Comscore Tracker

5 Tips Agar Keinginan Tak Tersandung Budget 

Dapatkan yang kamu inginkan, sekarang!

Wishlist adalah hantu yang mengikuti ke mana pun kita pergi. Kalau sampai nggak terpenuhi, rasanya sulit untuk fokus ke hal lain deh. Rasanya yang ada di pikiran kita hanya keinginan yang belum terpenuhi itu. Tapi, ada juga gejolak dalam diri yang berkata kalau kamu belum saatnya dapatkan yang diinginkan karena budget nggak bisa bohong. 

Memang sih manusia bisa berkeinginan, tapi budget yang menentukan. Nah, kalau kamu salah satunya, ini dia 5 tips terbaik agar keinginan tak tersandung budget. Dicatat ya!

1. Cari penghasilan tambahan

5 Tips Agar Keinginan Tak Tersandung Budget Shutterstock/Rechata Teyparsit

Sorry guys, tapi ini adalah fakta yang semua orang harus tahu. Mungkin buat beberapa orang ini terlalu berat untuk diterima, tapi kita nggak mungkin bisa dapatkan sesuatu tanpa mengeluarkan usaha ekstra. Jadi, kalau budget adalah kendala kamu, solusi pertama yang IDN Times tawarkan adalah tingkatkan jumlah pendapatan kamu. 

Caranya? Tentu saja cari side job dong. Cari tahu apa keunggulan kamu lalu asah terus hingga bisa menghasilkan. Misalnya, kamu suka nulis, ya gabung Community Writer IDN Times saja. Bisa juga kamu coba jualan makanan atau mungkin jualan pulsa? Mungkin lho.

2. Bikin target per bulan

5 Tips Agar Keinginan Tak Tersandung Budget Shutterstock/Narith Thongphasuk

Ingat, target adalah kunci. Tanpa adanya target, segala upaya kamu nggak akan 100%. Misalnya, wishlist kamu adalah membiayai orangtua menjalani perjalanan spiritual. Maka fokuskan dirimu untuk target ini. Niatkan dalam hati kalau segala usaha kamu adalah untuk mereka. Dengan demikian, kamu akan mampu keluarkan extra effort untuk bisa hasilkan lebih dan menabung lebih untuk capai target ini. 

3. Mencicil juga bisa dipertimbangkan

5 Tips Agar Keinginan Tak Tersandung Budget Shutterstock/fizkes

Kalau memang budget adalah pertimbangan, kenapa nggak dicicil saja? Dengan membagi pembiayaan ke beberapa waktu, kamu jadi punya kesempatan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan tanpa perlu menguras habis isi dompetmu kok. Sekarang ini, hampir apa pun yang kamu inginkan bisa dicicil kok. Mulai dari gadget, traveling, hingga paket data. 

Pertanyaan “Apa? Paket data bisa dicicil?” pasti langsung terlintas di pikiranmu deh. Iya guys, dengan kartu Tri, kamu bisa cicil paket data! Caranya adalah dengan berlangganan Paket Cicilan Tri.

Jadi, #CicilanPakaiPulsaTri adalah paket bulanan dengan kuota besar yang bisa kamu cicil sampe 4x mulai dari Rp. 20ribu aja! Paket ini tersedia dalam tiga pilihan, yaitu 13GB dengan total biaya Rp60.000,-, 18GB dengan total biaya Rp80.000,-, dan 23GB dengan total biaya Rp100.000,-. Kini kamu bisa dapetin kuota besar dengan harga yang jauh lebih murah dan skema cicilan tiap minggunya.

Dengan kuota dan harga yang ditawarkan, Paket cicilan ini pas banget buat kamu para pelajar atau mahasiswa yang butuh kuota besar tapi masih terkendala budget. Jadi, daripada harus hemat-hemat uang makan demi kuota, langganan aja mulai sekarang!

4. Tahan terhadap keinginan impulsif

5 Tips Agar Keinginan Tak Tersandung Budget Shutterstock/fizkes

IDN Times tahu betul kalau yang namanya keinginan impulsif itu jadi musuh besar kita semua. Misalnya kita lagi pergi ke mall, sebenarnya sih nggak ada niat mau beli apa-apa. Tapi begitu lihat ada diskon gede, belanja juga akhirnya. Nah, kalau kamu mau bisa dapatkan wishlist, tentu butuh pengorbanan. Salah satunya adalah tahan-tahan diri dari keinginan impulsif macam ini. 

Mau tahu cara paling sederhana? Tinggalkan kartu ATM yang bersaldo besar beserta kartu kredit berplafon tinggi itu di rumah ya. Bawa uang tunai secukupnya dan isi dompet elektronik kamu untuk manfaatkan ragam cashback dan promo. Eits, ingat lagi apa target kamu ya!

5. Riset harga itu penting

5 Tips Agar Keinginan Tak Tersandung Budget Shutterstock/Thanakom Stocker

Nah, tips ini nggak kalah penting dari yang lainnya. Kalau harga adalah kendala, ya tinggal cari yang harga lebih murah. Rajin-rajin lakukan riset dan komparasi harga supaya kamu bisa dapatkan harga terbaik. Kalau yang kamu inginkan murni untuk kesenanganmu dan harganya masih terlalu tinggi, coba ajak dirimu untuk kompromi deh. IDN Times percaya kalau kamu bisa bernegosiasi dan berdamai dengan diri sendiri kok. 

Itu dia 5 tips agar keinginan kamu tak tersandung budget. Memang, nggak semua cara di atas itu mudah untuk dilakukan. Tapi, asalkan niat kamu kuat, apa sih yang nggak mungkin di dunia ini? Yuk dicoba guys!

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya