Comscore Tracker

5 Cara Mudah Memulai Kebiasaan Baru Agar Hidupmu Lebih Terarah 

Asalkan konsisten semua akan terasa mudah 

Terkadang memulai kebiasaan baru tidaklah semudah seperti yang kita bayangkan. Mungkin saat awal akan terasa ringan, namun untuk konsisten melakukannya perlu usaha yang ekstra. Seringkali kebiasaan baru terputus di tengah jalan karena terlanjur merasa bosan, dan tidak lagi bersemangat.

Untuk mengatasinya terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kebiasaan baru tersebut menjadi rutinitas yang lebih terarah. Berikut ini terdapat lima cara mudah yang bisa kamu terapkan saat memulai kebiasaan baru. Semakin lama kebiasaan baru tersebut akan memberi perubahan yang besar dalam hidupmu.

1. Membangun kesadaran dan mengubah pola pikir 

5 Cara Mudah Memulai Kebiasaan Baru Agar Hidupmu Lebih Terarah Pexels.com/Sam Lion

Tidak bisa dimungkiri jika membangun kebiasaan baru juga membuatmu harus mengubah pola pikir lama. Kamu harus mengetahui letak dan permasalahan yang akan kamu hadapi. Terutama menyadari kelemahan dan kebiasaan buruk dalam dirimu, sehingga bisa menentukan langkah yang harus kamu ambil.

Pada tahap awal kamu harus merencanakan dengan serius dan siap menghadapi ketidaknyamanan yang akan kamu rasakan. Mungkin akan terasa sulit, namun dengan memiliki niat yang kuat, tidak ada yang tidak bisa kamu ubah. Semua perubahan dimulai dengan membuat pilihan.

2. Buatlah perubahan kecil secara konsisten 

5 Cara Mudah Memulai Kebiasaan Baru Agar Hidupmu Lebih Terarah Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ibarat sebuah perjalanan yang dimulai dengan satu langkah pertama, membuat kebiasaan baru juga dimulai dari hal-hal kecil. Semakin lama tindakan kecil tersebut akan menjadi kebiasaan dan memberikan perubahan yang besar, asalkan dilakukan dengan disiplin dan konsisten.

Terkadang kita tidak perlu menarget dengan hasil yang besar. Keberhasilan-keberhasilan kecil bisa menjadi sangat penting dan berpengaruh ketika di awal. Selain itu memulai dengan perubahan kecil juga membuat kita lebih terbiasa daripada perubahan besar secara mendadak. Selangkah demi selangkah kamu akan merasakan perubahan tersebut.

Baca Juga: 5 Tren Hobi dan Kebiasaan Baru di Era New Normal

3. Miliki jadwal dan rencana yang spesifik 

5 Cara Mudah Memulai Kebiasaan Baru Agar Hidupmu Lebih Terarah Pexels.com/Ivan Samkov

Terkadang gagalnya sebuah kebiasaan baru bisa disebabkan karena kurangnya perhatian dan rencana yang harus kamu kerjakan. Semisal kamu ingin membentuk kebiasaan baru dengan berolahraga secara teratur. Namun ternyata kamu tidak menetapkan rencana yang konsisten tentang kapan, dan bagaimana kamu melakukannya.

Yang seharusnya kamu lakukan adalah memiliki rencana yang lebih detail dan realistis. Sebagai contoh kamu akan melakukan lari setiap pagi jam 6 selama 15 menit. Rencana yang spesifik tersebut bisa membuatmu memberikan perhatian penuh kepada kebiasaan baru.

4. Mengapresiasi atas pencapaian yang sudah kamu dapatkan

5 Cara Mudah Memulai Kebiasaan Baru Agar Hidupmu Lebih Terarah Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kamu mulai rutin melakukan kebiasaan barumu, pasti akan terjadi perbedaan yang kamu rasakan dari sebelumnya. Jika kamu mengalaminya cobalah untuk mengapresiasi hal-hal kecil yang kamu dapatkan dari perubahan tersebut.

Tujuannya adalah mengingat bahwa apa yang kamu lakukan tidak cuma-cuma. Buktinya kamu sudah merasakan perubahan secara nyata dari proses yang selama ini kamu jalani. Hal ini bisa membuatmu lebih semangat dan membentuk kebiasaan baru dalam hidupmu. Kamu juga akan lebih tertantang untuk meningkatkan target yang harus kamu capai.

5. Mempertahankan motivasi yang kuat seperti saat pertama kali melakukannya 

5 Cara Mudah Memulai Kebiasaan Baru Agar Hidupmu Lebih Terarah Pexels.com/nappy

Kebiasaan baru seringkali membuat kita cepat jenuh dan merasa bosan. Seakan apa yang kita lakukan merupakan kewajiban dan membuat kita merasa tertekan. Karena itu sangat penting untuk menumbuhkan kembali motivasi seperti saat pertama melakukannya.

Cobalah mengingat alasan mengapa kamu ingin sekali memulai kebiasaan baru. Mungkin kamu ingin menghilangkan penyakit dalam tubuhmu lantas mulai rutin berolahraga. Atau ingin lebih giat belajar karena benci dianggap bodoh.

Motivasi dalam melakukan perubahan harus terus kamu perbarui agar target yang harus kamu capai tidak terlupakan. Terkadang cara tersebut bisa menepis rasa putus asa yang sewaktu-waktu kamu rasakan.

Memang tidak mudah untuk menciptakan kebiasaan baru terutama sesuatu yang belum pernah kamu coba lakukan. Namun setiap orang selalu memiliki pilihan untuk mengerjakan dengan konsisten atau tidak. Jika seseorang memiliki niat yang besar untuk berubah maka mereka akan melakukan berbagai cara untuk meraihnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Menghakimi Ini Perlu Dihindari saat Mendidik Anak 

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya