Comscore Tracker

Guru Ini Menjelaskan Dampak Bullying dengan Cara yang Paling Kreatif!

Ada dua apel...

Seorang guru di Birmingham, Inggris, memiliki cara sederhana namun cukup kuat untuk mengajari anak-anak tentang efek mengerikan bullying.

Rosie Dutton mengajarkan anak-anak soal relaksasi dan ketenangan batin. Rosie memposting ke laman Facebooknya Relax Kids Tamworth tentang pelajaran mengenai dampak bullying yang bisa berakibat fatal pada anak-anak.

 

 

Awalnya, Dutton menjelaskan bagaimana pelajarannya berhubungan dengan dua buah apel.

Guru Ini Menjelaskan Dampak Bullying dengan Cara yang Paling Kreatif!facebook.com

Pertama ia telah menjatuhkan sebuah apel berkali-kali ke lantai, namun masih nampak baik dan segar. Kemudian ia menjelaskan pada murid-muridnya bahwa ia tak menyukai apel ini karena ia jelek dan tak menarik. Lalu ia mengambil sebuah apel lagi dan berkata yang baik dan manis pada apel tersebut.

Setelah itu ia membelah kedua apel tersebut. Satu apel yang dihujani kata-kata buruk ternyata dalamnya hancur dan cokelat. Berbeda dengan apel yang mereka puji-puji.

Baca juga: Untuk Kamu yang Pernah Di-Bully: Ini 10 Tips untuk Mengatasinya

Kemudian ia mulai membicarakan dampak buruk dari bullying.

Guru Ini Menjelaskan Dampak Bullying dengan Cara yang Paling Kreatif!facebook.com

Lidah mungkin tak bertulang, namun cukup kuat untuk mematahkan sebuah hati. Dari luar mungkin seseorang nampak sempurna dan indah, namun siapa sangka dalam hati mereka ternyata penuh luka dan kesedihan, sama seperti apel tersebut.

Setelah foto tersebut viral, ia melengkapi pelajarannya lebih mendetail.

Guru Ini Menjelaskan Dampak Bullying dengan Cara yang Paling Kreatif!facebook.com

Dutton tak menyangka bahwa pelajarannya soal buah apel dan bullying akan berdampak sangat besar pada kehidupan masyarakat. Dan pada Kamis pagi, Dutton mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mengiriminya pesan terkait dengan pelajarannya soal bullying dan buah apel. Ia berpendapat,

Saya harap kita semua bisa mengambil pelajaran tentang apel ini (dan banyak hal) sehingga kita bisa mulai mengajak bicara anak-anak kita mengenai dampak luka yang bisa muncul akibat bullying ini.

"Semua dimulai dari kita. Anak-anak kita semua melihat dan memperhatikan kita."

"Marilah kita saling mendukung satu sama lain, berbaik hatilah pada sesama, mari kita bangun kekuatan emosi yang baik dan membahagiakan setiap anak-anak."

"Juga, ingatlah untuk baik terhadap orang yang pernah melukai hati kita, karena mereka lebih membutuhkan cinta dari kita."

Sekarang tahu kan, bagaimana dampak kata-kata kita pada seseorang? Meskipun kita hanya menganggapnya sebagai sebuah candaan, namun kita tak pernah tahu bagaimana isi hati seseorang sampai akhirnya kita sendiri yang membukanya.

Jaga bicaramu, jangan sampai lidahmu melukai perasaan orang yang tak pernah berniat jahat padamu.

Baca juga: Inilah yang Bisa Kamu Lakukan kalau Bosmu Tukang Bully

Topic:

Berita Terkini Lainnya