Comscore Tracker

Sering Mager Mendadak? Mungkin Kamu Terhambat Mental Barrier!

Jangan malas-malasan

Kamu sudah bertekad dan merencanakan hal-hal produktif untuk menjadi diri yang lebih baik, namun ternyata usaha-mu sia-sia karena entah mengapa tiba-tiba menjadi malas bergerak alias mager dan tidak ada motivasi? Kalau iya, kemungkinan besar kamu terhambat oleh yang namanya mental barrier atau hambatan mental.

Melepaskan diri dari hambatan mental ini tidak selalu mudah jika belum terbiasa keluar dari zona nyaman. Nah, berikut lima langkah menghilangkannya dan menjadi lebih produktif!

1. Jangan hanya rencanakan, tapi tanam di pikiran bahwa kamu telah menjadi pribadi yang lebih baik!

Sering Mager Mendadak? Mungkin Kamu Terhambat Mental Barrier!Photo by bruce mars from Pexels

Pejamkan matamu selama lima menit. Bayangkan versi potensi kamu yang terbaik hingga kamu benar-benar "mengenali" bahwa itu adalah kamu. Selalu percaya pada intuisi dan niat baik kamu untuk menjadi yang lebih baik.

2. Tulis kembali tiga tujuan atau resolusi yang ingin kamu capai!

Sering Mager Mendadak? Mungkin Kamu Terhambat Mental Barrier!Unsplash/BENCE BOROS

Ambil secarik kertas, lalu tuliskan semua tujuan atau resolusi yang ada di benak Anda. Lalu, dari semua tujuan, coret hingga tersisa tiga tujuan yang paling penting yang ingin Anda raih. Ingat, kemampuan fokus manusia terbatas, jadi fokus pada sedikit tujuan terlebih dahulu.

3. Lakukan hal yang menantang keberanianmu

Sering Mager Mendadak? Mungkin Kamu Terhambat Mental Barrier!Photo by Guy Kawasaki from Pexels

Takut ketinggian? Coba pergi naik gedung tinggi. Takut air? Coba latihan berselancar. Intinya, tubuh kita juga perlu adrenalin. Dengan kadar adrenalin yang cukup, kita bisa merasa cuku PD terhadap diri kita dan menembus hambatan mental.

Baca Juga: 9 Godaan di Pagi Hari yang Bikin Mager, Lawan Mulai dari Sekarang!

4. Masuk komunitas produktif

Sering Mager Mendadak? Mungkin Kamu Terhambat Mental Barrier!Photo by rawpixel.com from Pexels

Jadikan lingkunganmu positif dan produktif! Masuk komunitas minat bakat atau profesi yang dapat mendorong kamu untuk lebih bersemangat. Ingat, pikiran bawah sadar kamu banyak dipengaruhi lingkungan, terutama apa yang kamu lihat.

5. Lakukan hal berbeda!

Sering Mager Mendadak? Mungkin Kamu Terhambat Mental Barrier!Unsplash/Nicolas Picard

Yang terakhir, lakukan hal yang berbeda, yang benar-benar 'gak kamu banget'! Lakukan hal yang bisa membuat kenalan atau temanmu terkejut! Tanamkan di pikiran kamu bahwa kamu bisa berubah sesuai apa yang kamu inginkan.

Nah, itu dia lima cara untuk sembuh dari mager mendadak! Kalau saran saya sih, jangan hanya dibaca, tapi langsung dilakukan juga sekarang. Yuk berubah jadi lebih produktif!

Baca Juga: 7 Tips Menjadi Pribadi Produktif dan Efektif, Simpel Banget!

Terry Djony Photo Community Writer Terry Djony

Founder at Chatbiz.id. Instagram: @terrydjony Engineering Physics ITB Undergraduate

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You