Comscore Tracker

5 Ide Menulis yang Bisa Dicermati dari Medsos, Cobain Deh!

Yuk, maksimalkan manfaat medsos kita

Persoalan yang menjadi momok bagi para penulis pemula maupun kawakan sekalipun biasanya jatuh pada gagasan atau ide. Dampaknya, banyak dari mereka mengalami writing block atau kebuntuan dalam menulis.

Padahal, akan sangat disayangkan jika penulis yang sudah mendedikasikan hidupnya untuk menulis banyak karya malah mengurangi waktu produktifnya dengan kebuntuan tanpa berusaha mengembalikan mood menulis.

Menyikapi problem tersebut, sebenarnya kita bisa memanfaatkan sebuah platform media sosial sebagai gembong ide yang unlimited untuk mengembalikan semangat menulis sekaligus mendulang rupiah. 

Hal apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk menggali ide menulis dari medsos? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Komentar netizen

5 Ide Menulis yang Bisa Dicermati dari Medsos, Cobain Deh!unsplash/AustinDistel

Kebayang gak sih? Komentar netizen itu bisa jadi sumber ide menulis yang sangat potensial. Mulai dari komentar nyinyir hingga mencerdaskan. 

Contohnya, banyak komentar yang mampir di vlog-vlog para YouTuber atau influencer. Mereka biasanya merilis video yang temanya beragam. Mulai dari daily activities, kisah-kisah seram, ragam tutorial, sekadar berbagi tentang masa-masa sekolah hingga respon terhadap problem sosial seperti bullying dan body shaming

Banyak sekali netizen yang bahkan tidak sungkan berbagi pengalamannya yang tidak kalah menggetirkan. Banyak juga netizen yang menanggapi konten vlog dengan komentar yang mencerdaskan. Tidak sedikit juga yang bisa memberi pandangan dari sudut pandang berbeda sekaligus analisis detail.

2. Tren fashion, film dan kuliner

5 Ide Menulis yang Bisa Dicermati dari Medsos, Cobain Deh!unsplash/IgorMiske

Jika kita ingin mencari tren fashion, film dan kuliner kekinian sekaligus update yang tak henti, media sosial adalah salah satu platform yang direkomendasikan. Instagram, Twitter, Facebook, YouTube dan sebagainya berlomba-lomba upgrade fitur demi menggaet sasaran pasarnya untuk membuat user-nya betah. 

Hampir semua orang terutama generasi millennial sebagai pengguna dominan medsos sangat menyukai dan mencari informasi tentang tren yang berlaku di fashion, film dan kuliner. Ide-ide seperti ini sangat potensial menjadi tulisan yang memukau. 

Baca Juga: Ini 6 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental dari Media Sosial, Coba deh!

3. Narasi dari si penulis status

5 Ide Menulis yang Bisa Dicermati dari Medsos, Cobain Deh!unsplash/LeBuzz

Selain kedua hal di atas, narasi dalam status para pemilik akun pun bisa menjadi ide brilian untuk dijadikan tulisan baru. Beragam jenis narasi yang tertumpah di dinding medsos bisa menjadi opsi yang bisa kita pilih sesuai selera. Ada narasi tentang kegalauan, politik, problem sosial, wabah virus, ulasan pernyataan tokoh tertentu.

Narasi umumnya ditulis dengan sepenuh hati. Maka dari itu, saat membacanya pun kita bisa memahami makna pesan secara utuh. Itu akan memudahkan kita untuk mengolahnya menjadi rangkaian ide baru.

4. Tautan link yang dibagikan

5 Ide Menulis yang Bisa Dicermati dari Medsos, Cobain Deh!unsplash/freestock.org

Tautan link apa pun sangat mudah kita temukan di medsos. Bahkan, bisa dikatakan bahwa platform media sosial sangat berjasa menjadi penghubung antara situs tematik lain dengan pembaca yang tepat. Mulai dari situs berita, resep masakan, blog, kolom sastra dan sebagainya. 

Situs-situs tersebut bisa menjadi sumber bacaan yang bagus untuk kita yang membutuhkan gagasan segar dalam menulis. Mulai sekarang, kamu mesti rajin membuka situs yang tersebar di medsos. Jangan hanya dibiarkan lewat begitu saja.  

5. Bisnis online yang ditampilkan

5 Ide Menulis yang Bisa Dicermati dari Medsos, Cobain Deh!unsplash/BrookeCagle

Bisnis online sangat digandrungi di era saat ini. Bisnis ini sangat mudah mendatangkan uang walaupun tidak selalu besar. Bahkan, hampir semua kalangan bisa melakukannya karena mudah dipelajari. 

Media sosial juga mulai naik level dari platform pertemanan menjadi transaksi jual beli yang mendatangkan untung besar. Secara otomatis, kemungkinan besar banyak pembaca yang membutuhkan informasi tersebut. Itu sebabnya, bisnis online yang banyak bertebaran di media sosial bisa kita rekomendasikan pada pembaca untuk meraih kesuksesan yang sama.

Nah, 5 hal itulah yang bisa jadi ide segar untuk bahan tulisanmu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Butuh Uang? 5 Situs Survei Online yang Bisa Menghasilkan Uang!

Uswatun Niswi Photo Verified Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya