Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Mengesampingkan Gengsi dalam Menjalani Hidup

Gak usah gengsian ya!

Dalam menjalani hidup, terkadang seseorang cenderung mengedepankan gengsi. Hal itu dilakukan demi rasa bangga yang tercipta di dalam diri. Namun kamu harus ingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik.

Terkadang kamu perlu mengesampingkan gengsi demi kebahagiaan diri sendiri. Meskipun hal itu susah untuk direalisasikan, mau tidak mau kamu wajib melakukannya. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus melakukan hal itu. Berikut penjelasannya.

1. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sempurna di dunia ini 

5 Alasan Kamu Harus Mengesampingkan Gengsi dalam Menjalani Hiduppexels.com/christina morillo

Jika kamu terbiasa mengedepankan gengsi, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Untuk apa kamu terus-terusan mengedepankan gengsi jika hal tersebut hanya membuat rasa bangga yang bersifat sementara?

Cobalah untuk jalani hidup apa adanya namun tanpa mengesampingkan usaha untuk menjadi yang terbaik. Buanglah kebiasaan mengedepankan gengsi karena hal tersebut hanya akan menjadi bumerang untukmu suatu saat nanti.

2. Terlalu mengedepankan gengsi hanya akan menyiksa diri 

5 Alasan Kamu Harus Mengesampingkan Gengsi dalam Menjalani Hiduppexels.com/freestocks.org

Salah satu konsekuensi yang akan didapat jika terus-terusan mengedepankan gengsi adalah kamu harus berani tersiksa demi kekaguman orang lain terhadapmu. Kamu pasti rela melakukan apa saja demi dipandang baik di mata orang lain.

Ingatlah bahwa setiap orang pasti memiliki batasan kemampuannya masing-masing. Jangan terlalu mengedepankan gengsi karena hal tersebut hanya akan menyiksa diri. Senantiasa bersyukur terhadap apa yang dimiliki itu lebih bijaksana daripada terus-terusan mengagungkan gengsi.

Baca Juga: Girls, Ini 5 Alasan Kamu Gak Perlu Gengsi Menyatakan Cinta Duluan!

3. Kamu dituntut untuk selalu bersikap perfeksionis di kondisi apa pun

5 Alasan Kamu Harus Mengesampingkan Gengsi dalam Menjalani Hiduppexels.com/polina zimmerman

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kamu pasti akan melakukan apapun demi pandangan baik orang lain terhadapmu. Dengan adanya hal tersebut, dapat dikatalan bahwa kamu harus senantiasa bersikap perfeksionis di segala kondisi.

Kamu harus bisa meminimalisir segala sesuatu yang membuat orang lain meremehkanmu itu terjad. Hal tersebut pasti akan menambah beban di dalam pikiranmu karena harus mewujudkan itu semua. Cobalah untuk buang sikap terlalu mengedepankan gengsi demi kebaikan diri.

4. Kamu akan selalu mendewakan omongan orang lain terhadapmu 

5 Alasan Kamu Harus Mengesampingkan Gengsi dalam Menjalani Hiduppexels.com/tirachard kumtanom

Terkadang kamu perlu fokus pada kehidupan diri sendiri daripada pengakuan orang lain. Meskipun hal itu sangatlah manusiawi, namun jika terus-terusan mendewakan pengakuan orang lain juga akan berdampak buruk bagi diri sendiri.

Cobalah untuk berpikir lebih jernih bahwa mengedepankan gengsi adalah satu-satunya cara untuk bahagia. Pikirkanlah tentang dirimu sendiri daripada anggapan baik orang lain terhadapmu. Lagi pula mereka tidak akan tahu seluk beluk dari dirmu yang sebenarnya.

5. Jika diteruskan, sikap overthinking akan menghantui hari-harimu

5 Alasan Kamu Harus Mengesampingkan Gengsi dalam Menjalani Hiduppexels.com/min an

Salah satu dampak yang cukup buruk jika terus-terusan mengedepankan gengsi adalah kamu akan senantiasa overthinking dalam menjalani hari. Sepanjang hari kamu akan terus memikirkan bagaimana cara untuk membuat orang lain terkesima terhadapmu.

Semua cara pasti akan dilakukan meskipun itu bisa menyiksa diri. Kamu harus membuang kebiasaan tersebut karena hanya akan membuat makan hati. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk menjalani hidup apa adanya dengan tidak mendewakan pujian orang lain terhadapmu.

Itulah kelima alasan mengapa kamu harus senantiasa mengesampingkan gengsi dalam menjalani hidup. Yakin nih masih mau mengedepankan gengsi lagi?

Baca Juga: 7 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Waktu Singkat 

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya