Comscore Tracker

5 Cara Biar Biasa Berpikir Positif, Tenang di Bawah Tekanan

Hidup lebih semangat dan penuh keyakinan

Positif thinking atau berpikir positif merupakan kemampuan seorang untuk mengontrol pikiran pada hal-hal positif dalam berbagai kondisi. Orang yang terbiasa berpikir positif tentu akan lebih tenang dalam menghadapi situasi dan cenderung bijak saat mengambil keputusan.

Kebiasaan berpikir positif juga bisa mengurangi stres serta mampu meningkatkan kualitas hidup. Jika kita selalu menerapkan pola pikir ini, maka pikiran kita pun akan selalu fokus pada hal-hal baik yang secara tidak langsung dapat menarik "energi positif" untuk menumbuhkan semangat menghadapi tiap masalah yang ada.

Lantas, bagaimana cara menerapkan pola pikir positif saat kita harus menghadapi situasi yang sulit? Langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Biasakan diri untuk selalu bersyukur 

5 Cara Biar Biasa Berpikir Positif, Tenang di Bawah Tekananilustrasi seorang yang penuh harapan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan berpikir positif dapat kamu mulai, salah satunya dengan cara mensyukuri atas semua hal yang kamu miliki. Jangan terbiasa membanding-bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain yang mungkin terlihat lebih bahagia. Sebab, hal ini hanya akan membuat kamu merasa rendah diri.

Masih banyak hal yang patut kita syukuri dalam menjalani hidup, bahkan dari hal-hal kecil sekalipun. Dengan membiasakan diri untuk selalu bersyukur, akan lebih mudah bagi kita dalam memaknai kebahagiaan sehingga pikiran pun akan lebih tenang dan tentram. 

2. Optimis adalah kuncinya 

5 Cara Biar Biasa Berpikir Positif, Tenang di Bawah Tekananilustrasi seorang yang penuh semangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Optimis merupakan cara pandang terhadap suatu masalah dengan penuh keyakinan bahwa setiap kejadian pasti memiliki hasil yang positif. Pola pikir seperti ini dapat memacu kita untuk lebih bersemangat dalam menaklukkan semua tantangan yang ada dengan penuh percaya diri.

Menerapkan pola pikir positif dalam keseharian secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas hidup. Optimis memungkinkan kita untuk belajar dari kegagalan, sebab pola pikir ini mengajarkan kita memaknai kegagalan bukanlah sebagai akhir, melainkan awal dari sesuatu yang hebat.

3. Biasakan untuk selalu tersenyum

5 Cara Biar Biasa Berpikir Positif, Tenang di Bawah Tekananilustrasi wanita yang tersenyum (pexels.com/Charlotte May)

Tersenyum merupakan salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mendorong pikiran tetap positif. Sebab, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kebiasaan tersenyum ternyata juga dapat memberikan efek positif dalam keseharian kita. 

Ketika kita tersenyum, pikiran akan lebih rileks meskipun saat berada di bawah tekanan. Kebiasaan tersenyum juga dapat mengurangi stres, kecemasan, hingga depresi. Secara ilmiah, tersenyum bisa melepaskan serotonin dan dopamin, yaitu hormon yang berperan mengendalikan tingkat kebahagiaan. 

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi Jika Jadi Orang Optimis, Hidupnya Solutif!

4. Katakan hal-hal baik pada diri sendiri

5 Cara Biar Biasa Berpikir Positif, Tenang di Bawah Tekananilustrasi seorang yang bahagia (pexels.com/Charlotte May)

Saat suatu hal tidak berjalan sesuai apa yang diharapkan, terkadang tanpa sadar kita langsung menyalahkan diri sendiri. Kritikan buruk terhadap diri sendiri lambat laun dapat membentuk opini negatif yang sulit dihilangkan. 

Untuk itu, mulailah lebih menghargai diri sendiri dengan selalu mengatakan hal-hal positif. Banyak penelitian yang menunjukkan ternyata cara kita berbicara kepada diri sendiri cukup berpengaruh terhadap kemampuan mengontrol pikiran, perasaan, dan perilaku saat berada di bawah tekanan. 

5. Meditasi

5 Cara Biar Biasa Berpikir Positif, Tenang di Bawah Tekananilustrasi wanita yang sedang bermeditasi (pexels.com/Yan Krukov)

Meditasi adalah teknik relaksasi untuk melatih pikiran tetap fokus agar kita selalu merasa tenang. Manfaat meditasi bagi kesehatan jiwa, diantaranya bisa menumbuhkan emosi positif, serta mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Sebab, saat kita melakukan meditasi, maka secara langsung kita berlatih untuk mengesampingkan emosi negatif yang dapat memicu stres. 

Kamu bisa melakukan meditasi dimanapun dan kapanpun hanya dengan cara duduk tenang lalu atur pernapasan selama 15 menit. Saat meditasi, coba atur emosi negatif dan pertahankan pikiran positif. Lakukan meditasi secara rutin di setiap harinya agar hasil meditasimu lebih maksimal. Jika kamu mungkin merasa kurang fokus dan sulit melakukan meditasi, cobalah konsultasi dengan dokter atau psikolog. 

Kebiasaan berpikir positif secara tidak langsung juga mencegah kamu mudah mengalami stres atau gangguan mental, sehingga pikiranmu pun jauh lebih tenang. Mulailah kebiasaan ini dengan langkah mudah di atas agar hidupmu lebih berkualitas. 

Baca Juga: 5 Manfaat Berpikiran Positif, Hidupmu Jadi Lebih Optimis untuk Maju!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya