Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Menunggu Panggilan Kerja

Fresh graduate can relate!

Masa-masa menganggur memang sangat sulit dan membingungkan. Hasrat hati ingin cepat dapat kerja di sana dan di sini, namun tidak kunjung mendapat kepastian, terutama bagi yang baru saja lulus. Alhasil terkadang waktu habis hanya untuk mengeluh dan rebahan sepanjang hari. Sungguh tidak produktif sekali!

Berikut lima kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi hari-harimu yang membosankan karena tak kunjung dapat kepastian kerja.

1. Meningkatkan kemampuan di bidang yang dibutuhkan dalam dunia kerja

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Menunggu Panggilan KerjaSeorang wanita sedang menulis (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sembari menunggu panggilan kerja ada baiknya kamu mengoreksi diri atas kemampuan apa yang kira-kira sangat krusial untuk dimiliki dalam dunia kerja. misalnya kamu merasa kemampuan Ms. Excel kamu masih kurang, padahal kamu melamar kerja di bagian yang sangat membutuhkan kemampuan tersebut dengan sangat baik. 

Mulailah berlatih terkait hal yang kurang kamu kuasai tersebut. Jika kamu tidak mempunyai uang untuk mengikuti pelatihan yang berbayar, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone-mu untuk belajar secara mandiri. banyak saluran belajar yang dapat kamu akses seperti platform YouTube dan lain sebagainya.

2. Memulai usaha sendiri

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Menunggu Panggilan KerjaWanita membungkus pakaian (Pexels.com/Kampus Production)

Bagi kamu yang mempunyai jiwa dagang, opsi ini sangat cocok kamu coba. Sembari menunggu panggilan kerja yang tak pasti, ada baiknya kamu memulai usaha sendiri dan tetap mendapat pemasukan untuk bertahan hidup. Apalagi bagi kamu yang tinggal jauh dari keluarga.

Tidak harus langsung usaha yang besar, kamu juga bisa memulai dengan modal seadanya atau tanpa modal sekalipun seperti misalnya menjadi dropshipper pakaian atau berjualan hasil buatan tanganmu. Kuncinya adalah konsisten dan rajin mempromosikan daganganmu, pasti perlahan usahamu juga semakin berkembang. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kamu Belum Mendapat Panggilan Kerja

3. Memperdalam hobi

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Menunggu Panggilan KerjaIlustrasi menulis blog (Pexels.com/Jess Bailey Designs)

Kamu tentunya punya hobi, kan? karena setiap orang pasti memilikinya. Apabila skill dari hobimu semakin mumpuni, tidak tertutup kemungkinan kamu akan dilirik oleh perusahaan yang mungkin tidak kamu duga-duga sebelumnya.

Apalagi saat ini dengan kemudahan internet sangat memungkinkan hobi yang kamu punya bisa menjadi pundi-pundi uang. Misalnya kamu hobi menulis, maka kamu bisa memperdalam hobimu tersebut dan bergabung dengan platform yang bisa membayarmu untuk setiap tulisan yang kamu kirimkan.

4. Memperluas jaringan

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Menunggu Panggilan KerjaFoto orang berjabat tangan (Pexels.com/fauxels)

Mungkin hal ini terdengar kurang berguna, apalagi bagi kamu yang tidak terlalu suka bersosialisasi. Namun, percayalah memperluas jaringan sangatlah berguna agar kamu punya akses lebih cepat menjangkau pekerjaan tertentu.

Misalnya kamu berkenalan dengan seorang yang telah lebih dahulu bekerja di suatu perusahaan, tentunya sebagai seorang lulusan baru kamu dapat belajar banyak hal darinya. Selain itu juga kamu jadi lebih cepat memperoleh informasi jika ada lowongan pekerjaan di tempat mereka.  

5. Membantu orangtua

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sembari Menunggu Panggilan KerjaIlustrasi berinteraksi dengan orangtua (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membantu orang tua untuk meringankan pekerjaannya adalah suatu hal yang mulia dan produktif. Jangan habiskan waktumu hanya untuk rebahan, apalagi bagi kamu yang tinggal bersama orang tua. Jangan biarkan orang tuamu merasa tidak berguna telah menghabiskan banyak biaya untuk menyekolahkanmu, namun masih belum ada hasilnya. 

Jika orang tuamu memiliki usaha, maka bantulah mereka agar dagangannya semakin berkembang dengan ilmu-ilmu yang kamu peroleh selama ini. Kamu juga bisa membantu mereka mulai dari hal yang basic seperti membantu pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, memperbaiki perabotan yang rusak, misalnya.

Masa-masa mencari kerja memang tidak mudah, namun kamu tetap harus produktif dan memanfaatkan waktu luangmu untuk hal-hal yang berguna. Tetaplah berusaha dan berdoa, semoga masa-masa sulitmu segera berlalu!

Baca Juga: Cara 'Enjoy the Process' Saat Kamu Tengah Menunggu Panggilan Kerja

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya