Comscore Tracker

5 Tips Menanamkan Jiwa Kompetitif, Siap Jadi Juara Nih!

Calon juara kelas wajib tahu nih

Jiwa kompetitif bagi sebagian orang mungkin akan sangat berbeda kadarnya satu sama lain. Tentunya ini juga dipengaruhi oleh kemauan serta motivasi yang ada pada setiap orang sehingga akan sulit apabila kita mencoba untuk menyamaratakan jiwa kompetitif pada semua orang.

Namun, bukan berarti jiwa kompetitif tidak dapat dilatih sama sekali. Melalui jiwa kompetitif maka akan timbul keinginan yang akan mendukung pendidikanmu.

Untuk kamu yang merasa masih butuh untuk melatih jiwa kompetitif khususnya di kelas atau untuk masa depanmu, simak yuk apa saja!

1. Tanamkan niat yang kuat

5 Tips Menanamkan Jiwa Kompetitif, Siap Jadi Juara Nih!Pixabay/Pexels

Orang dengan jiwa kompetitif tinggi akan cenderung memiliki niat yang sangat kuat untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan sehingga hal yang satu ini akan sangat ditekankan untuk semua orang yang ingin menumbuhkan jiwa kompetitif.

Selain itu, niat yang kuat akan membantu kita untuk tetap fokus dan tidak mudah jatuh apabila dilanda suatu kegagalan. Pastikan bahwa niat tersebut tidak akan luntur dari dirimu.

2. Tetapkan target yang pasti

5 Tips Menanamkan Jiwa Kompetitif, Siap Jadi Juara Nih!Pixabay/StockSnap

Orang dengan jiwa kompetitif yang kuat memiliki target yang pasti dan juga jelas sehingga mereka sudah paham ke arah mana mereka akan melangkah dan juga bagaimana mereka akan bersikap sehingga tidak akan ada lagi kebingungan dalam diri mereka untuk mencapai tujuan yang mereka tentukan.

Selain itu, dengan memiliki target yang kuat maka kita juga akan memiliki alasan yang kuat untuk mencapainya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Merancang Peta Perjalanan dalam Meraih Impian

3. Tidak takut tantangan

5 Tips Menanamkan Jiwa Kompetitif, Siap Jadi Juara Nih!Pixabay/White77

Tips yang satu ini mungkin akan sangat menantang bagimu sebab orang dengan jiwa kompetitif tinggi tidak akan takut terhadap tantangan yang diberikan pada mereka.

Mereka akan cenderung menganggap tantangan sebagai media untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan yang mereka miliki. Menolak suatu tantangan sama halnya merendahkan kemampuan mereka sehingga mereka tidak punya alasan untuk menolaknya.

4. Tidak menganggap remeh orang lain karena semua orang merupakan rival

5 Tips Menanamkan Jiwa Kompetitif, Siap Jadi Juara Nih!Pixabay/StockSnap

Orang dengan jiwa kompetitif tinggi akan merasa bahwa semua orang adalah rival bagi mereka sehingga akan berpotensi dalam merebut ataupun mengambil target yang mereka tanamkan.

Tentunya orang dengan jiwa kompetitif tidak akan menganggap remeh orang lain dan akan terus berupaya untuk menunjukkan pada semua orang bahwa dirinya mampu.

5. Kegagalan adalah media untuk intropeksi diri

5 Tips Menanamkan Jiwa Kompetitif, Siap Jadi Juara Nih!Pixabay/libellule789

Apabila mungkin kamu berpikir orang dengan jiwa kompetitif akan cenderung putus asa saat kegagalan datang, maka hal itu salah besar. Orang dengan jiwa kompetitif suda tentu berbeda dengan mereka yang ambisius.

Orang dengan jiwa kompetitif yang baik tentu saja akan menganggap suatu kegagalan sebagai media untuk mereka kembali belajar dan evaluasi terhadap apa yang sudah mereka kerjakan sehingga tentu tidak akan takut lagi dalam mencobanya.

Nah, 5 tips di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar tetap dan mencoba menanamkan jiwa kompetitif yang baik di kelas ataupun untuk kepentingan pendidikanmu selama jiwa kompetitif tersebut masih dalam batas wajar. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Saat Bicara tentang Cita-cita

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa. Mari terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You