Comscore Tracker

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Sifat Superior

Jangan ngalah terus ya!

Sifat superior seringkali dikaitkan dengan sifat sombong yang tentunya memiliki konotasi negatif bagi hampir semua lapisan masyarakat. Hal ini yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang pastinya tidak menyukai seseorang dengan karakter dan sifat yang seperti ini.

Namun, sifat superior tidak melulu memiliki makna yang negatif ataupun menjadi sesuatu yang dihindari lho. Justru terkadang kita membutuhkan sifat seperti itu untuk mempertahankan harga diri dihadapan orang lain.

Untuk kamu yang penasaran mengenai alasan mengapa tidak ada salahnya kita bersifat superior, simak yuk apa saja!

1. Menghindari tatapan rendah dari orang lain

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Sifat SuperiorPexels/Moose Photos

Seringkali mayoritas alasan mengapa orang akan bersifat superior adalah untuk menghindari tatapan rendah yang terpancar dari orang lain kepada dirinya sehingga perlu adanya suatu pertahan untuk menghindari hal tersebut dengan bersikap superior.

Meski begitu, jangan jadikan hal tersebut sebagai suatu kebiasaan karena tentu tidak semua orang akan memandang kita rendah pula.

2. Menjaga harga diri dihadapan orang lain

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Sifat SuperiorPexels/Serkan Göktay

Hampir serupa dengan poin sebelumnya, tetapi hal ini menjadi sesuatu yang cukup krusial karena terkadang banyak orang yang menganggap remeh sesuatu padahal hal tersebut bisa menurunkan harga diri mereka.

Justru melalui sifat seperti ini maka akan terpancar suatu perbuatan yang nantinya akan menaikkan harga diri seseorang sehingga tidak mudah untuk diinjak-injak orang lain.

Baca Juga: Menurut Psikologi, 6 Kebiasaan Ini Bikin Kepribadianmu Kurang Menarik

3. Melatih untuk menjadi pribadi yang tidak rendah diri

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Sifat SuperiorPexels/juan mendez

Barangkali banyak orang yang sering merasa rendah atau insecure di hadapan orang lain sehingga menyebabkan mereka tidak mempunyai kepercayaan diri yang cukup sebagai seorang manusia. Hal ini tentu berdampak pada kondisi psikis seseorang.

Maka tidak ada salahnya apabila kalian ingin memiliki sifat superior agar melatih kepribadian menjadi tidak rendah diri dan selalu percaya bahwa tidak ada yang tidak bisa apabila niat untuk melakukannya.

4. Mengembangkan kemampuan dan potensi diri

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Sifat SuperiorPexels/Sebastian Voortman

Orang yang memiliki superioritas tinggi biasanya akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi pula, hal ini lah kita menyebabkan sifat ini mampu mengubah seseorang menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri yang cukup baik. Oleh sebab itu, mereka juga akan semakin berusaha untuk memperbaiki diri dan mengembangkan segala kemampuan dan potensi yang dimilikinya.

5. Mempunyai banyak koneksi yang memiliki satu tujuan

Gak Selalu Buruk, 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Sifat SuperiorPexels/Helena Lopes

Orang yang memiliki sifat superior seringkali juga merupakan pribadi yang agak pemilih dalam urusan pertemanan. Mereka terkadang hanya ingin lingkaran sosialnya diisi oleh orang yang memiliki sifat yang sama baik dari segi perilaku, hingga sikap superioritasnya. Hal ini yang menyebabkan mereka akan memiliki banyak koneksi yang sama-sama superior seperti halnya diri mereka.

Nah, 5 alasan di atas menjelaskan bahwa tidak ada salahnya jika kamu ingin memiliki sifat yang superior karena tidak selalu makna tersebut memiliki konotasi yang negatif. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Sikap yang Hanya Dilakukan Orang Bermental Lemah, Bukan Kamu, Kan?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya