Comscore Tracker

Berawal Iseng, Gita Orlin Buktikan Prestasinya di Dunia Fashion Muslim

#RamadanMasaKini Jalan sukses itu munculnya gak sengaja...

Nama Gita Orlin mungkin belum setenar Anne Avantie atau Poppy Dharsono. Meski begitu, kiprahnya di dunia fashion, khususnya fashion Muslim, tak perlu diragukan lagi. Desainer dari Surabaya ini telah mengikuti banyak pagelaran dan memiliki pelanggan setia. Apalagi kalau bukan karena rancangannya yang apik?

Tapi, siapa sangka kalau kesuksesan yang ia raih kini tidak pernah direncanakan matang-matang? Yuk, kita intip kisah Gita Orlin yang buktikan prestasinya di dunia fashion muslim berikut ini!

1. Gita adalah perempuan lulusan Ilmu Hukum. Saat menikah, ia menyepakati keinginan suami untuk tidak kerja kantoran & mengisi waktu lewat kursus

Berawal Iseng, Gita Orlin Buktikan Prestasinya di Dunia Fashion Musliminstagram.com/gitaorlin

Saat ditanya sejak kapan memulai langkahnya, Gita jujur mengaku lupa-lupa ingat. Bukan tanpa alasan, kariernya di bidang fashion dimulai tanpa kesengajaan. "Setelah anak saya lahir, kayaknya sekitar 2012. Soalnya awalnya benar-benar gak direncanain, sampai lupa. Gak niat," tuturnya sembari tertawa.

"Saya kan sebenarnya lulusan sarjana hukum UNAIR. Sama suami, gak boleh kerja kantoran," paparnya. Awal mula menikah, ia perlu waktu selama dua tahun hingga dikaruniai anak. Selama itu pula, ia mengisi waktu dengan mengikuti kursus. "Passion saya di dunia fashion. Saya suka baju, suka ke party bikin baju sendiri, menjahit, dan semacamnya," lanjut Gita.

2. Gita mulai melihat peluang saat menghadiri acara pernikahan. Semua busana yang ia kenakan, pasti digemari orang-orang yang melihat

Berawal Iseng, Gita Orlin Buktikan Prestasinya di Dunia Fashion Musliminstagram.com/gitaorlin

Keahlian yang didapat Gita dari kursus, rupanya dapat langsung diaplikasikan. Setiap menghadiri pesta atau undangan pernikahan, ia merancang sendiri busananya. Tak dinyana, dari sinilah keberuntungan akan kariernya dimulai.

"Setiap datang ke acara pernikahan, semua orang selalu suka baju-baju yang saya pakai. Akhirnya saya kepikiran, kenapa gak saya jual aja ya baju-baju saya?" katanya.

3. Gita memberanikan diri membuat menjual gaun muslim hasil rancangannya. Reaksinya tak terduga, banyak orang yang meminati & membeli

Berawal Iseng, Gita Orlin Buktikan Prestasinya di Dunia Fashion MuslimIDN Times/Rully Bunga

Meski bermula iseng, Gita tak main-main dengan idenya. Ia lalu menjual gaun-gaun muslim hasil rancangannya dan respon orang-orang begitu positif. "Dari iseng-iseng itu, akhirnya saya keterusan," jelas perempuan berhijab ini dengan sumringah. Pesanan mulai berdatangan.

Gita yang tadinya menganggur,mulai mengisi hari-harinya dengan aktivitas mendesain, menjahit, dan sebagainya. Rancangannya sendiri selalu ditandai dengan model yang feminin nan glamor, detail embroidery, serta swarovski. Meskipun ada kesan "wah", tapi finish look yang muncul tidaklah berlebihan.

Baca Juga: 6 Karakter Wanita Paling Inspiratif di Film Hollywood, Siapa Aja?

4. Pesanan semakin tak terkira, Gita semakin membulatkan niatnya. Salah satunya dengan mengikuti APPMI

Berawal Iseng, Gita Orlin Buktikan Prestasinya di Dunia Fashion Musliminstagram.com/gitaorlin

Tidak mau iseng atau sekedar main-main lagi, tahun 2016 lalu Gita bergabung dengan APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia). Asosiasi ini memang dikenal bertujuan menjadikan fashion Indonesia sebagai industri dengan menghimpun desainer yang juga pengusaha. Mereka yang selama ini telah bergabung adalah desainer busana siap pakai, busana pesanan, hingga pakaian muslim.

"Karena saya ikut APPMI, jadinya harus benar-benar total kan? Dari situ, makin berkembang dan berkembang lagi. Jadi makin kreatif lah, ya!" ungkap Gita soal efek positif setelah tergabung di asosiasi. Selain itu, perkembangan pesat lini mode garapan Gita juga sejalan dengan kegiatan APPMI yang terarah dan kerap mengadakan fashion show.

5. Meski namanya sudah tenar hingga ke Jakarta, Gita tak berpuas diri. Ke depannya, ia dituntut lebih kreatif, profesional, dan mengutamakan pelanggan

Berawal Iseng, Gita Orlin Buktikan Prestasinya di Dunia Fashion MuslimIDN Times/Rully Bunga

Hingga kini, sudah beberapa panggung fashion show telah Gita ikuti. Beberapa tokoh ternama seperti Kartika Putri, menjadi pelanggannya. Tentunya, nama besar ini tidak bisa lepas dari upaya kerasnya sendiri.

Meski begitu, ia tak berpuas diri. "Kalau ikut fashion show, kita harus ada rancangan yang beda-beda. Jadi, harus lebih kreatif karena setiap rancangan harus lain. Pasar juga akan menilai," ungkap sosok yang terinspirasi oleh Elie Saab ini.

Tidak sekedar masalah kreativitas saja, tapi bagaimana ia membuat prioritas pun masih diuji. "Harus lebih profesional dan tetap mengutamakan customer," tambahnya. Seiring dengan banyaknya fashion show yang akan diikuti sekaligus pesanan pelanggan, ia tertantang untuk menyelesaikan keduanya secara berbarengan.

Perempuan yang dibantu 25 karyawan di rumahnya ini, paham betul kalau pelanggan adalah sosok yang membangun nama besarnya. Karena itu, jangan sampai keinginan pelanggan jadi terbengkalai.

Itulah cerita Gita Orlin buktikan prestasinya di dunia fashion muslim. Ternyata, tidak semua kesuksesan harus muncul secara terencana ya? Namun, jangan lengah! Jika kamu sudah melihat peluang, menata stategi juga penting. Sama halnya dengan Gita yang langsung bergabung dengan APPMI begitu animo pelanggannya tinggi. Semoga inspirasi dari Gita tadi, bermanfaat untukmu ya!

Baca Juga: 5 Inspirasi Makeup ala Korea untuk Berbagai Momen Millennials

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You