Comscore Tracker

5 Cara Mengingatkan Sahabat Lupa 'Daratan' ketika Sukses

Ingatkan dia agar tidak terlalu sombong

Sahabat merupakan sosok yang harus dijaga agar ia dijauhkan dari berbagai macam keburukan. Salah satu keburukan yang sering muncul adalah sikap sombong ketika ia sudah sukses. Ia merasa bahwa dirinya sudah berada di level tertinggi.

Pola pikir semacam itu padahal bisa membunuhnya secara perlahan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyadarkan sahabat yang lupa 'daratan' karena sukses. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Cobalah untuk mengajaknya nongkrong di tempat-tempat favorit kalian

5 Cara Mengingatkan Sahabat Lupa 'Daratan' ketika Suksesilustrasi mengobrol (pexels.com/Sam Lion)

Pertama, kamu bisa mengajaknya nongkrong di tempat-tempat favorit kalian. Hal seperti ini bisa membangkitkan rasa nostalgia dan memberitahunya di mana ia berasal. Kamu juga bisa mengatakan perihal kenangan-kenangan manis bersama teman-teman di masa lalu.

Lambat laun ia pasti akan tersadar bahwa dirinya terlalu jauh dalam melangkah. Jika berhasil, ia nantinya pasti bakal tersadar akan kesombongan yang terus-terus diutarakan demi mendapatkan sebuah pengakuan.

2. Sebagai sahabat yang baik, kamu bisa langsung to the point dalam menasihatinya

5 Cara Mengingatkan Sahabat Lupa 'Daratan' ketika Suksesilustrasi mengobrol (pexels.com/SHVETS production)

Biasanya, seorang sahabat pasti bakal ceplas-ceplos dalam mengungkapkan sesuatu. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai sarana menyadarkannya. Jangan ragu untuk mengatakan secara to the point perihal keresahanmu.

Emosi yang kamu utarakan pastinya bakal membuatnya berpikir atas kesalahannya. Lagipula, itu demi kebaikannya agar tidak mudah terhasut oleh hal-hal buruk seperti itu. Percayalah bahwa ia nantinya bakal mempertimbangkan hal tersebut.

3. Cobalah meminta tolong kepada orang-orang yang lebih dekat dengannya

5 Cara Mengingatkan Sahabat Lupa 'Daratan' ketika Suksesilustrasi jabat tangan (pexels.com/George Milton)

Meskipun kalian sudah bersahabat, pasti ada seseorang yang lebih dekat dengannya. Orang semacam itu biasanya punya omongan yang kuat sehingga dapat mempengaruhinya. Cobalah untuk meminta tolong orang tersebut dengan tujuan untuk menyadarkannya.

Keluhkan perihal keresahanmu terlebih dahulu terhadap sahabatmu. Nantinya, ia pasti bakal berusaha membantumu sekuat tenaganya. Setelah itu, kamu bisa mendukungnya dari belakang. 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Tahu Kelemahan Diri, Terhindar dari Sombong

4. Jangan pernah menyindirnya melalui media sosial

5 Cara Mengingatkan Sahabat Lupa 'Daratan' ketika Suksesilustrasi media sosial (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu berpikir untuk menyindir sahabatmu melalui media sosial? Jika iya, cobalah berhenti mulai dari sekarang. Percayalah bahwa hal semacam itu malah akan membuat keadaan menjadi semakin memburuk.

Ia pasti akan merasa risih terhadapmu atas perlakuan seperti itu. Hal tersebut sama saja kamu tengah mempermalukannya di hadapan umum. Langkah tersebut wajib dihindari sebab kamu masih harus tetap menjaga nama baiknya.

5. Ketika sedang mengobrol, katakan kepadanya bahwa di atas langit masih ada langit

5 Cara Mengingatkan Sahabat Lupa 'Daratan' ketika Suksesilustrasi mengobrol (pexels.com/Nicole Michalou)

Terakhir, kamu bisa mengatakan kepadanya bahwa di atas langit masih ada langit. Artinya, setiap orang yang sudah meraih kesuksesan itu gak boleh sombong sebab yang lebih darinya itu banyak. Lagipula, bersikap sombong malah akan membuatnya jatuh ke lubang keburukan.

Sebagai sahabat yang baik, kamu pasti berniat untuk menolongnya agar terlepas dari belenggu itu. Oleh karena itu, ketika di hadapkan kepada sebuah kesempatan untuk mengobrol dengannya, cobalah untuk menasihatinya dengan kata-kata yang to the point dan sesuai dengan realita agar dirinya menjadi sadar.

Gak perlu bingung dalam menghadapi sosok sahabat yang 'lupa daratan'. Coba praktikkan kelima hal di atas agar sahabatmu bisa berpikir untuk mempertimbangkan sikapnya, ya. Namun jangan lupa, menasehati bukan berarti kamu marah dan tak suka padanya, ya.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Sikap Sombong saat Raih Keberhasilan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya