Comscore Tracker

Temanmu Alami Depresi? 5 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Membantunya

Dekati pelan-pelan ya

Kamu sudah menjadi teman yang baik saat kamu memutuskan untuk menemani temanmu yang didiagnosis mengalami depresi. Meski begitu, kamu mungkin gak punya ide gimana caranya menangani temanmu yang depresi? Selain menyesuaikan diri dengan temanmu itu, kamu juga perlu menjaga dirimu sendiri. Berikut ulasannya lebih lanjut.

1. Kenali jenis depresi yang diidap oleh temanmu  

Temanmu Alami Depresi? 5 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Membantunyaunsplash.com/Elijah Hiett

Depresi adalah gangguan kejiwaan yang umum terjadi, namun memiliki dampak yang serius. Biasanya, depresi diawali dengan stres yang gak kunjung reda hingga lebih dari dua minggu. Kamu mungkin bukan psikolog atau psikiater yang ahli menangani orang depresi, namun kamu bisa berbuat banyak untuk mereka.

Untuk itu coba kenali jenis depresi apa yang menimpa temanmu, apakah itu depresi berat, depresi kronis, atau gangguan bipolar. Kamu bisa bertanya pada temanmu langsung atau orangtua dari temanmu. Namun, jangan memaksa ya kalau dia belum ingin memberitahumu. Pelan-pelan saja.

2. Jadi pendengar yang baik, mulai dari keluh kesahnya, hingga pengalaman pahit yang dia alami  

Temanmu Alami Depresi? 5 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Membantunyaunsplash.com/Ben White

Pengidap depresi kadang murung dan tertutup. Namun, saat mereka butuh didengarkan, pastikan kamu berada di sisinya dan jadi pendengar yang baik. Kamu bisa mulai dengan bertanya, ”Apa yang bisa aku bantu,” atau mungkin, ”Apa sekiranya yang bisa membuatmu merasa lebih baik?” Jangan terburu-buru untuk membuka masalah. Pastikan dia dalam keadaan santai dan nyaman. Jangan paksakan untuk bercerita jika dia dalam keadaan kacau.

3. Belajar berempati atau memahami perasaan dia dengan sepenuhnya  

Temanmu Alami Depresi? 5 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Membantunyaunsplash.com/Sam Manns

Saat seseorang berjuang keras dengan depresi, dia gak akan semata-mata bercerita lalu melupakan masalahnya begitu saja. Cobalah berempati atau memahami perasaan dia sepenuhnya. Mungkin kamu gak mengalami secara langsung apa yang dia alami, namun cobalah untuk memposisikan diri jika mengalaminya.

Meski begitu, usahakan untuk gak terbawa emosi, seperti ikut menangis atau meraung-raung. Ingat, kamu di sana untuk menenangkan, bukan justru malah memperkeruh suasana. Selain itu, dengan kamu ikut emosi sama artinya dengan kesehatan jiwamu terganggu.

4. Pastikan dia mendapatkan penanganan dari ahlinya  

Temanmu Alami Depresi? 5 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Membantunyaunsplash.com/jeshoots.com

Jika temanmu sadar akan bantuan ahli seperti psikolog atau psikiater, itu pertanda baik. Jika terjadi sesuatu, nyamankan dia agar gak segan menemui para ahli, seperti untuk berkonsultasi langsung. Pastikan juga kamu jadi orang yang bisa diandalkan jika dia mencoba melukai diri sendiri atau orang lain. Kamu perlu tahu nomor-nomor darurat, seperti rumah sakit.

5. Jaga dirimu dengan baik karena menghadapi orang depresi itu gak mudah  

Temanmu Alami Depresi? 5 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan untuk Membantunyaunsplash.com/Melan Cholia

Gak seperti temanmu pada umumnya yang bisa dengan mudah ceria dan bahagia, pengidap depresi adakalanya membuatmu kelelahan dan frustrasi. Pada intinya, pastikan dirimu aman dan sehat secara jiwa dan raga sebelum menolong temanmu. Jika kamu merasa kelelahan, berikan waktu untukmu menyendiri dan memperbaiki suasana hati. Kamu harus tahu bahwa kamu gak bisa berada di sisinya setiap waktu. Kamu juga perlu menjalani hidupmu dan membuat dirimu bahagia.

Kamu pasti menginginkan temanmu yang depresi merasakan kebahagiaan dan tawa lagi. Namun, kamu perlu tahu bahwa itu semua gak akan berlangsung secara instan. Perlu usaha yang konsisten dan perlahan-lahan. Kamu perlu tulus dalam menjalani usaha ini. Anggap saja kamu sedang beramal untuk kemanusiaan.

Topic:

  • Yudha
  • Tania

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 10:30:05

Progress: 760.295 dari 813.350 TPS (93.47698%)

Just For You