Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup Berharga dari Gejolak Politik di Indonesia 

Banyak pelajaran jika direnungi

Seluruh lapisan masyarakat Indonesia saat ini sedang dalam euforia besar menghadapi pemilu serempak yang rencananya di adakan 17 April mendatang, atmosfer politik begitu terasa di mana-mana bahkan tak jarang sampai menimbulkan ketegangan tersendiri. Pencalonan, kampanye, saling serang antar tim sukses, begitu banyak hal terjadi dan menjadi konsumsi pemberitaan sehari-hari.

Namun di balik semua ketegangan itu, jika kita renungi ada banyak sekali pelajaran hidup berharga yang bisa kita dapatkan dari euforia ini. Dan berikut ini 5 pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari bergejolaknya dunia politik yang sedang terjadi di negara kita saat ini.

1. Banyak hal dapat terjadi bahkan tak terduga dan tidak terprediksi

5 Pelajaran Hidup Berharga dari Gejolak Politik di Indonesia IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dari banyak kejadian divdunia perpolitikan Indonesia saat ini kita dapat belajar bahwa banyak hal yang tidak disangka-sangka dapat terjadi begitu saja, semua orang dapat menjadi siapapun dan apapun, kita tak akan pernah tahu pasti isi hati dan maksud seseorang yang sebenarnya.

Semua rencana yang mungkin sudah disusun dengan rapi dan sempurna bisa saja tiba-tiba hancur karena sebuah kejadian dan menjadi tak berarti lagi. Dan begitulah kehidupan, manusia adalah sebaik-baiknya perencana namun Allah adalah sebaik-baiknya penentu.

2. Memegang teguh pendirian

5 Pelajaran Hidup Berharga dari Gejolak Politik di Indonesia pixabay.com/Fotorech

Dalam suasana penuh kampanye seperti sekarang ini orang yang tak memiliki keteguhan dalam mempertahankan pendiriannya akan mudah terombang-ambing dan dipengaruhi bahkan untuk menuju ke suatu hal yang buruk. Maka penting bagi kita sebagai manusia memiliki keteguhan yang kuat dalam mempertahankan pendapat dan jangan mudah termakan isu dan berita yang belum tentu pasti kebenarannya.

Banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya termasuk dengan menipu dan mempengaruhi orang lain agar mau sependapat dengannya hingga ia mampu lebih mudah mencapai ambisinya.

3. Pentingnya berpikiran luas dan terbuka

5 Pelajaran Hidup Berharga dari Gejolak Politik di Indonesia pixabay.com/StockSnap

Sebagai pemilih, sebagai bagian dari masyarakat dan sebagai manusia wajib hukumnya bagi kita untuk selalu memiliki pemikiran yang terbuka, mau mendengar pendapat, terlibat dalam diskusi damai dan mau menerima kritik serta saran.

Jangan jadi manusia yang terbutakan oleh ke egoisan, Pikirkan segala sesuatu dengan tenang dan netral dan jika dirasa diri sudah memiliki pilihan hidup maka kuatlah menggenggamnya, namun tentu dengan rasionalitas yang masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Informasi Ini Sebelum Nyoblos!

4. Loyalitas dan kesetiaan tergantung kebutuhan

5 Pelajaran Hidup Berharga dari Gejolak Politik di Indonesia pixabay.com/Sweetlouise

Dari kenyataan dan kehidupan yang keras kita belajar bahwa tak semua orang benar-benar mau mengorbankan dirinya untuk orang lain, Richard Dawkins mengatakan bahwa kita adalah mahluk hidup dengan gen egois, telah menjadi kodrat manusia bahwa kita akan melakukan segala macam cara untuk bertahan hidup dan mendapatkan hidup yang nyaman dan sesuai harapan, bahkan jika itu berarti menjadi seorang pengkhianat.

Namun jangan lupa bahwa kita tak hanya hidup untuk sendiri dan hanya untuk saat ini kita punya hati dan menjunjung moral untuk membangun persaudaraan. Dan persaudaraan inilah yang akan membuat kita bertahan.

5. Mengambil kesimpulan dari berbagai perspektif

5 Pelajaran Hidup Berharga dari Gejolak Politik di Indonesia Pixabay.com/Free-Photos

Telah banyak kita saksikan sendiri bagaimana saat ini berita bohong begitu banyak ditulis dan menyebar dengan cepat, taktik seperti ini biasanya digunakan untuk menjatuhkan salahsatu pihak agar ia mendapatkan citra buruk dari dunia.

Maka penting untuk selalu melakukan cek ulang atas setiap berita dan informasi yang diterima, jangan hanya mendengar cerita dari satu pihak dan satu sudut pandang, namun perhatikan juga sudut pandang yang lain. Karena terkadang berbeda bukan berarti salah.

Itulah tadi beberapa pelajaran hidup berharga dari gejolak perang politik yang terjadi di Indonesia saat ini. Berbeda pandangan dan pilihan politik adalah hal yang wajar. Namun sebagai masyarakat yang dipersatukan oleh negara dan bangsa, jangan pernah kita tercerai berai oleh isu-isu yang sengaja digoreng untuk membelah bangsa. 

Baca Juga: Jangan Lupa! Nih Tahapan Sebelum dan Sesudah Nyoblos Pemilu 2019

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya