Comscore Tracker

7 Cara Mencari Tujuan Hidup untukmu yang Sedang Kebingungan

Tujuan hidup itu penting!

Tujuan hidup adalah hal mendasar untuk manusia bisa bertahan hidup di dunia ini. Setiap orang harus memiliki tujuan, sekecil apa pun itu. Meski begitu, gak jarang banyak orang yang kebingungan mencari tujuan hidup dan pada akhirnya menjalani hidup ala kadarnya. Walhasil, mereka gak menemukan kebahagiaannya sendiri.

Buat kamu yang masih kebingungan, gak ada salahnya untuk merenung dan menentukan tujuan hidupmu kembali. Yuk, simak tips berikut ini.

1. Kenali keinginan dan ketertarikanmu

7 Cara Mencari Tujuan Hidup untukmu yang Sedang KebingunganUnsplash.com/Kelli McClintock

Ingat dan catat setiap keinginan dan ketertarikanmu. Kemudian, lihat kembali apakah itu membuatmu bahagia? Apakah itu membuatmu semakin hidup dan bertenaga? Apakah itu membuatmu nyaman dan tenang? Pertanyaan tersebut perlu kamu jawab dengan gamblang. Jika memenuhi kriteria, kamu bisa mulai persiapkan diri untuk menjalaninya.

2. Bertanya pada orang lain tentang motivasi, harapan, dan ambisi

7 Cara Mencari Tujuan Hidup untukmu yang Sedang KebingunganUnsplash.com/Wade Austin Ellis

Setelah melihat diri sendiri, cobalah bertanya pada orang lain tentang motivasi, harapan, dan ambisi mereka. Siapa tahu itu bisa menjadi pemicu untuk berbuat sesuatu yang serupa.

3. Kumpulkan inspirasi dari orang lain

7 Cara Mencari Tujuan Hidup untukmu yang Sedang KebingunganUnsplash.com/soyhivan

Cobalah untuk melihat bagaimana orang lain menjalani hidupnya. Apakah mereka bisa meraih tujuan mereka? Bisa juga dengan kamu membaca buku, baik fiksi maupun biografi untuk mengumpulkan beragam inspirasi tentang hidup.

4. Persiapkan diri untuk menjalani perjalanan panjang

7 Cara Mencari Tujuan Hidup untukmu yang Sedang KebingunganUnsplash.com/Clem Onojeghuo

Bayangkan jika kamu akan menjalani beragam momen suka dan duka ketika ingin meraih tujuan hidupmu. Untuk itu kamu perlu persiapkan mental. Motivasi dirimu untuk terus bertahan dan mencari cara terbaik untuk meraihnya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sederhana yang Bakal Lebih Memotivasimu Tiap Hari

5. Tinggalkan zona nyaman

7 Cara Mencari Tujuan Hidup untukmu yang Sedang KebingunganUnsplash.com/Farrel Nobel

Zona nyaman memang melenakan. Meski begitu, kamu gak akan berkembang jika kamu gak mau beranjak. Untuk itu kamu harus berani meninggalkan zona nyaman untuk mencoba hal baru. Gak harus terburu-buru, kamu bisa melakukannya perlahan-lahan, namun pasti.

6. Jangan takut menghadapi kegagalan

7 Cara Mencari Tujuan Hidup untukmu yang Sedang KebingunganUnsplash.com/Ben White

Kegagalan pasti bisa terjadi. Namun, kamu pasti sering dengar kalau lebih baik mencoba lalu gagal, daripada tidak sama sekali. Dari kegagalan pun kamu bisa menuai pelajaran lho. Meski begitu, kamu masih bisa memilih untuk menghindari kegagalan yang berakibat buruk dan fatal. Kamu bisa mulai mencoba beragam hal yang meskipun kamu gagal, nyatanya kamu gak akan terlalu rugi apa-apa. Nothing to lose.

7. Nikmati kejutan di setiap perjalanan

7 Cara Mencari Tujuan Hidup untukmu yang Sedang KebingunganUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Jalan hidup seseorang siapa yang tahu. Kamu bisa saja menemui banyak hal ketika ingin meraih tujuanmu. Untuk itu, nikmati saja setiap kejutan yang akan kamu temui. Hal itu yang akan tetap membuatmu bersemangat dalam menjalani hidup. Bisa jadi juga kamu malah lebih banyak belajar dari proses, daripada hasil yang kamu raih.

Demikian tadi cara-cara untuk mencari tujuan hidupmu. Kamu bisa saja membagi ceritamu kepada orang lain, atau kamu simpan sendiri. Namun, perlu kamu ingat bahwa kamu harus terus memperjuangkannya.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Agar Motivasi Kerja Kamu Gak Mudah Hilang 

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya