Comscore Tracker

5 Cara Mudah Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Bulan Ramadan

Gak khawatir lagi kulit kering

Menjaga kesehatan kulit selama bulan ramadan itu penting, loh. Sebab tubuh tidak mengonsumsi apapun di siang hari sehingga membuat kulit mengalami dehidrasi termasuk mudah kering.

Pada kulit yang sangat kering biasanya dapat menimbulkan bermacam efek yang merugikan seperti rasa gatal, kasar bahkan kulit mengelupas. Karena itu lebih baik buat menjaganya tetap sehat dengan 5 langkah mudah berikut ini!

Baca Juga: 7 Makanan untuk Jaga Kesehatan Gigi di Bulan Ramadan

1. Jam tidur yang berkualitas

5 Cara Mudah Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Bulan Ramadanilustrasi tidur yang cukup (pexels.com/Miriam Alonso)

Langkah pertama adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Selama puasa biasanya seseorang bangun lebih pagi untuk makan sahur. Nah, kamu perlu menyiasati untuk bisa mendapatkan tidur dengan lelap.

Seperti tidur sebelum jam 11 malam serta menyempatkan sejenak untuk tidur siang, nih. Dengan memiliki jam tidur yang sesuai dan baik akan sangat membantu proses tubuh untuk meremajakan kulit, loh.

2. Hidrasi kulit dengan baik

5 Cara Mudah Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Bulan RamadanIlustrasi minum air putih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lalu pastikan juga tubuhmu terhidrasi dengan baik. Saat berpuasa hampir 12 jam tubuh tidak mendapat asupan air. Karena itu, minumlah air putih di malam hari sesuai kebutuhan.

Sebaiknya juga hindari minuman yang mengandung kafein dan soda yang semakin membuat kulit kering. Sebagai gantinya perbanyak minum air atau jus buah yang  mengandung vitamin, ya!

Baca Juga: 5 Cara Jaga Hubungan LDR Tetap Sehat, Saling Terbuka meski Berjauhan

3. Sering gunakan moisturizer

5 Cara Mudah Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Bulan Ramadanilustrasi menjaga kulit tetap sehat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penggunaan moisturizer sangat penting loh apalagi selama menjalani puasa. Kandungan yang ada dalam produk tersebut membantu kulit tetap lembab sekaligus menjaga tekstur kulit jadi lebih lembut.

Untuk cara pemakaiannya sangat dianjurkan  dipakai ulang beberapa kali ketika kulit mulai terasa kaku dan mengering. Sebaiknya pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulitmu.

4. Nutrisi kulit dengan vitamin C dan E 

5 Cara Mudah Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Bulan RamadanIlustrasi makanan bernutrisi (pexels.com/Trang Doan)

Selain itu, kamu perlu menutrisi kulit dengan banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E. Sebab kedua kandungan tersebut dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Cara mendapatkan asupan vitamin tersebut bisa didapat dari rutin mengonsumsi menu sehat seperti salad buah dan sayur. Atau kamu juga bisa minum suplemen vitamin pilihan sebagai asupan tambahan.

5. Lindungi kulit dengan sunscreen

5 Cara Mudah Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Bulan RamadanIlustrasi mengaplikasikan sunscreen (pexels.com/Tree of Life Seeds)

Langkah terakhir yakni dengan rajin memakai sunscreen, nih. Penggunaan sunscreen memang jadi kewajiban agar kulit tetap sehat. Di siang hari kulit biasanya sering terpapar sinar UV bahkan hingga dapat menembus kaca rumah. Karena itu, pastikan untuk mengoleskannya sebelum memulai aktivitas di pagi hari, ya!

Nah, itulah 5 langkah mudah menjaga kulit tetap sehat selama bulan ramadan. Merawat kulit agar sehat merupakan cara baik yang bisa membuat kamu tampil lebih percaya diri. Gimana nih gak sulit, kan?

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menyiapkan Dana Darurat, Buat Jaga-Jaga

Martynaa Nana Photo Verified Writer Martynaa Nana

Suka membaca, menulis, merangkai kalimat sambil menikmati secangkir coklat hangat! Follow me @ryetinakiee

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya