tersebut. Selain itu, dia pasti akan membencimu karena harga dirinya sudah kamu renggut dengan perlakuanmu yang sungguh memalukan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Kamu Perbaiki agar Orang Lain Gak Memiliki Trust Issue

3. Terbiasa melakukan playing victim untuk menjaga reputasi

Sebaiknya Hindari! 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Orang Lain Membencimuilustrasi manipulatif (pexels.com/andrea piacquadio)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti tidak akan pernah luput dari yang namanya kesalahan. Dengan adanya hal tersebut, kamu wajib mengakui jika melakukan kesalahan terhadap orang lain. Janganlah kamu malah melakukan playing victim dengan tujuan untuk menjaga reputasi.

Playing victim merupakan sebuah sikap manipulatif yang seolah-olah orang tersebut adalah korban terhadap perlakuan buruknya sendiri. Dia cenderung tidak bisa disalahkan karena tidak ingin dicap buruk orang lain. Jangan sekali-sekali melakukan hal semacam itu, ya!

4. Bersikap kolot dan tidak mau menghargai orang lain

Sebaiknya Hindari! 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Orang Lain MembencimuIlustrasi kolot (pexels.com/sora shimazaki)

Perbedaan pendapat merupakan sebuah hal yang wajar terjadi. Dengan adanya hal tersebut, kamu harus bersikap fleksibel terhadap apapun perbedaan yang ada. Janganlah kamu malah bersikap kolot dan berusaha sekuat tenaga membenarkan pendapatmu.

Kamu pasti akan lupa menghargai orang lain sebab ego yang terlalu tinggi. Dengan melakukan hal itu, percayalah bahwa orang lain pasti akan membencimu.

5. Sering pamer barang baru padahal masih memiliki utang

Sebaiknya Hindari! 5 Kesalahan yang Bisa Membuat Orang Lain MembencimuIlustrasi belanja (pexels,com/andrea piacquadio)

Tidak dapat diganggu gugat bahwa utang merupakan sebuah tanggung jawab yang wajib dibayarkan. Namun terkadang banyak orang yang cenderung menunda dalam membayar utang karena terlalu malas. Ketika memiliki utang, cobalah untuk cepat-cepat membayarnya.

Janganlah kamu membeli sesuatu yang baru dan memamerkannya jika masih memiliki utang. Percayalah bahwa tindakan tersebut sangatlah buruk sebab orang yang kamu utangi akan merasa tidak dihargai.

Dalam menjalani kehidupan sosial, tetaplah menjaga sikap baik agar kamu dihargai orang lain. Sebisa mungkin jangan pernah membuat orang lain tersinggung terhadap ucapan ataupun sikapmu.

Baca Juga: 5 Tanda kalau Kamu Tetangga yang Menyebalkan, Ayo Berubah!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya