Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Takut Mengakui Kesalahan, Jujur Saja!

Jangan gengsi mengakuinya

Setiap orang pasti tidak akan luput dari kesalahan. Namun sayangnya sebagian orang sudah takut dahulu untuk mengatakan secara jujur apa kesalahannya. Alih-alih berkata jujur, berbohong dan menyembunyikannya justru lebih sering dilakukan. Kesalahan seringkali ditutup-tutupi karena merasa sebagai aib dan takut dinilai gagal oleh orang lain.

Dalam kondisi apa pun, kesalahan memang tidak bisa dibenarkan. Perlu untuk terus mengintropeksi agar tidak terjadi lagi dilain waktu. Namun bukan berarti kesalahan perlu ditutup-tutupi. Karena kebohongan apa pun pada akhirnya akan terungkap. Daripada terus berpura-pura atau berbohong kepada diri sendiri, 5 alasan berikut menjelaskan kenapa lebih penting untuk mengaku bersalah.

1. Menyembunyikannya membuatmu cemas setiap waktu

5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Takut Mengakui Kesalahan, Jujur Saja!Pexels/Andrea Piacquadio

Menutup-nutupi kesalahan justru membuatmu merasa was-was. Kamu takut akan ketahuan dan dinilai sebagai seseorang yang tidak jujur. Rasa cemas tersebut tidak akan cepat hilang. Secara tidak langsung kamu sudah menipu dirimu sendiri dan orang lain. Karena itu seseorang yang berbohong akan cemas setiap waktu serta merasa diawasi setiap orang. Alih-alih berbohong, berkata jujur justru membuatmu lebih tenang. Mengakui kesalahan memang tidak mudah, namun setelahnya kamu tidak akan dicemaskan dengan apa pun.

2. Kebohongan yang satu akan membawa kebohongan lainnya

5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Takut Mengakui Kesalahan, Jujur Saja!Pexels/LinkedIn Sales Navigator

Jika kamu berbohong karena sebuah kesalahan, bisa jadi kamu akan memunculkan kebohongan lainnya. Ketika kamu berbohong, satu-satunya cara agar orang percaya adalah menambahkan cerita bohong lainnya dan menyembunyikan kebenarannya. Dari sini kebohonganmu tidak akan pernah terputus. Namun jika kamu ketahuan, orang lain menjadi tahu bahwa selama ini kamu telah berbohong tentang banyak hal. Pastinya kamu akan tahu konsekuensinya bukan?

Kebohongan seringkali memberi dampak dalam jangka pendek. Padahal jika kamu mau lebih berani mengakui kesalahan, hal tersebut justru membuatmu lebih aman. Mungkin kamu akan mendapat teguran di awal, namun untuk jangka panjang hal tersebut lebih baik karena tidak ada lagi yang perlu dibuat-buat. Berani jujur justru memberimu banyak pelajaran.

3. Orang lain justru mengapresiasi kejujuranmu

5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Takut Mengakui Kesalahan, Jujur Saja!Pexels/fauxels

Berani berkata jujur dan mengakui kesalahan tidaklah mudah. Seringkali orang lain akan salut dengan kejujuranmu. Tidak jarang seseorang yang berani mengakui kesalahan bukannya terkena sanksi malah akan diapresiasi. Kejujuran yang dilakukan satu orang bisa memberikan efek sosial yang banyak bagi orang lain di sekitarmu. Di lain waktu orang lain akan lebih terbuka dengan kesalahannya dan tidak takut untuk mengakuinya. Karena pada dasarnya setiap kesalahan bisa diperbaiki.

Baca Juga: 7 Alasan Kejujuran dan Penerimaan Bikin Hubungan Awet

4. Menjadi tahu letak kesalahan dan berhati-hati lagi melakukannya

5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Takut Mengakui Kesalahan, Jujur Saja!Pexels/fauxels

Menyembunyikan kesalahan membuat ketrampilanmu tidak berkembang. Terkadang orang lain akan memberikan kritik dan saran agar dirimu tidak mengulang kesalahan lagi. Nah, dengan inilah kamu bisa melakukannya lebih baik.

Namun sebagian orang takut dicap salah karena masih memiliki mindset bahwa kesalahan adalah sebuah aib. Tidak ada seseorang yang berhasil tanpa melalui kesalahan, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Hanya saja bagaimana seseorang merespon kesalahan tersebut yang membedakan satu dengan lainnya. Mengakui kesalahan tidak seburuk yang kamu bayangkan.

5. Tidak takut mencoba banyak hal baru lainnya

5 Alasan Kenapa Kamu Tak Perlu Takut Mengakui Kesalahan, Jujur Saja!Pexels/Andrea Piacquadio

Berani mengakui kesalahan bisa membuatmu terbuka terhadap banyak hal. Kamu bisa mencoba banyak keterampilan tanpa takut melakukan kesalahan. Menyembunyikan kesalahan justru penyebab seseorang sulit menguasai suatu keahlian. Sudah sewajarnya kesalahan perlu dievaluasi dan dicari kekurangannya, bukannya ditutup-tutupi hanya agar orang lain tidak tahu. Kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut, ada banyak kesempatan yang bisa kamu gali lebih dalam. Seringkali kesalahan di awal mempelajari sebuah keterampilan sangatlah umum bagi pemula.

Mengaku bersalah memang tidak mudah. Memerlukan keberanian dan kejujuran untuk mengatakannya. Namun ketika hal tersebut kamu lakukan, ketenangan akan kamu rasakan. Setidaknya kamu telah jujur kepada dirimu sendiri dan menyebarkan kebaikan bagi orang lain.

Baca Juga: Ternyata, Secara Ilmiah Kadang Kejujuran Bukan Hal yang Paling Baik

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya