Comscore Tracker

Simak! 5 Alasan Logis Mengapa Mengalah Itu Gak Ada Salahnya

Bak pepatah seperti menang jadi arang, kalah jadi abu

Dalam bersosialisasi dengan orang lain, kamu tidak bisa menghindari adanya konflik internal atau eksternal dalam suatu hubungan pertemanan. Hal ini bukanlah sesuatu yang diinginkan oleh orang-orang, tapi tentunya dapat dihindari.

Namun, terkadang untuk menghindarinya bukanlah hal yang mudah, mengingat kuatnya ego dan gengsi masing-masing untuk sekedar mengalah atau meminta maaf.

Untuk kamu yang rentan berselisih paham dengan yang lain, namun berniat untuk menghindarinya, 5 hal ini bisa menjadi alasan bagi kamu bahwa mengalah itu gak ada salahnya lho!

1. Karena menang dalam perdebatan pun tidak akan berdampak apa-apa

Simak! 5 Alasan Logis Mengapa Mengalah Itu Gak Ada SalahnyaPexels/Austin Guevara

Bak pepatah yang mengatakan bahwa menang jadi arang, kalah jadi abu, maka memang perdebatan semacam apapun tidak akan memberikan dampak yang baik bagi pelakunya. Hal ini bisa menjadi gambaran kenapa kamu perlu meredam emosi dan rasa egois untuk sementara waktu sehingga segala perdebatan yang bisa mengarah kearah yang serius dapat dihindari.

2. Karena mengalah bukan berarti kalah

Simak! 5 Alasan Logis Mengapa Mengalah Itu Gak Ada SalahnyaPexels/bruce mars

Dengan mengalah, artinya kamu menyelesaikan masalah dengan cara yang dewasa. Hal ini bukan berarti ketika kamu mengalah dan kemudian kamu menjadi kalah. Justru hal itu bisa mencerminkan bahwa kamu adalah orang yang hebat, dewasa, dan paham jika menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan mengesampingkan ego itu lebih utama daripada hanya larut dalam perdebatan yang sia-sia.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Sikap Ini Tampak Saat Kamu Terluka Secara Emosional

3. Menghindari adanya konflik di kemudian hari

Simak! 5 Alasan Logis Mengapa Mengalah Itu Gak Ada SalahnyaPexels/Moose Photos

Mengalah bisa menjadi jalan keluar terbaik dari setiap permasalahan. Hal yang ditakutkan apabila kamu terlalu serius dan hanya fokus dengan ego semata adalah adanya konflik di kemudian hari. Hal ini tentunya akan berdampak tidak baik bagi hubungan satu sama lain.

Oleh sebab itu, solusi terbaik adalah mengalah sehingga masalah dapat diselesaikan secara baik dan kekeluargaan tanpa melibatkan emosi semata.

4. Kamu adalah orang yang hebat apabila tidak takut untuk mengalah

Simak! 5 Alasan Logis Mengapa Mengalah Itu Gak Ada SalahnyaPexels/Roy Reyna

Kata siapa mengalah itu mudah? Mengalah mungkin terdengar sederhana dan mudah, tapi pada prosesnya hal itu bukanlah semudah kedengarannya. Justru tidak semua orang dapat melakukan hal seperti itu karena tentunya semua di kontrol oleh ego masing-masing.

Meski sulit tapi bukan berarti hal semacam itu tidak bisa dilakukan bukan? Justru hal ini membuktikan bahwa kamu adalah orang yang hebat karena berani untuk mengalah.

5. Tingkat kedewasaan seseorang dinilai dari cara mereka menyelesaikan masalah

Simak! 5 Alasan Logis Mengapa Mengalah Itu Gak Ada SalahnyaPexels/Tim Savage

Percaya atau tidak, kedewasaan seseorang dinilai dari cara mereka menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Hal ini tentunya berkaitan dengan apa yang akan mereka utamakan untuk menjadi cara penyelesaian masalah.

Apabila mereka lebih utamakan perasaan sehingga ego lebih banyak bermain, mungkin saja perdebatan akan semakin berlarut. Sebaliknya apabila mereka lebih mengutamakan logika dan mengesampingkan ego, tentunya mereka tidak akan ragu untuk mengalah. Setuju?

Nah, 5 alasan di atas bisa menjadi gambaran bagi kamu untuk gak takut mengalah demi menyelesaikan masalah. Karena mengalah bukan berarti kalah kan?

Baca Juga: 5 Bahan Pertimbangan Utama sebelum Ceritakan Masalah pada Orang Lain

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Mahasiswa yang ingin produktif. Mari berteman antar Writer di ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You