Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kucing Peliharaan Baru Merasa Nyaman di Rumah, Betah!

Berikan waktu untuk mereka beradaptasi, ya

Memiliki hewan peliharaan mungkin menjadi sesuatu yang menarik dan menggembirakan. Kadang kala, hewan peliharaan dapat memberikan kesenangan tersendiri khususnya bagi sang pemilik.

Namun, tak mudah untuk memulai itu semua sebab hewan peliharaan apapun, termasuk kucing tetap memerlukan waktu untuk dapat beradaptasi sebelum akhirnya merasa nyaman berada di rumah. Jika kamu memiliki kucing baru, maka beberapa tips berikut dapat kamu coba agar kucingmu pun nyaman dan tidak stres.

1. Sediakan barang-barang yang dibutuhkannya sebagai cara untuk pengelanan

5 Tips Membuat Kucing Peliharaan Baru Merasa Nyaman di Rumah, Betah!ilustrasi kucing peliharaan (Unsplash.com/Chewy)

Saat kucing peliharaan baru mulai masuk ke dalam rumah, saat itulah kamu harus dapat memperkenalkan rumah tersebut sebagai basecamp atau tempat bermain untuk kucing. Sediakan beberapa barang yang sekiranya memang dibutuhkan oleh kucing.

Sebut saja seperti alas tidur, selimut, mainan, pasir, dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut akan membantu kucing dalam mengenal lingkungan sekeliling dan menganggap bahwa rumah tersebut memang nyaman untuk ia tempati.

2. Menyebar barang-barang ke dalam sudut rumah

5 Tips Membuat Kucing Peliharaan Baru Merasa Nyaman di Rumah, Betah!ilustrasi kucing peliharaan (Unsplash.com/Kim Davies)

Kucing memiliki kemampuan hebat yang terletak pada indera penciumannya untuk dapat mendeteksi barang-barang yang ia anggap sebagai miliknya. Setelah beberapa hari kucing milikmu berada di rumah, kamu dapat mulai menyebar barang-barang miliknya ke setiap sudut.

Fungsi utamanya adalah untuk membuat mereka semakin mengenal rumah dengan baik, sehingga tidak hanya berpaku pada satu sudut rumah dan membuatnya menjadi stres.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Bikin Kucing Enggan Mendekat

3. Biarkan kucing beradaptasi dengan sendirinya

5 Tips Membuat Kucing Peliharaan Baru Merasa Nyaman di Rumah, Betah!ilustrasi kucing peliharaan (Unsplash.com/Kari Shea)

Sama halnya dengan manusia yang memerlukan waktu untuk beradaptasi pada lingkungan baru, kucing pun juga demikian. Jangan memaksa kucing untuk melakukan sesuatu atau melarang-larangnya.

Berikan kepercayaan penuh pada kucing peliharaan untuk mulai mengeksplor ruangan sekitar dan belajar beradaptasi dengan sendirinya. Nantinya kucing dapat menemukan titik nyamannya tersendiri di dalam rumah.

4. Libatkan kucing pada aktivitas tertentu

5 Tips Membuat Kucing Peliharaan Baru Merasa Nyaman di Rumah, Betah!ilustrasi menyentuh kucing (Unsplash.com/Paul Hanaoka)

Jangan biarkan kucingmu merasa kesepian di rumah. Meskipun tujuanmu adalah untuk membuat kucing baru merasa nyaman di rumah, namun jangan terus-terusan membiarkannya sendirian.

Buatlah jadwal yang dapat kucing lakukan dikesehariannya. Hal tersebut akan membantunya untuk dapat mengenal rumah dan merasa nyaman dengan rutinitas yang dimiliki.

5. Rajinlah menjaga kebersihan rumah

5 Tips Membuat Kucing Peliharaan Baru Merasa Nyaman di Rumah, Betah!ilustrasi kucing peliharaan (Unsplash.com/MIKHAIL VASILYEV)

Hampir sama dengan manusia, tentu kucing pun juga tak akan betah berada dalam rumah yang berantakan dan bau. Kamu sebagai pemilik tentu memiliki tanggung jawab penuh dalam menjaga kebersihan dari rumah, khususnya kandang kucing.

Dengan memerhatikan kebersihannya, maka kamu dapat menjaga kesehatan kucing dan dirimu sendiri. Nantinya, kucing pun dapat terus nyaman berada di rumah.

 

Meskipun memang tak mudah dalam membuat kucing peliharaan baru merasa nyaman, namun tetap saja mereka memerlukan proses untuk dapat beradaptasi secara penuh. Jika mereka sudah nyaman, maka kamu tak perlu risau lagi dan dapat terus bermain bersamanya. Gemas sekali, ya!

Baca Juga: Gak Bisa Sembarangan, Ini 5 Tips Merawat Anak Kucing dengan Baik

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya