Comscore Tracker

5 Permasalahan yang Pasti Dihadapi Saat Kamu Mulai Beranjak Dewasa

Kuatkan mental mumpung masih mudah!

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang pasti alan merasakan masa-masa dewasa. Namun pada dasarnya kedewasaan itu bukan hanya dilihat dari faktor usia, melainkan berdasarkan pola pikir. Pola pikir dewasa itu bisa terbentuk dari pengalaman-pengalaman dalam menghadapi permasalahan hidup.

Biasanya permasalahan hidup orang yang sudah dewasa itu cenderung rumit dan dapat membuat stres. Ada beberapa permasalahan yang harus dihadapi dengan sungguh-sungguh oleh orang dewasa. Simak, yuk!

1. Mengalahkan ego sendiri demi kepentingan bersama

5 Permasalahan yang Pasti Dihadapi Saat Kamu Mulai Beranjak DewasaIlustrasi dewasa (pexels.com/burst)

Ketika sudah dewasa nanti, kamu pasti akan dihadapkan pada sebuah dilema terkait mempertahankan ego. Orang yang sudah dewasa itu sejatinya wanib mengesampingkan ego demi kepentingan bersama. Namun hal tersebut sangat susah dilakukan karena di masa remaja, kita cenderung mempertahankan ego. Kamu perlu bersikap bijaksana dalam menghadapi semua situasi yang ada.

2. Mencari pekerjaan yang tidak kunjung ketemu

5 Permasalahan yang Pasti Dihadapi Saat Kamu Mulai Beranjak DewasaIlustrasi mencari pekerjaan (pexels.com/anna shvets)

Ketika sudah dewasa, kamu pasti akan disibukkan dengan yang namanya mencari pekerjaan. Pekerjaan merupakan sebuah hal yang dapat membuatmu tetap bertahan hidup. Meskipun bermodalkan ijazah sarjana, mencari pekerjaan tetaplah sesuatu yang sulit.

Kamu harus bisa tetap bersabar dan terus meningkatkan kualitas diri agar dapat meraih pekerjaan. Semua hal itu tentunya akan membuat diri menjadi stres sehingga kamu wajib bersikap tenang dalam menghadapinya.

Baca Juga: 6 Prioritas Hidup Pria Dewasa, Cewek Wajib Tahu Nih!

3. Bingung perihal karier yang tidak kunjung naik

5 Permasalahan yang Pasti Dihadapi Saat Kamu Mulai Beranjak DewasaIlustrasi stres (pexels.com/cottonbro)

Jika sudah mendapatkan pekerjaan, kamu pasti akan dibingungkan perihal jenjang karier. Kamu pasti menginginkan karier yang tinggi sehingga bisa menunjang kehidupanmu. Dengan adanya hal tersebut, kamu mendedikasikan diri untuk secara totalitas bekerja di sana agar mendapat pengakuan.

Namun perjuanganmu itu tidak digubris oleh atasan sehingga kariermu stuck di titik itu saja. Permasalahan semacam itu tentunya harus kamu hadapi dengan bijaksana. Hanya kamulah yang pegang kendali keputusan terkait akan lanjut bekerja di sana atau tidak demi kebaikan diri.

4. Dilema antara melanjutkan pendidikan atau membangun keluarga

5 Permasalahan yang Pasti Dihadapi Saat Kamu Mulai Beranjak DewasaIlustrasi lulus (pexels.com/feedyourvision)

Ketika lulus sekolah ataupun kuliah, tidak sedikit orang yang dilema untuk menikah ataupun melanjutkan pendidikan. Hal semacam itu sebenarnya lumrah terjadi di luar sana. Yang harus kamu lakukan ketika menghadapi hal semacam itu adalah menganalisisnya terlebih dahulu. Kamu perlu melihat dampak apa saja yang terjadi jika mengambil salah satu pilihan.

5. Mengatur pola keuangan yang harus dibagi rata

5 Permasalahan yang Pasti Dihadapi Saat Kamu Mulai Beranjak DewasaIlustrasi keuangan (pexels.com/karolina grabowska)

Jika sudah memiliki keluarga, kamu wajib mengesampingkan kepentingan pribadi. Apalagi perihal finansial, kamu wajib belajar mengenai pengelolaannya agar keluargamu bisa tetap hidup. Apalagi dengan gaji yang pas-pasan, pengelolaan finansial adalah hal vital sebab kebahagiaan keluargamu bersumber dari sana.

Sebelum menghadapi permasalahan semacam itu, cobalah untuk belajar seluk beluk pengelolaan uang selagi masih muda. Biasanya diri untuk tidak bersikap boros agar kamu memiliki habit yang mendukung kehidupanmu di masa mendatang.

 

Menjadi manusia dewasa adalah hal yang sangat sulit. Semua permasalahan yang berat harus dihadapi secara bersamaan agar hidupmu tetap teratur.

Baca Juga: Makin Dewasa, Kamu akan Semakin Menyadari 5 Kenyataan Hidup Ini

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya