Comscore Tracker

Danone-AQUA Ajak Kita Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih 

Inovasi keren buat mengurangi sampah nih guys!

Siapa yang nggak tahu air mineral berkualitas AQUA? Sebagai merek kelahiran Indonesia, Danone-AQUA berkomitmen untuk terus menyebarkan kebaikan dengan mempromosikan hidrasi sehat sekaligus menjaga keberlanjutan alam. Kali ini, Danone-AQUA membuat sebuah terobosan terbaru dalam rangka berkontribusi terhadap Indonesia yang lebih bersih, yaitu membuat kemasan 100% plastik daur ulang dan dapat didaur ulang kembali. 


Nah, pada 7-11 Agustus 2019 kemarin, Danone-AQUA kembali mengadakan sebuah edukasi tentang #BijakBerplastik yang kali ini dikemas dalam bentuk pameran di Atrium Gandaria City. Dalam acara ini Danone-AQUA juga sekaligus memperkenalkan AQUA LIFE pertama kalinya ke masyarakat Jakarta.  Pihak kementrian dan para Brand Partners Danone-AQUA, Hamish Daud dan Kelly Tandiono juga turut hadir meramaikan perayaan ini. Nah, seperti apa sih keseruan peluncuran AQUA LIFE kemarin? Yuk kita simak!

1. Corine Tap menargetkan mengumpulkan lebih banyak botol plastik bekas pakai daripada yang digunakan

Danone-AQUA Ajak Kita Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih IDN Times/Ridwan Hariri

Pada acara kemarin, Danone-AQUA juga menghadirkan Presiden Direktur Corine Tap. Di sana, dia menjelaskan bahwa inovasi kemasan AQUA 100% persen daur ulang ini sekaligus menjadi bagian dari gerakan #BijakBerplastik yang menggarisbawahi tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia, yaitu pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah, edukasi, dan inovasi kemasan produk. Danone-AQUA juga mendorong berbagai solusi inovatif berbasis kolaborasi untuk menghadapi permasalahan sampah plastik di Indonesia, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi 70% sampah plastik di lautan pada 2025.

“Kami menargetkan di tahun 2025, kami dapat mencapai ambisi kami untuk mengumpulkan lebih banyak botol plastik daripada yang kami gunakan, memastikan seluruh kemasan kami dapat didaur ulang, serta meningkatkan proporsi konten daur ulang dalam botol kami menjadi 50%,” ujar Corine kemarin.

Wah, cita-cita Danone-AQUA ini keren banget ya guys, kamu harus ikutan dukung nih! Mulai besok pastikan buang sampah pada tempatnya ya. Pasti mau kan kalau Indonesiamu jadi lebih bersih?

2. Hamish dan Kelly bangga bisa berkolaborasi dengan Danone-AQUA

Danone-AQUA Ajak Kita Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih IDN Times/Ridwan Hariri

Pameran #BijakBerplastik dan peluncuran AQUA LIFE ini juga dihadiri oleh Brand Partner Danone-AQUA. Aktor dan aktivis lingkungan Hamish Daud serta artis dan atlet triatlon Kelly Tandiono mengungkapkan bahwa sampah plastik merupakan permasalahan yang nggak bisa diselesaikan sendiri. Maka dari itu, mereka berkolaborasi dengan Danone-AQUA untuk menyelesaikan permasalahan sampah plastik untuk Indonesia yang lebih bersih. 

Danone-AQUA Ajak Kita Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih IDN Times/Ridwan Hariri

Saat ditanya rasa bangganya bisa berkolaborasi dengan Danone-AQUA, Hamish mengaku bahwa dia sangat terkesan saat diajak berkolaborasi dengan Danone-AQUA. Dia mengaku bahwa dia ingin membantu temannya yang tinggal di pesisir pantai dan sangat peduli dengan sampah plastik di laut. “Orang-orang seperti itulah yang membutuhkan bantuan kita,” katanya.

Kisahnya berbeda dengan Kelly. Cewek cantik ini mulai tertarik ketika menemukan kemasan baru AQUA LIFE saat berkunjung ke Bali. Saat melihat bahwa kemasan tersebut terbuat dari 100% daur ulang plastik, dia langsung menghubungi Jeffri Ricardo (Marketing Manager Danone) untuk bekerja sama. Menurutnya, jarang lho ada perusahaan yang sangat peduli dengan sampah seperti Danone-AQUA.

3. Pameran #BijakBerplastik diisi oleh karya seniman Indonesia

Danone-AQUA Ajak Kita Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih IDN Times/Ridwan Hariri

Pada kesempatan ini, Corine Tap, Hamish, Kelly, dan tamu undangan lainnya berkesempatan buat tur di dalam pameran tersebut. Pameran #BijakBerplastik yang berlangsung selama lima hari ini menggambarkan kisah perjalanan berkelanjutan Danone-AQUA, serta menampilkan instalasi berbahan dasar botol plastik bekas, hasil karya seniman-seniman seperti Rebellionik, Ika Vantiani, Alfiah Rahdini, dan TAM ILLI. 

Selama pameran, para seniman juga menyelenggarakan lokakarya mengenai bagaimana membuat karya-karya yang berguna dan indah dari wadah plastik bekas. Bergabung bersama para seniman adalah heySTARTIC dan Precious Plastic Indonesia, dua bisnis sosial yang telah sukses mendaur ulang sampah plastik menjadi produk-produk bernilai, mulai dari dekorasi hingga fesyen. Karya-karya ini bisa membuat kita terpaku lho. 

Orang Indonesia emang kreatif ya guys!

4. Ada kepompong yang indah bisa buat spot foto lho

Danone-AQUA Ajak Kita Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih IDN Times/Ridwan Hariri

Nggak cuma ada lokakarya aja, di event ini juga ada Pupa 1.0, instalasi yang terbuat dari botol-botol plastik bekas yang disusun menyerupai bentuk kepompong. Selain bisa jadi spot foto, instalasi ini punya arti yang dalem banget yaitu kehidupan kedua dari sampah botol plastik. Artinya dari sampah botol plastik bisa menjadi sesuatu yang indah dan bernilai lagi. Nah, saat melakukan tour bersama Abang None Jakarta, Hamish dan Kelly ikut melengkapi kepompong ini dengan botol plastik mereka. Ini yang namanya kolaborasi. Asli, keren banget guys!

5. Talkshow Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih

Danone-AQUA Ajak Kita Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih IDN Times/Ridwan Hariri

Pada event ini, DANONE-AQUA juga mengadakan talkshow yang menghadirkan Nani Hendriarti, Asisten Deputi IV Pendayagunaan Iptek Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Pada talkshow ini, Nani menyampaikan dukungannya terkait dengan visi misi DANONE-AQUA yang ingin memberantas sampah plastik terutama di laut Indonesia. Menurut Nani, untuk menanggulangi masalah sampah ini nggak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, tapi juga membutuhkan bantuan dari banyak pihak seperti stakeholder dan masyarakat juga. 

Cara mengelola sampah plastik yang paling tepat menurutnya yakni dengan bijak menggunakan plastik seperti membatasi dan mengurangi sampah plastik serta mendaur ulangnya. Tuh guys, selain pemerintah dan DANONE-AQUA, kamu juga harus ikut berkolaborasi untuk Indonesia yang lebih bersih ya. Emangnya kamu nggak kasian sana ikan-ikan di laut?

Event #BijakBerplastik Kolaborasi untuk Indonesia yang Lebih Bersih ini telah berlangsung dari tanggal 7-11 Agustus 2019 di Atrium Gandaria City. Walau acara ini sudah berakhir, tapi, kamu nggak boleh berakhir pedulikan lingkungan dan sampah plastik ya! Jangan lupa juga untuk hidrasi dirimu dengan AQUA LIFE, inovasi kemasan pertama di indonesia yang lebih ramah lingkungan! Kalau IDN Times sih, sudah. Kini, giliranmu ya!

Topic:

  • Karsa Adiguna
  • Vika Widya Alfianti

Just For You