Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lain

Yuk bikin hidup terasa lapang

Selama ini kita sering merasa sedih sendiri ketika melihat kebahagiaan orang lain. Perasaan iri akan mereka yang dibanjiri kebahagiaan sepertinya terus menganggu hati dan pikiran kita. Apalagi media sosial terus memperlihatkan tren hidup bahagia dalam balutan kemewahan.

Sebagai manusia biasa, tentu saja perasaan iri hati akan timbul karena merasa kehidupan kita yang biasa-biasa saja. Daripada terus kepikiran, berikut 5 alasan kenapa kita tidak boleh iri kepada orang lain.

1. Kita tidak pernah tahu pengorbanan orang lain untuk meraih kebahagiaan

5 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lainpixabay/Pexels

Ketika kamu melihat kebahagiaan orang lain, cobalah untuk menelusuri masa lalunya atau melihat perjuangannya untuk sampai di titik yang sekarang. Mungkin dari masa lalunya kamu bisa melihat betapa keras dia berjuang dan berkorban hingga bisa menikmati indahnya hidup di masa sekarang.

Daripada merasa iri, lebih baik kamu mencontoh dan menjadikannya inspirasi untuk hidup.

2. Rasa iri hanya membuat kita kurang bersyukur dengan hidup yang kita jalani

5 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lainpixabay/Free-Photos

Perasaan iri akan membuat kita lupa dengan begitu banyaknya kenikmatan hidup yang selama ini telah kita dapatkan. Mungkin kita diberikan kesehatan yang baik, keluarga yang lengkap, dan juga kehidupan rumah tangga yang tenang. Cobalah untuk melihat kehidupanmu yang sebenarnya sudah cukup membuat sibuk dan berhenti memikirkan kehidupan orang lain.

Baca Juga: 10 Hal Remeh yang Sebenarnya Bikin Kamu Lebih Bahagia Tiap Hari

3. Adakalanya roda kehidupan itu terus berputar dan kita menunggu kapan berada di atas atau di bawah

5 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lainpixabay/jill111

Jangan hanya berpikiran bahwa hidup akan selamanya sama. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di esok hari. Mungkin saja kehidupan itu akan terbalik dari orang yang kamu lihat sekarang. Karena hidup ini terus berubah, maka kamu pun harus mengubah pola pikirmu agar terus mendapatkan kebaikan.

4. Ikut merasa senang dengan kebahagiaan orang lain akan mendewasakan hati dan pikiran

5 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lainpixabay/StockSnap

Cobalah untuk bersikap dewasa dengan ikut merasa senang melihat kebahagiaan orang lain. Sikap menerima akan membuat hidup jauh lebih ringan dan tenang tanpa merasa beban melihat orang lain bahagia.

5. Ikut merasakan bahagia bersama orang lain justru akan membersihkan hati dan pikiran dari prasangka dan iri

5 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lainpixabay/Free-Photos

Hati yang bersih diawali dari prasangka dan keikhlasan. Kamu hanya perlu bersikap lapang dengan terus berbuat kebajikan kepada orang lain. Dengan ikut merasa bahagia melihat orang lain, tandanya kita sedang bersyukur dengan kehidupan yang telah kita dapatkan sekarang.

Kepercayaan diri dan sikap ikhlas untuk menerima akan menjaga kita dari perasaan iri terhadap kebahagiaan orang lain. Tetaplah yakin dan bersyukur dengan hidup yang kamu miliki sekarang.

Baca Juga: Bikin Bahagia, Ini 7 Tanda Kamu Orang yang Suka Bersyukur

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You