Comscore Tracker

5 Prinsip Ini yang Membuat Kesibukanmu Produktif, Gak Sia-sia!

Sibuk itu belum tentu produktif, lho

Setiap orang pasti memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Orang-orang sibuk sering mencap dirinya produktif, namun apakah benar seperti itu? Karena tidak jarang meski dengan rutinitas yang melelahkan, kesibukan tidak membawa hasil/perubahan yang cukup signifikan. Justru yang kita peroleh hanya lelah dan kecewa.

Melakukan banyak kesibukan justru membuatmu tidak bisa fokus. Orang sibuk juga sering merasa tidak ada waktu luang, sehingga banyak yang dikorbankan untuk meraih tujuannya, terutama terkait hubungan. Jadi, sibuk belum tentu produktif, ya guys.

Jangan terlalu senang menjadi orang yang paling sibuk karena hal ini juga bisa berdampak pada kesehatan mental. Banyaknya tekanan dari luar membuatmu tidak bisa mengendalikan waktu, tenaga dan pikiranmu sendiri. Hal ini yang bisa mengakibatkan seseorang melakukan pekerjaan yang salah.

Bukannya produktivitas meningkat malah banyak tugas yang tertunda. Merasa mengalami permasalahan tersebut? Coba perhatikan 5 prinsip berikut ini.

1. Bukan soal kuantitas namun soal kualitas

5 Prinsip Ini yang Membuat Kesibukanmu Produktif, Gak Sia-sia!Pexels/ELEVATE

Bukan seberapa banyak yang kamu selesaikan tetapi seberapa baik kamu menyelesaikannya. Jadi, bukanlah kuantitas namun kualitas yang akan mempengaruhi produktivitas. Fokus pada kualitas membuat kita tidak membuang-buang waktu yang tidak berguna.

Mendapatkan kualitas yang baik mengharuskan untuk melakukan evaluasi dan latihan terus menerus. Tindakan inilah yang membedakan antara seseorang yang fokus mengejar kuantitas daripada kualitas. Coba cek ulang apakah kamu mengincar kuantitas atau kualitas?

2. Fokus saja pada apa yang penting, buatlah skala prioritas

5 Prinsip Ini yang Membuat Kesibukanmu Produktif, Gak Sia-sia!Pexels/Moose Photos

Orang yang sibuk terkesan sebagai seseorang yang melakukan banyak hal. Padahal fokus kepada suatu tujuan lebih penting. Melakukan banyak hal tanpa fokus hanya akan percuma. Bukan saja hasilnya tidak maksimal namun akan mengeluarkan banyak tenaga dan waktu.

Untuk itu, buatlah skala prioritas apa yang harus segera ditangani, mana yang penting, dan mana yang tidak terlalu penting. Setiap kegiatan tidak harus kita terima karena akan mempengaruhi kegiatan lainnya. Fokus pada satu tujuan sering dilupakan oleh seseorang yang sibuk.

Baca Juga: 5 Perbedaan Sibuk dan Produktif, Kamu yang Mana?

3. Harus memiliki target

5 Prinsip Ini yang Membuat Kesibukanmu Produktif, Gak Sia-sia!Pexels/Malte luk

Melakukan banyak hal tidak menjamin untuk mendapat apa yang kamu inginkan. Milikilah target yang harus dicapai, hal ini dapat meminimalkan melakukan kesalahan dan menyulut semangat yang lebih.

Tidak semua orang sibuk memiliki target, mereka biasanya hanya ingin menghabiskan waktu dengan benar bukan untuk meraih suatu tujuan tertentu. Apa pun hasil yang didapat besar atau kecil, itu adalah capaian kemampuanmu yang patut diapresiasi.

4. Selesaikan satu masalah terlebih dahulu

5 Prinsip Ini yang Membuat Kesibukanmu Produktif, Gak Sia-sia!Pexels/Christina Morillo

Jika kamu masih tetap memiliki banyak prioritas yang harus dikerjakan, selesaikanlah satu-satu. Cara ini bisa menyelesaikan masalah dengan lebih efektif. Hal ini untuk menghindari pekerjaan yang menumpuk.

Jangan sungkan untuk berkata ‘tidak’ jika tidak mampu menyelesaikannya. Satu masalah yang terselesaikan dengan benar lebih baik dari pada mengerjakan banyak hal namun tidak ada yang selesai. Mengerjakan banyak hal justru akan mencemaskanmu.

5. Jeda dalam melakukan pekerjaan itu penting

5 Prinsip Ini yang Membuat Kesibukanmu Produktif, Gak Sia-sia!Pexels/Snow White

Jangan meremehkan waktu istirahat, manusia bukanlah mesin. Terlalu sibuk terkadang adalah jebakan. Kita terkurung dalam rutinitas yang terus menerus sehingga sering membuat kita jenuh. Bukan lagi produktif jika kita merasa bosan dan lelah dalam suatu situasi.

Kuncinya adalah ambil waktu jeda dan istirahatkan pikiran, tenaga dan rencanakan apa yang harus dilakukan. Akan ada banyak ide ketika kita beristirahat dan tidak melakukan kerja fisik.

Meski banyak yang kamu lakukan selama satu hari tanpa kelima prinsip tersebut hanya akan terbutakan dengan rutinitas. Setiap hari akan dikejar target dan terus melakukan hal yang sama tanpa tahu arah mana yang mau kita tuju. Tanyakan lagi pada dirimu apakah ingin menjadi seseorang yang produktif atau sibuk?

Baca Juga: 5 Kegiatan Positif & Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Bareng Sahabat

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

hallo selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya