Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Menirukan Kebiasaan Orang Sukses

Jadilah dirimu sendiri, ya!

Jika berbicara mengenai kesuksesan, banyak orang yang akan memfokuskan dirinya kepada setiap kalimat-kalimat motivasi dari orang-orang sukses. Tak hanya itu, bahkan media cetak dan elektronik seolah menjabarkan beberapa kiat-kiat untuk sukses seperti orang-orang yang telah dulu sukses.

Meskipun kadang kita mudah mempercayai hal tersebut, apakah benar bahwa kiat-kiat tersebut dapat membuat kita juga sukses? Untuk kamu yang ingin sukses, sebaiknya kamu tidak perlu menirukan kebiasaan dari orang-orang sukses. Kenapa? Berikut lima alasannya!

1. Sukses merupakan hal yang relatif

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Menirukan Kebiasaan Orang SuksesUnsplash/Ruthson Zimmerman

Tidak pernah ada standar yang jelas mengenai makna sukses sebenarnya. Beberapa orang mengatakan bahwa sukses itu diukur dari material, namun ada pula yang mengatakan bahwa hal tersebut berdasarkan kepada kepuasan batin dan jiwa.

Tentunya, hal tersebut tergantung kepada setiap orang. Kita tidak bisa menyamaratakan semua orang dengan standar yang kita miliki.

2. Temukan jalanmu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Menirukan Kebiasaan Orang SuksesUnsplash/Ian Schneider

Setiap orang pastilah memiliki kiat-kiat sukses tergantung pada minat yang kita miliki. Tentunya, kamu akan memilih jalanmu sendiri yang nyaman dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Sebaliknya, justru kamu akan merasa sulit apabila harus bergantung kepada kiat-kiat sukses dari penjabaran orang lain. Tentunya, akan jauh lebih mudah mencari kesuksesan bila kita mampu menemukan jalan sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Kita Perlu Berteman dengan Orang Sukses, Jangan Minder!

3. Kenali dirimu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Menirukan Kebiasaan Orang SuksesUnsplash/Ali Yahya

Bila kamu memfokuskan kesuksesanmu berdasarkan kiat-kiat dan kebiasaan dari orang-orang sukses, sudahkah kamu mengenal dirimu sendiri? Akan jauh lebih baik apabila kamu mampu mengenali dirimu sendiri sehingga dapat menentukan ke arah mana kiranya kamu akan menjalankan kesuksesanmu.

Daripada hanya terfokus kepada kebiasaan orang lain, jauh lebih baik apabila kamu mampu fokus terhadap diri sendiri, 'kan?

4. Kemungkinan memiliki petunjuk yang salah

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Menirukan Kebiasaan Orang SuksesUnsplash/Andreas Klassen

Kata siapa dengan menirukan kebiasaan orang sukses, kita juga akan mendapatkan kesuksesan serupa? Faktanya, banyak yang menirukan kebiasaan orang sukses, namun mereka lupa bahwa kebiasaan bukanlah sebuah kemampuan.

Ketika kita menirukan seseorang untuk bangun pagi dan rajin mencatat, tidak ada jaminan bahwa kita juga akan sukses ketika menirukan kebiasaan serupa.

5. Perjuangan menuju sukses adalah pengalaman berharga

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Menirukan Kebiasaan Orang SuksesUnsplash/Austin Distel

Tidak ada perjuangan yang instan. Semua kesuksesan akan didapat melalui proses yang panjang. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memperjuangkan kesuksesan dengan caramu sendiri. Hal itu bisa menjadi pengalaman berharga untuk masa depan. Setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan pastilah akan berjuang untuk mencapainya.

Nah, lima alasan di atas dapat menjadi hal yang perlu kamu pertimbangkan apabila ingin menirukan kebiasaan dari para orang-orang sukses. Setuju?

Baca Juga: Jangan Menyerah! 5 Hal Ini adalah Bukti Kamu Calon Orang Sukses

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You