Comscore Tracker

5 Sikap Ini Harus Dilatih agar Bisa Jadi Pemimpin yang Baik

Apakah kamu sudah bisa menjadi pemimpin yang baik?

Menjadi seorang pemimpin yang baik bukanlah hal mudah. Terkadang seorang pemimpin itu harus bisa menjadi penengah ketika para anggotanya sedang berkonflik. Seorang pemimpin itu memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap apapun keputusan.

Dengan adanya hal tersebut, seorang pemimpin harus siap menerima apapun risiko entah itu baik maupun buruk. Ada beberapa sikap yang wajib kamu latih agar kamu bisa menjadi seorang good leader. Untuk penjelasan mengenai hal tersebut, simak pembahasan ini, ya!

1. Sikap empati terhadap anggota-anggotanya

5 Sikap Ini Harus Dilatih agar Bisa Jadi Pemimpin yang BaikIlustrasi kerja sama tim (pexels.com/moose photos)

Seorang pemimpin yang baik itu harus bisa bersikap empati terhadap anggotanya. Ketika anggota merasa kesusahan dalam mengerjakan tanggung jawabnya, seorang pemimpin harus siap membantunya agar tugas tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Janganlah kamu malah bersikap cuek sebab kurangnya rasa empati kepada anggota. Seorang pemimpin itu harus paham apa saja yang dirasakan anggotanya dalam menjalani tugas.

2. Sikap bijaksana dalam mengambil keputusan

5 Sikap Ini Harus Dilatih agar Bisa Jadi Pemimpin yang BaikIlustrasi kerja sama tim (pexels.com/rebrand cities)

Salah satu peran pemimpin yang sangat vital adalah sebagai pengambil keputusan. Setiap pilihan keputusan yang datang itu senuanya ditentukan oleh pemimpin. Maka dari itu, seorang pemimpin wajib mempertimbangkan berbagai macam dampak yang akan terjadu jika keputusan tersebut diambil.

Kamu bisa menganalisis terlebih dahulu keputusan yang akan diambil agar bisa mengetahui mana sih paling baik. Hal itu akan menjadikanmu seorang pemimpin karena kamu tidak menginginkan hal buruk terjadi hanya karena keputusan yang diambil.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Belum Bisa Menjadi Seorang Pemimpin dalam Pergaulanmu

3. Sikap visioner terhadap apapun hal

5 Sikap Ini Harus Dilatih agar Bisa Jadi Pemimpin yang BaikIlustrasi rapat (pexels.com/mikael blomkvist)

Seorang pemimpin juga harus bersikap visioner agar goals yang ingin dicapai tidak berakhir sia-sia. Perhitungan yang cukup matang terhadap sebuah keputusan merupakan hal vital. Hal itu dilakukan agar kamu bisa menentukan bagaimana langkah selanjutnya setelah satu tanggung jawab terpenuhi.

Bersikap visioner itu memang bukanlah sesuatu yang mudah karena kamu wajib melatihnya. Jika kamu sudah biasa memprediksikan sesuatu secara matang, dapat dikatakan bahwa sikap visioner sudah melekat di dalam pikiranmu.

4. Sikap bisa menengahi berbagai macam masalah yang terjadi

5 Sikap Ini Harus Dilatih agar Bisa Jadi Pemimpin yang BaikIlustrasi rapat (pexels.com/RF._.Studio)

Dalam sebuah tim, permasalahan internal pasti akan mudah terjadi. Entah itu permasalahan bersumber dari hal pribadi maupun ada hubungannya dengan tanggung jawab, semuanya bisa memicu sebuah perpecahan.

Agar hal buruk tidak terjadi, pemimpin memiliki peran yang cukup penting untuk pemecahan sebuah masalah. Maka dari itu, kamu wajib banget memiliki kemampuan problem solver yang baik agar timmu bisa tetap utuh.

5. Sikap tegas terhadap hal-hal buruk yang terjadi

5 Sikap Ini Harus Dilatih agar Bisa Jadi Pemimpin yang BaikIlustrasi rapat (pexels.com/cottonbro)

Dalam meraih sebuah goals, kamu nanti pasti akan menghadapi berbagai macam gejolak. Hal tersebut tentunya merupakan salah satu sesuatu yang wajib diantisipasi agar semua goals-mu tidak malah berakhir sia-sia. Salah satu cara untuk menghadapinya adalah dengan berani bersikap tegas terhadap apapun yang terjadi.

Sikap tegas itu meliputi pengambilan keputusan jika ada sesuatu yang mendorongmu ke dalam jurang kegagalan. Hal itu memang tidak mudah dilakukan namun seorang pemimpin yang baik memang harus bisa bersikap tegas.

 

Menjadi pemimpin yang baik memang bukan hal gampang. Namun, kamu wajib banget melatihnya agar jika ada permasalahan dalam tim, semuanya bisa dikendalikan sebab kebijaksanaanmu sebagai pemimpin.

Baca Juga: 5 Tips Berkembang jadi Seorang Pemimpin Bijaksana

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya