Comscore Tracker

Daftar Orang atau Pihak yang Wajib Membayar Zakat, Penting Diketahui

#IDNTimesLife Zakat didasari dengan niat untuk beribadah

Zakat adalah kewajiban yang dilakukan seseorang untuk mengeluarkan harta yang memiliki kelebihan. Di bulan Ramadan, ada beberapa jenis zakat yang bisa dilakukan. Mulai dari zakat fitrah dan juga zakat mal.

Keistimewaan zakat juga tertuang pada firman ayat suci Al-Qur'an, tepatnya pada surah surat Al-Baqarah ayat 43, yang berbunyi sebagai berikut:

"Dan dirikanlah salat, serta tunaikan zakat, dan rukuklah bersama dengan orang-orang yang rukuk."

Untuk mengetahui apa saja syarat wajib dan syarat sah pelaksanaan zakat, serta orang yang wajib membayar zakat, mari simak artikel berikut ini.

1. Syarat wajib pelaksanaan zakat

Daftar Orang atau Pihak yang Wajib Membayar Zakat, Penting DiketahuiIlustrasi uang (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sebagai salah satu bagian dari rukun islam, pelaksanaan zakat juga punya ketentuan syarat wajib dan syarah sah. Syarat wajib zakat di antaranya adalah: beragama Islam, merdeka, serta balig dan berakal.

Selain itu, syarat lainnya adalah harta yang dikeluarkan merupakan jenis harta yang wajib dizakati, telah mencapai nishab (batas minimal wajib zakat pada harta yang wajib dizakati), memiliki kepemilikan penuh pada harta yang dimiliki, usia kepemilikan hartanya telah mencapai satu tahun, serta pemberi zakat gak dalam kondisi berhutang.

Keutamaan zakat sebagai rukun Islam juga diungkapkan dalam salah satu hadis Rasulullah SAW. Hadis itu berbunyi sebagai berikut:

"Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Syarat sah pelaksanaan zakat

Daftar Orang atau Pihak yang Wajib Membayar Zakat, Penting DiketahuiPanitia zakat fitrah di Masjid At-Taqwa Polda Bali, Denpasar, Bali, menerapkan layanan penerimaan zakat fitrah dengan metode nontunai melalui rekening bank sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Merunut buku "Panduan Zakat Praktis" oleh Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2013, syarat sah pelaksanaan zakat adalah niat yang menyertai proses pelaksanaan zakat. Selain itu, ada tamlik, yaitu proses pemindahan kepemilikan harta kepada penerima zakat.

Niat merupakan syarat utama dan harus diucapkan pertama kali dalam pelaksanaan setiap ibadah. Oleh karena itu, ketika melaksanakan ibadah zakat, umat Muslim dapat mengutamakan niatnya untuk beribadah.

Syarat kedua, yaitu tamlik, yang memiliki definisi sebagai harta zakat yang diserahkan kepada mustahik (orang yang berhak).

Baca Juga: Masih Bingung? Begini Cara Gampang Menghitung Zakat Penghasilan

3. Ini dia kelompok orang yang wajib memberikan zakat fitrah

Daftar Orang atau Pihak yang Wajib Membayar Zakat, Penting DiketahuiWarga menunaikan pembayaran zakat fitrah di Masjid Nurul Huda, Kebagusan, Jakarta, Minggu (17/5). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tujuan dari pelaksanaan zakat fitrah adalah untuk membersihkan harta yang dimiliki seseorang, sekaligus menjadi pelengkap ibadah puasa Ramadan. Oleh karena itu, zakat fitrah merupakan zakat yang harus dikeluarkan oleh seluruh umat Muslim.

Kewajiban ini harus dilaksanakan oleh laki-laki maupun perempuan, serta dilakukan oleh setiap kelompok usia. Kemudian, jika janin dalam perut ibu telah sempurna berumur 120 hari pada sebelum terbitnya fajar malam Idul Fitri, maka wajib dikeluarkan zakat fitrah baginya. Hadis sahih mengatakan, bayi tersebut telah ditiupkan ruh padanya.

Setiap umat Muslim yang telah memenuhi syarat wajib zakat fitrah, harus membayarkan zakat tersebut. Untuk anak-anak, pemberian zakat bisa diwakili oleh orang tuanya.

Itu dia sekilas pembahasan tentang orang yang wajib membayar zakat beserta dengan syarat wajib dan sahnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu, ya.

Baca Juga: Jangan Asal Beri, Ini Golongan yang Tidak Berhak Menerima Zakat

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Bella Almira Siregar

Berita Terkini Lainnya