Comscore Tracker

5 Tips Mudah Menghemat Budget saat Menimba Ilmu di Perantauan

Mahasiswa perantauan wajib tahu!

Untuk mendapatkan gelar sarjana, terkadang seseorang akan rela menimba ilmu hingga pergi ke kota orang. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk memuluskan jalan hidup ke depannya. Dalam melakukan hal tersebut, pasti ada tantangan tersendiri agar kamu bisa bertahan hidup.

Biasanya, hal tersebut berhubungan dengan pola pengelolaan uang yang paten dan konsisten. Apakah kamu sudah bisa memanajemen uang dengan baik saat sedang merantau? Ada beberapa cara yang bisa membantumu agar lebih menghemat budget saat berada di perantauan. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Cobalah untuk makan di tempat-tempat yang nasinya ambil sendiri

5 Tips Mudah Menghemat Budget saat Menimba Ilmu di Perantauanilustrasi makanan (pexels.com/Dayvison de Oliveira Silva)

Biar lebih hemat, cobalah untuk makan di tempat makan yang nasinya ambil sendiri. Biasanya, tempat makan seperti ini menawarkan harga yang relatif miring untuk satu porsi. Hal tersebut bisa banget menekan pengeluaranmu saat berada di perantauan.

Cobalah untuk mencari tempat makan seperti ini di daerah sekitar kampus. Setelah menemukannya, cobalah untuk ambil lauk yang sewajarnya saja. Jangan ambil ayam ataupun rendang yang notabene harganya bisa dibilang mahal.

2. Kurangi kebiasaan nugas di kafe-kafe mahal

5 Tips Mudah Menghemat Budget saat Menimba Ilmu di Perantauanilustrasi mengerjakan tugas (pexels.com/Ivan Samkov)

Banyak mahasiswa yang suka mengerjakan tugas di kafe-kafe mahal. Selain internetnya yang cukup kilat, kafe semacam itu biasanya juga menawarkan tempat cukup cozy. Alhasil, mereka pun memilih tempat tersebut agar bisa lebih fokus dalam merampungkan tugas.

Namun, jika kamu adalah anak rantau, jangan pernah melakukan hal tersebut terlalu sering. Bisa saja uangmu habis untuk pergi ke kafe daripada makan. Apalagi harga satu gelas minuman di kafe itu biasanya setara dengan 2 porsi nasi, kamu harus memikirkan ulang sebelum pergi ke sana.

Baca Juga: 5 Kiat Hidup dengan Finansial Stabil, Mesti Bijak Atur Uang!

3. Carilah pekerjaan freelance yang bisa menambah uang sakumu

5 Tips Mudah Menghemat Budget saat Menimba Ilmu di Perantauanilustrasi penulis (pexels.com/Judit Peter)

Selain menekan arus pengeluaran, kamu juga bisa mengakalinya dengan mencari pemasukan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan mencari pekerjaan freelance yang bisa disambi kuliah. Kamu hanya perlu menggunakan skill-mu yang bisa diuangkan.

Ada banyak pekerjaan freelance yang sering dicari seperti desain grafis, penulis lepas, ataupun editor video. Kamu hanya perlu meningkatkan kemampuanmu terlebih dahulu agar bisa bersaing dengan berbagai freelancer di luar sana. Dengan begitu, kondisi keuanganmu pasti akan tetap aman.

4. Cobalah untuk mengontrak rumah dengan orang-orang yang kamu percayai

5 Tips Mudah Menghemat Budget saat Menimba Ilmu di Perantauanilustrasi pertemanan (pexels.com/Clem Onojeghuo)

Agar budget-mu bisa ditekan, coba deh untuk mengontrak rumah bareng dengan rekan-rekan. Biasanya, mengontrak rumah itu akan lebih hemat jika dibandingkan dengan ngekos. Segala bentuk pengeluaran bulanan pasti akan dibayar secara patungan sehingga lebih hemat.

Selain itu, sebuah harga kontrakan rumah itu cenderung lebih murah jika dihitung total. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan dapur yang bisa membantumu untuk menekan pengeluaran jika tak ingin makan kudapan mahal di luar.

5. Ketika ada kegiatan di kampus, jangan ragu untuk mengikutinya

5 Tips Mudah Menghemat Budget saat Menimba Ilmu di Perantauanilustrasi seminar (pexels.com/ICSA)

Saat kuliah di perantauan, kamu wajib memanfaatkan apapun kegiatan yang ada di kampus. Biasanya, kamu pasti akan mendapati banyak program kepanitiaan, organisasi, ataupun seminar. Hal tersebut akan sangat menguntungkanmu jika kamu bisa mengambil peluang.

Contohnya adalah ketika ada seminar, di akhir acara nanti pasti ada konsumsi yang bakal didapatkan oleh para peserta. Kamu akan mendapatkan satu nasi kotak yang bisa menggantikan jatah makanmu. Maka dari itu, coba deh untuk manfaatkan peluang sedemikian rupa sebab akan membantumu banget.

Dari kelima hal di atas, apakah kamu sudah melakukan salah satunya? Menghemat budget ketika berada di perantauan memang agak tricky. Intinya, kamu harus bisa memanfaatkan peluang yang ada agar uangmu cukup terus untuk makan.

Baca Juga: Tips Cerdas Atur Keuangan Tetap Sehat di Kondisi Krisis

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya